Service Water heater Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Water heater merupakan alat yang berfungsi untuk menghangatkan atau memanaskan air yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan mandi. Dengan memasang water heater ini, mandi air hangat selepas pulang kerja menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

Nah, apabila terjadi kerusakan pada water heater, jangan coba untuk mengatasinya sendiri. Sebaiknya kamu memangggil jasa service water heater yang berpengalaman karena cukup banyak jenis-jenis water heater dan masing-masing memiliki cara tersendiri ketika dilakukan perbaikan.





Jenis Water Heater

Terdapat empat jenis water heater yang beredar di pasaran, yaitu solar water heater, electric water heater, portable water heater, dan gas water heater. Keempat jenis water heater tersebut mempunyai sistem pengoperasian yang berbeda-beda serta cara instalasinya juga berbeda. Di mana keempatnya juga memiliki biaya service yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ulasannya:

  • Solar water heater

Sesuai dengan namanya, tentu saja jenis water heater ini memanfaatkan energi panas matahari atau biasa disebut dengan panel surya. Water heater jenis ini dilengkapi dengan tangki yang terbilang besar dan dapat digunakan untuk seluruh keluarga.

Pertanyaan yang sering muncul bagaimana jika sudah beberapa hari tidak ada panas matahari? Tenang saja, pada bagian mesinnya terdapat alat pemanas cadangan berupa electric heater yang dapat diaktifkan ketika tidak tersedia panas matahari.

Harga solar water heater relatif lebih mahal tetapi daya tampung air panas cukup banyak. Biasanya perhotelan menggunakan jenis water heater yang satu ini. 

Instalasi pipa harus dikerjakan oleh tenaga ahli sehingga memiliki ketahanan yang baik. Apalagi jika penyedia jasa pemasangan tersebut menyediakan garansi perawatan berkala, hal tersebut akan lebih bagus lagi. 

Dengan memakai penyedia jasa, pemasangan sistem pemipaan akan lebih rapi yang tertanam dengan baik dan tercipta estetika pada ruangnya (tidak ada alat/pipa yang terlihat) pada kamar mandi.

Suhu panas air yang mengalir dapat disesuaikan dengan sistem yang sudah diatur pada solar water heater ini. Selain itu, alat ini memiliki sistem jaringan terpusat (central) sehingga air dengan suhu panas tertentu tersebut dapat didistribusikan ke jaringan semua tempat/ruang yang akan dialiri.


  • Electric water heater

Jenis water heater ini memanfaatkan energi listrik. Karena bersifat per unit, maka alat pemanas air ini hanya dipasang pada tempat yang akan dialiri air panas, misalnya satu unit electric water heater hanya untuk melayani satu kamar mandi saja.

Electric water heater ini tersedia dua type, yaitu water heater dengan tangki dan tanpa tangki. Untuk jenis electric water heater yang dilengakpi dengan tangki akan memakan lebih banyak daya hingga 2000 watt. Sementara itu untuk type electric water heater tanpa tangki, hanya memerlukan kurang lebih 300 watt daya. Namun, jika kamu ingin memanaskan air dengan menggunakan electric water heater tanpa tangki maka dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama, yaitu sekitar 3 sampai 4 menit.

Untuk pemasangan pipa ditanamakan di dalam dinding dengan perencanaan pipa untuk air panas dan pipa air dingin. Alat water heater ini dipasang di dalam kamar mandi untuk memudahkan pengguna ketika ingin memilih temperatur panas yang diinginkan.

Electric water heater ini mempunyai standar keamanan yang tinggi, khususnya yang sudah mempunyai standar SNI. Hindari untuk membeli produk electric water heater yang belum ber-SNI.


  • Portable water heater



Dari namanya kita sudah bisa menebak jika jenis water heater ini bida dibawa kemana-mana. Untuk menggunakannya masih harus memanfaatkan energi listrik. Prinsip kerja dari portable water heater adalah dengan cara mencelupkan ke dalam ember yang berisi air. 

Water heater jenis ini dibandrol dengan harga yang relatif lebih murah, yaitu berkisar Rp100.000,00.


  • Gas water heater

Water heater ini menggunakan gas untuk pengoperasiannya. Jenis alat pemanas ini mengandalkan pembakaran dari gas elpiji sehingga biaya perawatan relatif lebih murah.

Gas water heater ini memiliki cerobong asap yang digunakan sebagai pembuangan gas sisa pembakaran. Jangan dibayangkan sisa-sisa pembakaran ini seperti cerobong yang dihasilkan dari asap pabrik karena memang tidak terlihat.

Untuk keamanan, buatlah ventilasi udara pada kamar mandi yang menggunakan gas water heater. 

Sama halnya dengan electric water heater, jenis alat pemanas ini bersifat per unit sehingga hanya dapat dipasang untuk 1 (satu) unit kamar mandi. 


Biaya Service Water Heater


Via Odemzplumbing.com

Kerusakan pada alat-alat elktronik memang terkadang sulit terlekan, termasuk juga alat pemanas air ini. Sebaiknya panggilah tukang service yang berpengalaman untuk menganalisis kerusakannya. Berikut ini adalah rata-rata biaya service water heater di daerah perkotaan.

Biaya Service Water Heater

Jasa

Harga

Biaya Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)*

Rp 50.000,-

Service Electric Water Heater (Tanpa Tabung)

Rp 120.000,-

Service Gas Water Heater

Rp 120.000,-

Service Solar Water Heater

Rp 270.000,-

Instalasi Unit Elektrik / Gas

Rp 200.000,-

Instalasi Unit Solar

Rp 270.000,-

Biaya tersebut tidak termasuk biaya sparepart, dan untuk tiap daerah memiliki harga yang bervariasi

Itulah ulasan mengenai water heater dan jenis-jenisnya. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Gunakan water heater sesuai kebutuhan agar lebih hemat energi.

0 Response to "Service Water heater Berdasarkan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment