Cara Mengatur Desain Pantry yang Ciamik

Pantry adalah dapur bersih. Pantry sebenarnya merupakan bagian dari ruang dapur yang digunakan untuk menyimpan makanan ringan, minuman, dan peratalan dapur modern.

Untuk itu, desain pantry dibuat semodern mungkin agar terlihat rapi dan selalu bersih. Desain ruang pantry dilengkapi dengan kabinet dan lemari untuk menyimpan barang dan makanan serta minuman. 



Konsep pantry berawal dari Eropa dan Amerika. Istilah Pantry sendiri berasal dari Bahasa Inggris, yaitu ruangan yang difungsikan untuk menyimpan barang pecah belah atau makanan dan minuman. 

Di Eropa, fungsi utama pantry adalah untuk menyimpan stok minuman anggur. Itu sebabnya, di ruang pantry tersedia banyak lemari dan dilengkapi dengan meja minum atau bar. 

Dan sekarang ini keberadaan pantry dilengkapi juga dengan alat untuk memasak makanan tapi yang berkerja secara elektronik, seperti misalnya microwave. Pantry dengan konsep seperti ini biasanya diaplikasikan pada bangunan rumah yang berukuran cukup besar guna untuk melayani tamu langsung "on the spot". 

Di Indonesia sendiri kebiasaan memasak tentunya berbeda dengan orang Eropa atau barat. Cara memasak yang lebih rumit membuat orang Indonesia memilih untuk membangun dapur dibandingkan pantry. 

Tapi tidak jarang, ada saja yang sudah memiliki dapur, juga masih berkeinginan untuk membuat pantry. Hanya saja semua ini memang tergantung pada keinginan serta selera pemilik rumah yang memang punya kuasa terhadap segala isinya. 


Perbedaan Konsep Pantry dan Dapur


Kebanyakan dari kita masih belum memahami benar bagaimana perbedaan konsep pantry dan dapur itu dibuat. Mungkin, untuk sebagian yang bekerja di perkantoran sudah cukup paham perbedaan keduanya. Karena biasanya di kantor juga tersedia ruang pantry. 

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan keduanya:
  • Pantry atau dapur bersih, yaitu ruangan yang biasanya disatukan dengan ruang keluarga atau ruang makan, yang dilengkapi dengan lemari atau cabinet untuk menyimpan makanan. 
  • Dapur, yaitu sudut ruangan dari sebuah bangunan rumah yang biasanya digunakan untuk memasak. Dapur ini difungsikan untuk menyiapkan hidangan termasuk kegiatan memasak, menghangatkan makanan sebelum disajikan, ataupun digunakan untuk aktivitas membersihkan peralatan dapur. 

Dari segi penampilannya dapur didesain tidak sebagus dari pantry, namun perlengkapan rumah tangganya bisa jadi lebih lengkap meskipun secara kualitas dan harga dibawah appliance pantry. 

Oleh karenanya dapur digunakan untuk memasak masakan yang prosesnya rumit dan memakan waktu yang lama. Sementara itu pantry untuk membuat masakan simple dan gampang, tanpa memerlukan perabot dapur yang lengkap.


Mengatur Desain Pantry yang Ciamik





Ketika sudah memutuskan untuk membuat ruang pantry di rumah, maka harus pintar-pintar mengatur desainnya. Berikut ini adalah cara membuat desain pantry ciamik sehingga enak dipandang:

  1. Pertama perlu diketahui jika pantry pada umumnya dibuat dengan konsep desain yang modern. Pilihlah meja dan kursi yang desainnya sederhana dengan bahan yang ringan sehingga tidak muncul kesan yang berat atau penuh pada ruang tersebut. 
  2. Tambahkan perabot seperti elektronik seperti kulkas dua pintu, microwave, hods (penghisap asap), hobs (kompor), dan sebagainya.
  3. Letakkan kursi secukupnya, jangan terlalu banyak. Tiga atau empat sudah cukup. Pilih desain kursi yang mampu menampilkan kesan santai dan tidak terlalu formal. Bisa menggunakan kursi yang tidak memiliki sandaran, atau kursi yang terbuat dari bahan rotan, baik rotan alami ataupun rotan sintetis. Selain furniture berbahan rotan, kamu juga bisa memilih furniture yang berbahan aklirik.
  4. Pilih perabot atau furniture pelangkap lainnya yang desainnya praktis, ringkas serta effisien. Gunakan meja yang bisa dilipat atau didorong. Atau dapat juga memesannya kepada pengrajin untuk dibuat custom yang disatukan dengan cabinet. Sehingga saat sedang tidak ditempati, ruang pantry lebih terlihat luas dan lapang. Kamu bisa melihat konsep ruangan di apartemen yang umumnya dibuat praktis, minimalis dan efisien. 
  5. Gunakan penyekat yang sifatnyab tidak permanen antara ruang dapur dan pantry. 
  6. Akses antara dapur dan pantry didesain mudah untuk lalu lalang para penghuni ataupun tamu. 

Itulah ulasan mengenai apa itu pantry, perbedaannya dengan dapur, dan desain pantry agar terlihat indah. Jika kamu ingin menciptakan suasana yang berbeda, ruang pantry juga bisa dijadikan sekaligus sebagai ruang makan lho. Oleh karenanya, kamu bisa menjamu tamu di ruang pantry ini.

0 Response to "Cara Mengatur Desain Pantry yang Ciamik"

Post a Comment