Memahami Gambar Teknik, Fungsi, Standar, dan Aplikasinya

Dalam pekerjaan di lapangan yang digunakan dalam berkomunikasi di dunia teknik adalah gambar teknik. Dengan gambar teknik para pekerja akan menjalankan tugasnya berdasarkan petunjuk-petunjuk yang diberikan melalui jobsheet yang berupa gambar kerja yang dibuat menggunakan program CAD. 





Apa Itu Gambar Teknik?

Gambar teknik adalah bentuk gagasan atau ide mengenai suatu sistem, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian dan petunjuk teknis yang dinyatakan dalam bentuk gambar teknis dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan instruksi acuan kerja.

Gambar teknik tentunya disesuaikan dengan bidangnya masing-masing, bidang pekerjaan bangunan gambar tekniknya tentang bangunan, sedangkan bidang pekerjaan permesinan berkaitan dengan mesin.

Gambar teknik tersebut memiliki beberapa manfaat. Contohnya pada dunia permesinan, jika seorang engineer atau teknisi akan merencanakan rancangan pembuatan mobil. Dengan gambar kita bisa merencanakan atau menghitung biaya yang akan dibutuhkan. 

Gambar teknik digunakan oleh perencana dan pelaksana sebagai alat komunikasi dalam bentuk bahasa gambar sehingga lebih praktis, jelas, dan mudah dipahami oleh kedua belah pihak tersebut. Untuk itu perencana harus membuat gambar teknik yang lengkap sesuai dengan standar yang berlaku dan mudah dipelajari oleh pelaksana.

Fungsi Gambar Teknik


Fungsi utama dari gambar teknik adalah sebagai bahasa gambar yang dterapkan dalam dunia teknik. Untuk lebih detailnya terkait dengan sebuah perencanaan dan perancangan, fungsi gambar teknik adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Konsep suatu Gagasan

Konsep dari suatu gagasan atau ide diwujudkan dalm suatu bentuk gambar kemudian dianalisis lalu diwujudkan ke dalam rancangan gambar untuk kemudian dievaluasi secara terus menerus  sampai mendapatkan suatu gambar yang sempurna. Oleh sebab itulah seorang perencana harus mampu mengolah sebuah ide yang ada dibenak mereka ke dalam bentuk gambar teknik untuk kemudian direalisasikan oleh pelaksana.

2. Sebagai penyampaian informasi

Gambar teknik yang dibuat harus mampu memberikan informasi yang jelas sesuai dengan yang dimaksud oleh perencana. Dengan demikian, orang-orang yang terkait di dalam proyek tersebut seperti operator, pemeriksa, kontraktor dan lainnya akan mengerjakan dan mengawasi proyek pekerjaan sesuai dengan gambar rencana.

3. Sebagai arsip dokumen

Gambar teknik sangat penting dan harus disimpan dan dijaga dengan baik sebagai informasi untuk rencana-rencana yang akan datang. Arsip dokumentasi ini sebaiknya diatur dengan teliti untuk memudahkan pencarian data kedepannya.


Standarisasi Gambar Teknik

Untuk memudahkan konsultan perencana dalam penyampaian informasi di dalam gambar teknik yang dibuat, dibutuhkan suatu standarisasinya agar para pekerja proyek dan orang yang terlibat di dalamnya dapat membaca dan memiliki persepsi yang sama terhadap gambar yang dibuat.

Standar yang digunakan dalam standar gambar teknik adalah ISO/TC 10.

Alat-Alat Gambar Teknik

Keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang perencana berkaitan dengan kemampuan menggambar tekniknya adalah kemampuan untuk memilih, menggunakan dan merawat peralatan gambar teknik secara baik dan benar. Untuk memperoleh gambar teknik yang baik tentunya diperlukan peralatan yang baik pula. Berikut ini adalah beberapa alat-alat yang digunakan untuk membuat suatu gambar teknik secara manual antara lain:


1. Kertas Gambar

  • Kertas Padalarang
  • Kertas Roti
  • Kertas kalkir
  • Kertas Manila

2. Pensil Gambar

  • Pensil batang
  • Pensil mekanik
  • Rapido

3. Penggaris

  • Penggaris T
  • Penggaris segitiga

3. Jangka

  • Jangka Biasa
  • Jangka Bagi
  • Jangka Pompa
  • Jangka Pegas
  • Batang Pemegang Pena Tarik
  • Pena Tarik (TREK PEN)

4. Penghapus dan Alat Pelindung Penghapus

5. Alat- Alat Penunjang Lainnya

  • Busur Derajat
  • Sablon Huruf dan Angka
  • Mal Lengkung
  • Mal Bentuk

6. Meja Gambar

7. Mesin Gambar

Aplikasi Gambar Teknik

Konsultan perencana saat ini dalam membuat gambar teknik tidak harus dilakukan secara manual, tapi sudah banyak dilakukan melalui komputer dalam sebuah aplikasi/software. Salah satunya adalah aplikasi CAD (Computer Aided Design).

Perkembangan dunia rancang bangun pada khususnya memungkinkan peningkatan efisiensi dan ketepatan, pergeseran dari mesin gambar manual telah tergantikan dengan sistem komputerisasi yang memungkinkan proses menjadi lebih cepat, tepat, akurat dan murah, salah satunya adalah program AutoCAD.

AutoCAD merupakan akronim dari kata Automatic Computer Aided Design, yaitu program yang mampu digunakan sebagai alat bantu dalam gambar rancang bangun.

Program yang dikembangkan Autodesk Inc ini dapat digunakan untuk menggambar 2 (dua) dimensi dan 3 (tiga) dimensi. 

AutoCAD banyak dimanfaatkan hampir di seluruh bidang rekayasa (engineering) karena memiliki banyak keunggulan. Berikut ini adalah keunggulan dari AutoCAD antara lain:

  1. Kecepatan, yaitu AutoCAD mampu menyajikan gambar yang sama dalam waktu yang lebih cepat karena tidak perlu menggambar ulang melainkan hanya mengkopi dari gambar yang telah ada. Sehingga dengan kelebihan ini, kamu dapat mengerjakan proyek gambar secara bersama-sama atau dalam satu kelompok.
  2. Kerapian, yaitu program AutoCAD mampu memberikan hasil yang rapi karena kamu dapat mencetak gambar tersebut setelah gambar selesai. Berbeda dengan gambar teknik yang dikerjakan secara manual, di mana gambar tersebut akan tersentuh oleh tangan secara terus-menerus sehingga sangat rentan mengalami kerusakan.
  3. Efisien, disebut efisien karena gambar yang telah kamu kerjakan dapat disimpan dalam harddisk ataupun alat penyimpanan lain sehingga jika sewaktu-waktu data gambar tersebut dibutuhkan, dapat dilanjutkan atau dicetak ulang.
  4. Ketepatan, yaitu dengan menggunakan AutoCAD gambar yang dihasilkan dapat dibuat setepat-tepatnya karena CAD dapat membuat gambar lebih terlihat realistis.

Inti dari pembuatan gambar teknik adalah hasil penuangan ide perencana harus dapat dibaca oleh pihak-pihak lain yang terkait.

2 Responses to "Memahami Gambar Teknik, Fungsi, Standar, dan Aplikasinya"

  1. Mampir ke website www.gambarteknik.id ada materi tentang gambar teknik, CAD, AutoCAD, Autodesk Inventor, materi dasar gambar teknik sampai dengan lanjut serta latihan soal gambar teknik mesin

    Terima kasih

    ReplyDelete