11 Daftar Kabel Listrik yang Bagus untuk Instalasi Listrik Rumah atau Kantor

Kabel merupakan kebutuhan mendasar yang harus ada bila ingin membuat koneksi listrik. Baik indoor maupun outdoor pemilihan kabel listrik yang bagus nantinya akan berpengaruh besar pada keamanan bangunan.

Masalah keamanan hingga hantaran arus listrik yang stabil akan bergantung pada jenis hingga merek kabel listrik yang digunakan. Sebagai langkah awal sebelum membeli kabel, Anda bisa mengidentifikasi terlebih dulu merek mana yang terbaik dan berapa kisaran harganya.



Seperti Apa Kabel Listrik yang Bagus ?


Kabel listrik dengan kualitas yang bagus nyatanya sudah banyak beredar di pasaran. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda menemukan kabel imitasi. Kabel jenis imitasi ini biasanya terlihat bagus namun ternyata sangat rentan rusak.

Kabel imitasi banyak beredar di pasaran dengan harga yang cukup miring. Merek sengaja dibuat sekilas mirip agar menarik banyak perhatian pembelinya. Nyatanya kabel jenis ini bisa banyak ditemukan dengan mudah.

Demi keselamatan dan kenyamanan penggunanya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli kabel bermerek yang juga punya kualitas baik. Kabel jenis ini bisa digunakan untuk keperluan konstruksi indoor maupun outdoor.

Kabel yang bagus terbuat dari material pilihan dengan ketahanan yang cukup baik pula. Dari banyaknya ciri kabel yang bagus, berikut ciri yang bisa digunakan saat ingin membeli kabel yang bagus:

  • Permukaan pembalut kabel halus tanpa celah (tidak berlubang).
  • Ketebalan pembalut kabel cukup elastis namun tidak mudah robek.
  • Kabel di dalam tidak mudah putus dan terlihat kokoh.
  • Penghantar listrik stabil, tidak ada salahnya untuk mencoba instalasi listrik sebelum kabel dibeli.
  • Rekatan kabel rapi dan padat.
  • Gulungan kabel rapi dan tidak mudah putus.
  • Harga kabel bagus di atas harga kabel standar.


Ciri kabel listrik yang bagus di atas bisa digunakan untuk mencari kabel terbaik. Kabel yang bagus secara sederhana terlihat cukup rapi, padat dan kuat. Harga memang jadi hal yang paling kentara namun dibalik hal itu kualitas dan keawetan barang jadi jaminannya.


Merek Kabel Listrik yang Bagus dan Harganya


Harga kabel listrik yang bagus per meternya bisa dipatok cukup tinggi. Tapi tidak jarang juga Anda bisa menemukan kabel listrik berkualitas dengan harga miring. Biasanya kabel dijual dengan harga per meter. Berikut daftar kabel listrik bagus yang banyak direkomendasikan beserta harganya.


1. Kabel Listrik Supreme





Kabel listrik bagus pertama yang bisa dipilih adalah kabel listrik merek Supreme. Kabel merek ini telah mengantongi standar penjualan instrumen kelistrikan dan dikatakan legal digunakan. Ketahanan kabel selama bertahun tahun telah terbukti baik.

Kualitas kabel terbaik ukuran 1x2.5 mm bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 3.400,- per meternya. Karena kualitas yang baik kabel banyak digunakan pada instalasi listrik kantoran.


2. Kabel Listrik Visicom




Terbuat dari bahan terbaik seperti PVC, tembaga murni hingga non Pb membuat kabel ini banyak direkomendasikan. Kabel Visicom telah mengantongi standar SNI juga SPLN. Harga juga per meter biasanya didasarkan pada ukuran kabel. Patokan harga jual kabel di pasar meliputi:

  • Ukuran 1x1.5 mm = Rp 2.600,-
  • Ukuran 1x1.5 mm = Rp 3.200,

3. Kabel Listrik Yunitomo



Kabel listrik Yunitomo selain terbuat dari bahan berkualitas juga banyak dicari karena memiliki jenis yang banyak. Jenis kabel Low Voltage, Bare Conductor, Fire Resistece hingga XPLE Low Voltage bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 3.000,- per meternya.


4. Kabel Listrik Focus





Telah memegang banyak standar penjualan mulai dari SNI, SPLN hingga ISO, tentunya menjamin kualitas kabel merek satu ini. Harga yang ditawarkan per meternya juga cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 2.800,- Anda bisa mendapatkan listrik dengan panjang satu meter.

Kabel merek ini lebih banyak digunakan untuk instalasi listrik rumahan. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menggunakannya pada konstruksi bangunan yang lebih besar.

