Mengenal Cat Duco Kayu, Cara Pengaplikasiannya, Serta Kelebihan dan Kekurangan

Selain dinilai dari sisi keindahan lapisannya, cat juga harus berkualitas agar tahan terhadap suhu lingkungan. Salah satu cat yang bagus untuk digunakan dalam finishing pengecatan kayu adalah cat duco.

Proses finishing kayu dengan menggunakan cat duco akan dapat menghasilkan warna yang beragam. Sehingga cat jenis ini banyak digunakan untuk mengecat objek-objek berbahan kayu seperti furniture, mainan anak-anak, rotan, bambu, dan produk sejenis lainnya.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan cat duco kayu ini? Dan bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut ini adalah ulasannya.



Mengenal Cat Duco Kayu


Pada dasarnya, cat duco adalah jenis cat yang dimanfaatkan untuk proses tahap akhir atau finishing dengan cara menyemprotkannya pada objek yang dicat dengan bantuan alat spray gun. 

Cat duco umumnya terbuat dari bahan nitrocellulose (NC) yang biasa ditemukan juga pada cat khusus mobil, mesin industri, dan alat berat lainnya. 

Namun kini cat duco juga dapat digunakan untuk finising furniture yang terbuat dari material kayu dan juga besi seperti pintu, jendela, meja, lemari, dan objek lainnya. 

Proses finishing dengan cat jenis ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama karena dibutuhkan teknik khusus dan harus detail dalam pengaplikasiannya. Meskipun demikian, proses finishing ini pun akan menghasilkan tampilan furniture yang indah. 

Dan seiring dengan perkembangan zaman, saat ini produsen cat duco kayu sudah menyediakan dua varian cat duco, yaitu cat duco solvent based dan juga cat duco water based. Berikut di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara keduanya.


Perbedaan Cat Duco Water Based Dan Solvent Based


Cat duco water based memiliki hasil akhir yang tidak kalah cantik dengan cat duco solvent based. Bahkan, warna pada permukaan yang dicat juga akan terlihat lebih cerah dan menarik. Selain itu, cat duco water based juga disebut-sebut lebih eco-friendly atau ramah lingkungan.

Nah, jika kamu masih menggunakan cat duco solvent based yang harus dicampur dengan thinner, sebaiknya segera beralih kepada produk yang lebih aman, yaitu cat duco water based.

Penggunaan thinner sebagai pelarut dapat menimbulkan risiko beberapa penyakit seperti iritasi, menyebabkan pusing, dan batuk. Hal ini dikarenakan bahan thinner yang mengandung logam berat dapat terhirup masuk ke dalam alat pernapasan manusia ketika cat mengalami penguapan. 

Akan tetapi ketika kamu menggunakan cat duco water based, kamu akan menggunakan pelarut air di mana baunya tidak menyengat. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli thinner sebagai bahan pelarut.


Cara Pengaplikasian Cat Duco Kayu


Jika biasanya jenis cat lain diaplikasikan dengan menggunakan kuas, maka cat duco kayu ini harus menggunakan spray gun. Alat semprot yang dipilih pun tidak bisa sembarangan, di mana harus memiliki tekanan yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu pelan. 



Untuk menghasilkan finishing yang optimal maka jarak yang paling direkomendasikan dalam proses penyemprotan cat duco ini adalah 30 cm dari permukaan objek yang akan disemprot. Cat yang dihasilkan akan nampak lebih halus dan juga akan menutupi seluruh permukaan dengan sempurna.

Adapun tahapan yang harus dilalui oleh tukang dalam proses pengecatan dengan menggunakan cat duco kayu adalah sebagai berikut :

  1. Tutup bagian permukaan furniture yang tidak akan dicat dengan menggunakan koran dan selotip. Misalkan ketika mengecat pintu atau jendela maka yang biasanya ditutupi adalah bagian kaca (jika terdapat elemen kaca pada furniture) dan handle pintu.
  2. Gunakan amplas gird #100 untuk mengamplas permukaan kayunya.
  3. Selanjutnya tutup permukaan kayu dengan dempul secara merata dan tutup jika ada lubang atau cacat pada kayu. Gunakan dempul wood putty atau polyester putty 2 komponen atau 1 komponen, misalnya sanpolac, Alfagloss, Isamu dll.
  4. Biarkan kurang lebih selama 2 jam agar mengering sempurna. Selanjutnya gunakan amplas grid 120 -180 untuk mengamplas seluruh permukaannya, lebih bagus lagi jika menggunakan mesin amplas orbital sander.
  5. Setelah halus merata, aplikasikan cat primer Bioduco dengan cara mencampurkan air dan aduk secara merata. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengaplikasikan dengan spray gun ke seluruh permukaan kayu.
  6. Tunggu cat primer tersebut mengering sempurna dan kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas grid #240/280, pengamplasan bisa dilakukan dengan cara basah atau kering.
  7. Lapisan selanjutnya adalah cat duco. Gunakan Bioduco, Nippe 2000, Danagloss, Blinken atau yang lainnya yang masing-masing memiliki beragam pilihan warna. Selanjutnya campurkan cat duco water based tersebut dengan air yang disesuaikan komposisinya sesuai pada keterangan di dalam kemasan. Setelah itu kamu bisa menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu dengan menggunakan spary gun.
  8. Setelah mengering sempurna, kamu juga dapat melapisinya dengan clear gloss atau clear doff.  Untuk menghasilkan permukaan yang mengkilap kamu dapat menggunakan glossy clear coat. Sementara untuk mendapatkan hasil permukaan yang teduh atau agak gelap, kamu bisa melapisinya dengan doff clear coat. 

Kelebihan Cat Duco


Adanya cat duco kayu ini memiliki beberapa kelebihan yaitu seperti berikut:
  • Cat duco dapat digunakan pada furniture atau material baik dalam ruangan atau luar ruangan.
  • Memiliki ketahanan yang bagus sehingga memiliki warna cat yang lebih tahan lama, bahkan dalam jangka waktu lebih dari tiga tahun.
  • Lapisan yang dihasilkan tidak berbau, halus dan sangat mudah diaplikasikan.
  • Hasil akhir dari warna cat akan lebih jernah dan tidak akan menguning karena rendahnya kandungan formalin.


Kekurangan Cat Duco

Walaupun cat duco ini mempunyai banyak sekali kelebihan, tetap saja cat ini memiliki kekurangan yang perlu juga kamu pertimbangkan sebelum mengaplikasikannya pada hunian. Berikut ini kelemahan dari cat duco adalah:

  • Membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama karena banyaknya proses pengaplikasian yang harus dilakukan terlebih dahulu. 
  • Cat duco solvent based dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti batuk, iritasi kulit, dan pusing bagi mereka yang sensitif terhadap bahan-bahan pembuat cat duco tersebut. Untuk itu, jika kamu memiliki anak kecil pastikan mainanan yang digunakan menggunakan finishing cat duco water-based untuk meminimalisir risiko. 
  • Harga cat duco cenderung relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan cat furniture jenis lainnya. 

Itulah ulasan mengenai apa itu cat duco kayu dan cara pengaplikasiannya. Memang untuk menyempurnakan furniture dibutuhkan proses pengecatan, namun jangan lupa pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangannya sebelum memilih ya!

0 Response to "Mengenal Cat Duco Kayu, Cara Pengaplikasiannya, Serta Kelebihan dan Kekurangan"

Post a Comment