Bentuk Lapangan Rounders, Lengkap dengan Ukurannya!

Bentuk dari lapangan rounders adalah segilima beraturan. Dan permainan olahraga jenis ini sebetulnya sudah lama dikenal di Inggris dan dimainkan oleh anak sekolah. Aturan yang ada dalam permainan rounders ini mirip dengan permainan kasti, hanya bentuk lapangannya berbeda. 

Sebagai olahraga beregu yang beranggotakan masing-masing 9 orang maka pembuatan lapangan rounders ini harus memperhatikan keselamatan pemain, ukuran lapangan harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dan peralatan yang dipakai pun juga harus sesuai standar.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ukuran lapangan olahraga rounders dan perlengkapan yang dibutuhkannya, silahkan simak pada penjelasan di bawah ini.




Pengertian Rounders

Rounders adalah cabang olahraga bola kecil yang hampir sama dengan base ball dan softball, namun dengan bentuk lapangan yang berbeda. Pemain rounders setelah memukul bola, kemudian harus berlari mengelilingi lapangan dengan ditandai tiang “Rounders”. Untuk regu yang berhasil mengelilingi lapangan lebih banyak akan keluar sebagai pemenangnya.


Lapangan Rounders

Lapangan rounders merupakan sarana yang terpenting dalam permainan rounders, apalagi dibutuhkan area yang cukup luas untuk melaksanakan olahraga ini. 

Lapangan rounders berbentuk segilima beraturan. Panjang kelima sisinya masing-masing adalah 15 meter. Pada setiap sudut terdapat sebuah tempat hinggap atau base yang berbentuk bujursangkar. Sehingga terdapat lima base yakni tempat hinggap I, II, III, IV, dan V. Tempat hinggap V sering disebut home base, sedangkan tempat untuk melambungkan bola disebut pitcher base. Pitcher base ini ditempatkan dengan jarak 8 meter dari tempat pemukul atau base V.

Masing-masing ukuran base ini adalah 40 x 40 cm.

Lapangan rounders tersebut apabila diilustrasikan akan tampak seperti gambar di bawah ini. 




Keterangan :

I – V = base 1 - 5
X1 = pitcher atau bowler (pelambung)
X2 = penjaga belakang/penjaga base V


Baca juga: Aturan Ukuran, Bentuk, dan Warna Lapangan Bulu Tangkis

Peralatan Rounders

Adapun peralatan olahraga rounders ini adalah sebagai berikut:

  1. Bola, terbuat dari karet untuk bagian luarnya sedangkan isiannya berasal dari sabut kelapa/tali goni. Bola rounders memiliki berat 70-100 gram, dengan keliling bola 19-21 cm. Bola yang digunakan bisa juga menggunakan bola kasti.
  2. Alat pemukul, terbuat dari bahan kayu dengan ukuran panjangnya 80 cm. Pada bagian pegangan ujung pemukul yang digunakan sebagai pegangan tangan memiliki diameter lebih kecil yaitu 3 cm dibandingkan ujung lainnya yang berdiameter 7 cm. 
  3. Base/tempat hinggap, yaitu menyerupai bantalan yang dibuat dari keset dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Bisa juga dibuat dari serabut kelapa atau kapuk yang kemudian dibungkus dengan kain kanvas sehingga berbentuk seperti bantalan. Base yang digunakan oleh pitcher (pelempar/pelambung bola) ukurannya lebih kecil daripada yang lain, yaitu 6 x 15 cm

Peraturan Permainan Rounders


Adapun peraturan permainan rounders adalah sebagai berikut:
  1. Waktu, yaitu lama pertandingannya ditentukan dengan “inning” atau satu kali jadi pemukul dan satu kali jadi penjaga.
  2. Pemain, yaitu jumlah pemain masing-masing tim terdiri dari 8-12 orang.
  3. Pemukul (batter), yaitu berhak melakukan pemukulan sebanyak 3 x.
  4. Penangkap (catcher), yaitu penangkap harus berdiri di belakang home base V.
  5. Pelambung (pitcher), yaitu bertugas melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul.
  6. Penilaian, dengan aturan pemukul mendapatkan nilai sebanyak base yang dilalui dengan pukulannya sendiri dan ditambah nilai satu kalau selamat sampai ke home base. Pemukul dengan pukulannya sendiri dan dapat melalui base-base, serta selamat masuk di home base mendapat nilai run (nilai 6). Penjaga lapangan yang dapat menangkap bola langsung yang dipukul sah mendapat nilai 1.

Itulah ulasan mengenai permainan olahraga rounders dan peraturan permainannya. Sebagai cabang olahraga bola kecil, permainan rounders ini mengharuskan pesertanya untuk bergerak seperti berlari, melompat, melempar, memukul dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa permainan rounders jika sering dimainkan oleh anak maka akan dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar yang dimilikinya. Tak hanya itu, olahraga rounders ini memiliki banyak sekali nilai-nilai yang mampu melatih anak untuk lebih sportive, senang bekerja sama, kejujuran, dan bertanggung jawab.

0 Response to "Bentuk Lapangan Rounders, Lengkap dengan Ukurannya!"

Post a Comment