Railing Stainless Tangga dan Balkon

Baik tangga maupun balkon jika tanpa railing atau pembatas memang sangat membahayakan bagi penggunanya, terutama bagi anak-anak. Jenis railing di pasaran cukup banyak pilihan. Salah satu yang banyak digandrungi adalah railing berbahan stainless. 

Railing ini juga dikenal dengan sebutan handrail, yang berfungsi sebagai tumpuan atau sandaran tangan sewaktu kita berada di tangga atau di balkon.

Keberadaan railing amatlah sangat penting. Selain mempercantik desain tangga ataupun balkon, railing yang terbuat dari bahan-bahan yang kuat seperti stainless akan mampu memberikan keamanan dan keselamatan bagi orang-orang yang sedang menaiki tangga atau mereka yang sedang berada di balkon.


Tujuan Pemasangan Railing

Pemasangan railing pada tangga dan balkon berguna sebagai sandaran tangan atau tubuh dan juga untuk mencegah penggunanya dari terjatuh. 

Dengan kata lain railing ini dapat difungsikan sebagai alat keamanan paling utama dari sebuah struktur tangga dan balkon, terutama untuk tangga bebas, yang tidak diapit oleh dinding . 

Baca juga: Ukuran Tangga yang Nyaman 

Struktur dan Desain Railing Tangga dan Balkon Stainless

Strukur dan desain railing bisa ditampilkan sesuai dengan kebutuhan dan selera pemesan. Namun, pembuatannya tidak boleh lalai dari fungsi utama, yaitu untuk keamanan. 

Railing tangga dan balkon sebaiknya didesain sesuai dengan gaya arsitektur bangunan agar tidak melenceng dengan bagian bangunan yang lain. Desainnya pun kalau bisa dibuat agar mudah untuk dilakukan perawatan seperti mudah untuk dibersihkan. 

Ada banyak material railing yang bisa dipilih untuk menambah keindahan tampilan railing tangga dan balkon rumah. Untuk kamu yang ingin memasang railing berbahan stainless dapat mengkombinasikannya dengan besi hollow dan kayu, kaca, akrilik, atau aluminium bahkan baja string. 

Keunggulan dari bahan stainless sebagai railing ini adalah bahannya yang halus/licin sehingga nyaman dan tidak melukai bagian tubuh dari pengguna tangga atau balkon.

Adapun tinggi yang biasanya digunakan untuk railing tangga ataupun balkon adalah sekitar 80 – 100 cm. Sementara itu ukuran diameternya 4 cm-5 cm. 

Untuk tangga yang berdiri di samping tembok, maka railing bisa diabaikan pada sisi yang berhimpitan dengan dinding. Sehingga cukup dilakukan pemasangan pada satu sisi saja untuk efisiensi biaya juga, bukan? Contohnya seperti pada gambar di bawah ini yang mungkin bisa dijadikan inspirasi pemasangan railing tangga satu sisi:


 

Jika prinsip keamanan nomor satu, apalagi di rumah terdapat lansia, maka kamu bisa memasang railing di kedua sisi tangga dengan diberi space atau jarak antara dinding dengan railing minimal 4 cm untuk menghindari adanya gesekan antara dinding dengan tangan dan supaya pengguna dapat mencengkram railing dengan baik.


Biaya Jasa Pemasangan Railing Tangga dan Balkon Stainless

Jasa penyedia pemasangan railing tangga stainless profesional dan berpengalaman dapat melayani berbagai kebutuhan tipe tangga.

Lalu, berapa budget yang perlu dipersiapkan? Harga railing tangga atau railing balkon stainless minimalis mulai Rp 850.000/meter. Harganya ini tergantung model dan ukuran bahan stainless yang digunakan serta kombinasi bahannya. 

Semakin kompleks desain dan bahan yang digunakan, semakin mahal biaya jasa pemasangan railing.

Berikut ini berbagai contoh hasil pekerjaan pemasangan railing tangga stainless:


Pemasangan Railing Tangga di Masjid




Hasil Pemasangan Railing Tangga di Gedung Sekolah

Railing Stainless untuk Balkon


Itulah ulasan mengenai apa itu railing tangga dan contoh produk railing berbahan stainless. Informasi ini merupakan satu pemahaman lagi bagi kamu tentang bagian dari tangga dan balkon, yang mungkin terkadang terabaikan, demi faktor penting bagi keamanan pengguna, jangan abaikan untuk memasang railing ini pada tangga dan balkon bangunanmu.

0 Response to "Railing Stainless Tangga dan Balkon"

Post a Comment