Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas? (+List Merek Water Heater Gas Terbaik)

Water heater gas kini tidak kalah banyak digunakan ketimbang water heater listrik. Hasil pemanasan air dari water heater gas dinilai cukup memuaskan. Tapi sudahkan Anda mengetahui seperti apa cara kerja water heater gas.

Tidak sedikit yang kebingungan menebak bagaimana cara kerja pemanas jenis satu ini hingga lebih memilih pemanas konvensional. Lalu bagaimana cara kerjanya dan apa saja merek water jeater terbaik yang bisa jadi pilihan?



Apa Itu Water Heater Gas?


Seperti namanya, water heater gas adalah alat pemanas air yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. Bisa jadi pemanas air sama sekali tidak menggunakan listrik dan hanya menggunakan gas untuk memanaskan air.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk menemukan water heater gas yang dipadukan dengan tenaga listrik. Walaupun demikian tenaga gas lebih dominan digunakan sehingga lebih irit listrik saat menggunakan mesinnya. 

Belakangan lebih banyak yang menggunakan water heater jenis ini karena cara kerja water heater gas dinilai lebih cepat dan efisien. Sistem pemanas air yang dihadirkan cukup bagus hingga air panas bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Lewat tenaga gas yang dikonversi menjadikan air lebih cepat panas. Bahkan untuk ukuran air 10L bisa langsung panas kurang dari 5 menit. Komponen inti dalam mesin bertenaga inti gas ini juga cukup sama dengan jenis pemanas lainnya yakni:


  • Flow sensor: komponen yang mendeteksi adanya aliran air atau tidak.
  • Burner: komponen yang mengeluarkan nyala api ketika water heater gas menyala.
  • Heat exchanger: sistem pipa logam di dalam water heater yang menjadi tempat terjadinya proses pemanasan air.
  • Thermostat: Komponen yang berfungsi mengatur suhu air.


Water heater ini juga bisa dipasangkan di dalam maupun luar kamar mandi. Tidak berbeda dengan jenis pemanas air lainnya, jenis pemanas gas juga bisa dipasang menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketepatan ruang.

Cara Kerja Water Heater Gas 


Pada umumnya water heater akan mengeluarkan air bersuhu tinggi (panas) saat krannya dibuka. Namun sedikit berbeda dengan water heater listrik utuh, water heater gas menggunakan tenaga gas sebagai perantara pemanasan air.

Nantinya saat kran dibuka, air dingin yang lewat akan terdeteksi oleh flow sensor. Hal ini yang selanjutnya memicu burner atau pemanas untuk bekerja memanaskan air. Sistem pemanasan ini bisa berjalan sebentar untuk pemanasan air hingga 10L.

Komponen burner akan menyala memanaskan pipa perubah suhu (heat changer) menggunakan api. Selanjutnya kenaikan suhu air bisa dilihat sendiri oleh pemilik mesin melalui termostat atau lcd suhu yang terpampang di depan mesin. 

Bila nantinya keran ditutup maka sensor akan memicu burner pada sistem kerja water heater gas untuk berhenti bekerja. Nantinya air tidak akan dipanaskan kembali. Bisa dikatakan water heater gas akan berhenti bekerja hingga dinyalakan kembali oleh pemiliknya. 


Daftar Water Heater Gas Terbaik dan Harganya


Banyaknya pilihan produk water heater tidak jarang membuat calon pembelinya kebingungan untuk beli produk yang mana. Karenanya mencari tahu daftar produk terbaik beserta harganya dapat membantu menentukan produk mana yang akan dibeli. Berikut daftar yang bisa dijadikan pegangan.


1. Niko Water Heater



Merek Niko terkenal sebagai salah satu merek pemanas air yang murah dengan kinerja baik. Hanya dengan Rp 500.000,- Anda bisa menikmati fitur automatic water heater. Fitur lain yang bisa digunakan yakni flame failure safety, dan timer kontrol penggunaan air saat tidak dipakai.


2. Advance Gas Water Heater 10 6L


Dibanderol dengan harga Rp 570.000,- mesin pemanas air berukuran kecil ini ternyata punya kapasitas pemanas yang besar. Menggunakan energi gas LPG tekanan air yang dihasilkan berkisar 0.02Mpa hingga 0.8 Mpa.


3. Niko 6LD (LED Display)



Seperti namanya, mesin pemanas air ini memiliki tampilan LED Display yang memudahkan penggunanya untuk melakukan pemantauan. Sistem pemanasannya juga cukup mudah dilakukan oleh awam. Harga jual water heater ini sekitar Rp 650.000,-.


4. Midea Gas Water Heater



Tidak hanya menjual produk kompor atau AC, Midea juga menghadirkan produk water heater gas dengan harga Rp 900.000,-. Produk ini dilengkapi dengan indikator LED dan didukung oleh beragam fitur tambahan. Satu mesin memiliki kapasitas pemanasan air 5L dalam waktu 5 menit saja.


5. Gainsborough GGH 699 MDZ





Terkenal karena punya ketahanan yang cukup bagus, water heater Gainsborough bisa dimiliki dengan harga Rp 1.100.000,-. Mesin bisa bekerja dengan tekanan air rendah juga bisa langsung memanaskan air dengan kapasitas 6L walaupun mesin mati.


6. Modena Water Heater Gas GI 6V





Dibuat dengan bahan stainless steel anti karat membuat water heater Modena banyak digunakan karena ketahanannya. Mesin bisa membuat api panas tanpa menjalar keluar pipa. Terlebih mesin pure hanya menggunakan gas tanpa menggunakan listrik. Harga satu mesin dibanderol sebesar Rp 1.100.000,-.


7. Wasser Water Heater 506A



Dipatok dengan harga Rp 1.200.000,- water heater satu ini cukup tenar karena kecanggihan sistemnya. Mesin dapat mendeteksi suhu secara otomatis dan bisa mencegah kebakaran dan kebocoran dalam tangki. Water heater ini juga punya kapasitas air hingga 5L


8. Ariston Fast R





Punya dua pin pemanas dengan fitur extra safety jadi keunggulan water heater Ariston. Dipatok dengan harga Rp 1.300.000,- Anda sudah bisa mendapatkan mesin yang menyala dan mati sendiri. Untuk menjaga suhu tetap panas fitur continous hot water juga bisa digunakan.


9. Modena Casella ES 10D




Punya kapasitas besar hingga 10L air, Modena Casella hanya dijual dengan harga Rp 1.400.000,- saja. Mesin pemanas air ini memadukan gas dan listrik untuk memanaskan air. Tapi jangan khawatir, listrik yang digunakan cukup hemat yakni hanya 250 watt saja. 


10. Krisbow KGH-6W 





Terakhir, Anda bisa memilih Krisbow KGH yang dibanderol dengan harga Rp 1.500.000,-. Tidak hanya didukung oleh fitur canggih dalam mesin, Anda juga berkesempatan mendapatkan garansi mesin hingga 2 tahun lamanya. 

Cara kerja water heater gas yang sederhana dan efisien bisa jadi alasan bagi Anda untuk memilih water heater gas. Tidak masalah juga bagi Anda untuk membeli water heater terbaik walau harganya tinggi. Keawetan barang akan dirasakan kemudian hari.

0 Response to "Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas? (+List Merek Water Heater Gas Terbaik)"

Post a Comment