6 Cara Praktis Menghitung Luas Tanah atau Lahan

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) berupa lahan atau area yang dapat digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan sehingga berfungsi untuk mempermudah aktivitas kehidupan manusia. Pengukuran luas lahan atau tanah selalu mengandung ketidakpastian. Meskipun demikin, kamu tetap perlu melakukan pengukuran ketika ingin menjual lahan atau tanah yang kamu miliki. Dengan begitu kamu dapat menentukan harga yang tepat atas tanah yang akan kamu jual tersebut.

Selain itu, jika kamu ingin membangun rumah atau sebuah bangunan, kamu juga perlu mengetahui luas lahan yang akan didirikan bangunan di atasnya tersebut.

Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang pengukuran luas tanah telah banyak memudahkan seseorang ketika ingin menghitung luas tanah secara akurat dan presisi, mesikupun tidak terlepas dari kesalahan. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Silahkan temukan cara menghitung luas lahan pada artikel di bawah ini.

Via Housing.com


Cara Praktis Menghitung Luas Tanah atau Lahan

Untuk menghitung luas lahan dapat digunakan beberapa rumus. Sesuaikan rumus berikut di bawah ini dengan bentuk lahan yang akan diukur.

1. Cara menghitung luas lahan yang berbentuk persegi panjang

Rumus yang dapat kamu gunakan adalah rumus luas persegi panjang, yaitu Panjang x Lebar.

Contohnya, kamu memiliki tanah seluas 7 x 14 meter, maka perhitungannya adalah:

Panjang = 7 meter

Lebar = 14 meter

Luas tanah = 7 meter x 14 meter = 98 m²


2. Cara menghitung luas tanah berbentuk segitiga

Rumus cara menghitung luas tanah yang berbentuk segita adalah sebagai berikut:



Keterangan:

  • L        =  luas segitiga tersebut.
  •         = perhitungan keliling segitiga.
  • a, b, c = panjang setiap sisi segitiga.

Contohnya, kamu memiliki tanah berbentuk segita dengan panjang masing-masing sisinya adalah 10 meter x 9 meter x 14 meter, maka cara menghitung luas tanah tersebut adalah:

a = 10 meter
b = 9 meter
c = 14 meter

s = (10 meter + 9 meter + 14 meter) : 2 = 16,5 meter

Luas Tanah = ✓[16,5 x (16,5-10) x (16,5-9) x (16,5-14)]
                   = ✓2010,94 m²
                   = 44.84 m²


3. Cara menghitung luas lahan tanah yang berbentuk tidak beraturan


Sayangnya tidak semua tanah yang dimiliki oleh seseorang berbentuk rapi seperti misalnya berbentuk persegi panjang. Ada kalanya ditemukan bentuk tanah yang tak beraturan, seperti bentuk trapesium. 

Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus trapesium, yaitu:

Luas = 1/2 x (Jumlah panjang dari rusuk sejajar) x Tinggi

Contohnya, tanah kamu berbentuk trapesium sama kaki dengan dua sisinya sama panjang, sedangkan dua sisi lain tidak sama panjang.

Jika kamu memiliki tanah 20 meter x 36 meter x 20 meter x 20 meter x 12 meter, cara menghitungnya adalah:

Luas = 1/2 x (12+36) x 16 = 384 m².


4. Cara Menghitung Luas Lahan sesuai dengan Dokumen Sertifikat Tanah


Kamu dapat menghitung luas tanah dengan menggunakan dokumen sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Kamu dapat menggunakan angka dan skala yang tertera pada sertifikat. Gambar terkait dari situasi sebidang tanah biasanya ada di halaman 6. Kamu cukup menggunakan penggaris dan perhatikan angka pada halaman tersebut. Setiap sertifikat tanah menggunakan skala yang berbeda-beda, biasanya tergantung dengan luas lahan yang dimiliki. Berikut ini adalah rumus cara menghitung luas lahan menggunakan sertifikat tanah:

Panjang sebenarnya = Jarak panjang pada peta atau denah : skala

Lebar sebenarnya = Jarak lebar pada peta atau denah : skala

Luas lahan = Panjang sebenarnya x lebar sebenarnya

Contohnya, lahan di dalam sertifikat tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang tertera adalah panjang 6 cm dan lebar 3 cm, dengan skala 1:500. Maka, cara menghitungnya:

Panjang sebenarnya = 6 cm : 1/500
                                 = 3000 cm
                                 = 30 meter

Lebar sebenarnya = 3 cm : 1/500 = 1500 cm = 15 meter

Luas lahan = 30 meter x 15 meter = 450 m²

Dengan cara ini, diketahui bahwa luas lahan kamu adalah 450 m². 

5. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Bantuan Software atau Aplikasi

Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah dalam menghitung luas lahan, yaitu sebagai berikut:

  • AutoCAD

AutoCAD merupakan software besutan Autodesk yang tidak hanya digunakan untuk menggambar gambar teknik, namun juga dapat mempermudah dalam penghitungan luas lahan tanah. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buat gambar peta atau denah dengan tool garis polyline sehingga semua garis saling menyatu.
b. Blok semua garis yang telah digambar tadi dengan cara klik pada garisnya sehingga garis yang awalnya terlihat lurus kini berubah menjadi putus-putus.
c. Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan enter pada keyboard sehingga halaman baru akan muncul dan menginformasikan luas area dari tanah.

  • GPS Fields Area Measure

GPS Fields Area Measure merupakan aplikasi yang canggih yang dapat digunakan untuk pengelolaan area, mengukur luas sebuah kota, kecamatan dan desa. Selain itu bisa digunakan untuk mengetahui jarak antara lokasi satu dengan lokasi yang lainnya. 

Setelah kamu menentukan area yang luas lahannya akan dihitung, informasi mengenai luas area tersebut akan langsung ditunjukkan secara otomatis oleh aplikasi GPS Fields Area Measure ini. 

Kamu dapat menginstallnya baik pada perangkat berbasis Android maupun iOS.

6. Cara Menghitung Luas Lahan Tanah dengan Bantuan Google Maps


Menghitung luas lahan dengan bantuan Google Maps akan mempermudah kamu yang tidak memiliki waktu untuk mengecek langsung lahan tanah yang akan diukur. Berikut ini adalah tahapan cara dalam menghitung luas lahan dengan bantuan Google Maps:


  • Buka halaman Google Maps dengan mengklik pada link berikut: https://www.google.co.id/maps/.
  • Ubah tampilannya menjadi satellite view dengan cara klik icon yang bertanda garis 3, lalu pilih Satellite. Dengan begitu, kamu bisa melihat kondisi tanah yang akan diukur
  • Ketik alamat lokasi tanah atau lahan yang akan diukur pada kotak pencarian yang tersedia.
  • Jika lokasinya sudah tepat, atur pembesaran maksimal atau sesuai keperluan, misalnya 1: 10.000.
  • Pilihlah “Measure distance” atau “Ukur jarak” dalam bahasa Indonesia, lalu klik pada tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang ingin diukur sehingga akan terbentuk sebuah area.
Dari langkah-langkah tersebut, kemudian akan muncul sejumlah informasi mengenai total area yang menunjukkan luas lahan yang telah dipilih. Selain itu, juga terdapat pula informasi yang menunjukan keliling lahan tersebut dalam miles (mi) dan kilometer (km).

0 Response to "6 Cara Praktis Menghitung Luas Tanah atau Lahan"

Post a Comment