5. Kabel Listrik Extrana





Dijual dengan harga mulai dari Rp 2.200,- untuk ukuran 1x2.5 mm, ternyata kabel ini juga termasuk dalam jajaran merek kabel berkualitas. Terbuat dari bahan tembaga dan PVC dan sudah dibekali penilaian standar SNI, ISO hingga LMK membuatnya banyak digunakan dalam proyek besar.

6. Kabel Listrik Voksel

Tidak kalah terkenal, kabel listrik merek Voksel banyak digunakan baik dalam konstruksi rumahan maupun perkantoran. Daya tahan material kabelnya telah teruji dan telah memegang standar paten. Anda bisa membeli kabel dengan harga mulai Rp 2.000,- hingga Rp 1.200.000,- untuk jenis tertentu.

7. Kabel Listrik Eterna



Eterna sudah lama terkenal sebagai salah satu merek kabel yang bagus kualitasnya. Copper jadi bahan utama pembuatan dengan isolasi atau pembalut bagian luar yang telah terstandarisasi. Harga kabel berkisar dari Rp 1.700 hingga Rp 2.600,- saja.


8. Kabel Listrik Kintani





Kabel listrik Kintani sedikitnya punya dua jenis ukuran kabel yakni 1x1.5 mm dan 1x2.5 mm. Kabel unggulan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.700,- hingga Rp 2.300,- per meternya. Kabel ini banyak digunakan untuk instalasi listrik rumahan.

9. Karya Kabel Listrik



Telah mengantongi standar SNI dan SPLN membuat kabel merek Karya ini banyak digunakan. Walaupun kabel dijual dengan harga yang murah Anda tetap bisa mendapatkan kabel dengan kualitas baik. Tidak hanya itu, kabel memiliki banyak varian jenis dan harga yakni:

  • Ukuran 1x1.5 mm = Rp 1.500,-
  • Ukuran 1x2.5 mm = Rp 2.600,-
  • Ukuran 1x4 mm = Rp 4.300,-
  • Ukuran 1x6 mm = Rp 5.600,-

10. Kabel Listrik Metal Indonesia


Satu lagi merek bagus dengan harga murah, kabel merek Listrik Indo sudah banyak beredar sejak dulu di pasaran. Tidak sulit untuk mendapatkan kabel merek ini. Walaupun terbilang murah kabel ini memiliki kualitas yang bagus dan bisa digunakan dalam berbagai jenis konstruksi bangunan. Kisaran harganya:


  • Ukuran 1x1.5 mm = Rp 1.000,-
  • Ukuran 1x2.5 mm = Rp 1.600,-
  • Ukuran 1x4 mm = Rp 2.500,-
  • Ukuran 1x6 mm = Rp 3.700,-
  • Ukuran 1x10 mm = Rp 6.200,-


11. Kabel Listrik Jembo

Kabel merek Jembo terbuat dari material tembaga murni dan aluminium dengan kualitas terbaik. Bahan baku dari kabel ini telah diuii sebelum dilakukan proses produksi dan dinayatakan memenuhi standar.

Produk kabel listrik merek Jembo Cable mempunyai jenis produk yang lengkap dibandingkan merek lain. Kabel Jembo memiliki varian mulai dari power cables, seperti low dan medium voltage, instrumentation cables, automotive cables, hingga optical fiber cables. 

Jadi, kabel listrik kualitas bagus ini mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri, tambang, transportasi, baik untuk diaplikasikan di dalam maupun luar ruangan.

Adapun harganya adalah sebagai berikut:

a. Harga Kabel NYA Jembo

  • Harga Kabel NYA Jembo 1×1,5 mm: Rp.2.300,- / meter
  • Harga Kabel NYA Jembo 1×2,5 mm: Rp.3.800,- / meter
  • Harga Kabel NYA Jembo 1×4 mm: Rp.5.800,- / meter
  • Harga Kabel NYA Jembo 1×6 mm: Rp.9.000,- / meter
  • Harga Kabel NYA Jembo 1×10 mm: Rp.14.200,- / meter
  • Harga Kabel NYA Jembo 1×16 mm: Rp.13.400,- / meter
b. Harga Kabel NYAF Jembo

  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×1,5 mm: Rp.3.000,- / meter
  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×2,5 mm: Rp.4.500,- / meter
  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×4 mm: Rp.6.900,- / meter
  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×6 mm: Rp.9.800,- / meter
  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×10 mm: Rp.16.700,- / meter
  • Harga Kabel NYAF Jembo 1×16 mm: Rp.25.200,- / meter


Ada banyak kabel listrik yang bagus yang bisa digunakan untuk membuat instalasi listrik baik dalam konstruksi rumah atau kantor. Anda bisa pilih salah satu dari 10 daftar merek terkenal di atas untuk membuat instalasi listrik yang aman, nyaman dan awet.

0 Response to "11 Daftar Kabel Listrik yang Bagus untuk Instalasi Listrik Rumah atau Kantor"

Post a Comment