Mengenal Ukuran Standar Pintu dan Jendela Rumah Tinggal

Ketika ingin mendirikan sebuah rumah tinggal tukang ataupun kita yang merupakan calon pemilik rumah pastinya akan mengikuti standar umum sebuah bangunan rumah. Salah satunya standar umum dalam hal ukuran pintu atau jendela rumah tinggal.

Pintu dan jendela merupakan penghubung antar ruang. Selain berfungsi sebagai keluar masuknya barang atau manusia, pembuatan pintu dan jendela bertujuan untuk sirkulasi udara agar menciptakan ruangan yang nyaman dan menampilkan pencahayaan sinar matahari yang cukup.

Sebagaimana kita ketahui di dalam bangunan rumah sendiri terdapat beberapa pintu dan jendela. Ada pintu utama, pintu kamar tidur, dan pintu kamar mandi. Ada jendela rumah (utama), jendela kamar tidur, jendela dapur ataupun jendela kamar mandi.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa ukuran tiap pintu dan jendela pada masing-masing ruangan nampaknya sama saja. Faktanya, ukuran pintu itu sendiri berbeda ukuran menurut tata letak dan fungsinya masing-masing. Oleh karenya, mari kita bahas pada penjelasan berikut ini mengenai ukuran standar pintu dan jendela rumah tinggal.


Via Pixabay.com


Ukuran Standar Pintu

Umumnya, setiap ruang di dalam rumah mempunyai ukuran pintu yang berbeda. Karena, setiap ruang memiliki kebutuhan berbeda. Berikut ini adalah ukuran standar pintu yang bisa kamu bedakan berdasarkan tata letak ruang dan kegunaannya.

  1. Pintu utama, yaitu pintu awal untuk seseorang atau barang masuk ke dalam rumah. Ukuran standarnya adalah 90cm x 210cm. Sebagai tempat keluar masuk seluruh penghuni rumah, tak ayal jika ukuran pintu ini jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran pintu yang lain.
  2. Pintu kamar, yaitu pintu ruang tidur yang hanya digunakan untuk keluar masuk penghuni kamar tersebut. Ukuran pintu kamar disesuaikan dengan barang-barang yang umumnya ada di ruang tidur sehingga barang tersebut dapat dimasukkan ke dalam kamar. Ukuran standarnya lebih kecil dari ukuran pintu utama, yaitu 80cm x 190cm.
  3. Pintu kamar mandi, yaitu pintu toilet atau kamar mandi yang tidak membutuhkan keluar masuk barang-barang dengan ukuran besar. Ukuran pintu kamar mandi lebih kecil dibandingkan dengan ukuran pintu yang lain, yaitu 70cm x 180cm. Ukuran pintu ini disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang standarnya adalah 2x2 meter.


Ukuran Standar Jendela


Sama dengan pintu yang memiliki banyak ukuran, jendela juga memiliki banyak ukuran yang
dapat menambah tampilan eksterior rumah lebih menarik, bersih, dan memberikan rasa nyaman tersendiri ketika sirkulasi udara masuk ke dalam. Berikut ukuran standar jendela yang bisa kamu gunakan:

  1. Jendela utama, sesuai dengan namanya jendela ini umumnya terletak di depan atau lebih tepatnya berada di ruang tamu atau pun ruang utama keluarga. Jendela yang lebih sering disebut jendela ruang tamu ini memiliki ukuran 80cm x 180cm. Jendela utama ini berfungsi sebagai pencahayaan ruangan dalam rumah dan sebagai sirkulasi udara. Pencahayaan alami yang didapat melalui jendela ruang tamu ini akan sangat berarti, bisa menghemat energi listrik.
  2. Jendela ruang tidur, jendela ini memiliki ukuran lebih kecil dari jendela utama dikarenakan letak jendela ini hanya ada di kamar dengan pencahayaan dan pertukaran udara yang cukup. Jendela kamar tidur ini memiliki ukuran standar 60cm x 80cm.
  3. Jendela dapur dan kamar mandi, kamu dapat menggunakan jendela berukuran 60cm x 30 cm. Ruangan ini memerlukan pencahayaan alami baik agar kelembaban udara terjaga, sehingga kesehatan lingkungan tetap terjaga. 

Meski demikian, kamu juga dapat menggunakan ukuran sesuai selera. Namun dengan mengetahui ukuran standar ini, kamu sudah bisa memperkirakan besaran pintu dan jendela yang akan dipasang untuk rumah idaman mu.

Selain memerhatikan ukuran, hal lain yang juga perlu dipikirkan adalah pemilihan material pintu dan jendela. Pilih bahan yang berkualitas baik agar pintu dan jendela bisa bertahan lama. Jika rumah kamu bergaya minimalis dengan menggabungkan unsur tradisional, kamu bisa menggunakan kayu sebagai material jendela dan batu alam pada dindingnya. Namun, jika ingin menampilkan kesan modern kamu  bisa menggunakan material pintu dan jendela dari alumunium, PVC, ataupun uPVC.

Demikian penjelasan mengenai ukuran standar pintu dan jendela. Untuk  mempercantik tampilan jendela, khususnya jendela utama, kamu bisa menambahkan gorden atau krey yang sesuai dengan interior ruangan dan gaya minimal yang akan ditampilkan.

0 Response to "Mengenal Ukuran Standar Pintu dan Jendela Rumah Tinggal"

Posting Komentar