Manfaat KPI dan Cara Pengimplementasiannya

Perusahaan dengan manajemen yang bagus biasanya ditandai dengan tersedianya KPI (Key Performance Indicators). KPI ini merupakan Indikator Kinerja Utama yang menjadi standar ukuran sebuah organisasi atau perusahaan dalam melihat pencapaian targetnya, termasuk konstribusi yang diberikan pegawainya juga diukur melalui KPI ini.

Salah satu manfaat KPI ini adalah kemampuannya untuk mengukur progress pencapaian kinerja baik karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Ketika sebuah perusahaan menetapkan visi, misi, dan tujuannya, diperlukanlah Key Performance Indicators (KPI) ini.



Apa itu KPI?

KPI (Key Performance Indicator) adalah alat ukur yang digunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan efektivitas kinerja perusahaan atau karyawannya dalam dalam memenuhi tujuan strategis maupun operasional mereka.

Sebuah organisasi/perusahaan menggunakan KPI untuk mengukur seberapa sukses pencapaian target yang sudah direncanakannya baik dalam periode harian, mingguan atau bulanan. Manajemen SDM harus betul-betul memperhatikan KPI agar hasilnya memberikan dampak atau manfaat yang positif dan signifikan. 


Manfaat KPI

Manfaat positif yang akan didapatkan ketika sebuah perusahaan menerapkan pengelolaan kinerja karyawannya melalui sistem KPI adalah sebagai berikut:

  1. Dengan menggunakan KPI akan mempermudah perusahaan untuk mengukur atau mengevaluasi kinerja karyawannya, serta dapat mengurangi unsur subyektivitas karena penilaian kinerja karyawan diukur secara lebih obyektif.
  2. Membantu manajemen SDM untuk pelaksanaan monitoring dan analisa terhadap kinerja karyawan sehingga mempermudah perusahaan untuk mencapai sukses melalui proses pengaturan ini.
  3. Karyawan menjadi lebih fokus terhadap job description yang diberikan oleh perusahaan dan lebih mengerti mengenai apa yang diharapkan dari manajemen SDM.
  4. Membuat karyawan lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat dan optimal sehingga target yang telah ditetapkan perusahaan bisa dicapainya.
  5. Kinerja karyawan menjadi lebih terukur sehingga bisa dijadikan acuan bagi manajemen SDM untuk untuk memberikan penghargaan atau reward bagi karyawan dengan kinerja bagus, dan sebaliknya hukuman atau punishment bagi karyawan dengan kinerja buruk.
  6. KPI dapat memberikan referensi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya karena KPI tersebut menjadi sebuah buku panduan baik bagi setiap karyawan maupun perusahaan itu sendiri.


Dilihat dari manfaat KPI di atas, sudah seharusnya sebuah perusahaan mengaplikasikan penerapan KPI ini. 


Cara Implementasi Key Performance Indicator (KPI)


KPI sangat diperlukan bagi perusahaan karena segudang manfaat yang bisa didapatkannya. Dan yang terpenting adalah KPI akan lebih berguna jika ada tindak lanjut atas KPI itu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting ketika KPI sudah diterapkan:

  1. Apakah tujuan KPI dapat dicapai?
  2. Apakah visi, misi, dan tujuan dari perusahaan sudah spesifik?
  3. Bisakah pencapaian tujuan tersebut diukur?
  4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut?

Sementara itu terdapat 4 kriteria yang harus dipenuhi suatu perusahaan agar dapat menyatakan bahwa karyawannya telah mengimplementasikan KPI ke dalam aktivitas atau pekerjaannya. Berikut ini adalah kriterianya:

  1. Desentralisasi atau penyerahan kekuasan mulai dari level manajemen hingga ke level operasional.
  2. Adanya kolaborasi antara karyawan dan tim serta pelanggan yang solid dan harmonis.
  3. Adanya integrasi antara ukuran, laporan dan tindakan.
  4. Adanya suatu proses dan sistem yang saling berkaitan dari para karyawan dan masing-masing divisi atau departement.

Itulah ulasan mengenai manfaat KPI dan cara pengimplementasiannya dalam sebuah perusahaan.  Dalam menjalankan usaha tidak bisa hanya mengikuti "arus sungai", tanpa adanya target yang jelas. Begitu juga dengan para karyawanyang bekerja di perusahaan tersebut juga harus memiliki target dalam pekerjaannya untuk membantu target dari perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, dalam menjalankan usaha dibutuhkan pengimplementasian KPI bagi para karyawannya. 

0 Response to "Manfaat KPI dan Cara Pengimplementasiannya"

Post a Comment