Pengertian Ring Balk dan Cara Pasangnya Agar Bangunan Lebih Kokoh

Struktur sebuah bangunan baik itu rumah, kantor ataupun apatemen haruslah dilengkapi sloof, kolom dan ring balk. Ikatan sambungan ketiga struktur konstruksi tersebut harus dibangun dengan kualitas yang kuat, kaku dan homogen. Sloof dan ring balk pada pada proyek perumahan biasanya berukuran lebar 20 cm dan tinggi 30 cm atau lebarnya 15 cm dan tingginya 20 cm.

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian ring balk dan apa saja fungsinya? Baca selengkapnya pada artikel di bawah ini?




Pengertian Ring Balk dnn Fungsinya



Ring Balk atau juga biasa dikenal dengan Balok Ring adalah struktur bangunan yang terletak di atas dinding dan menjadi tumpuan atau dudukan dari rangka atap. Kontur ring balk sendiri biasanya dibuat seperti kontur sloof.

Jika dilihat dari gambar di atas, ring balk mengikat pasangan dinding satu dengan yang lainnya yang dipisahkan dengan kepala plesteran dinding.

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Kepala Plesteran Dinding


Ring balk memiliki fungsi menahan tekanan dari rangka atap dan meratakan beban ke struktur lainnya yang posisinya berada di bawah, seperti tekanan yang diterima oleh kaki kuda-kuda.


Cara Pasang Ring Balk Agar Bangunan Lebih Kokoh



Pemasangan ring balk maksimum 4 meter dari sloof, idealnya 3 m - 3,5 m untuk orang indonesia dan 3,5 m - 4,5 meter untuk orang luar negeri. Ukuran ring balk yang biasa digunakan adalah lebar 20 cm dan tinggi 30 cm atau lebarnya 15 cm dan tingginya 20 cm dengan tulangan pokok (besi beton) 4d - 8mm dan begel d 6 – 15 cm. Ukuran standar tersebut untuk menghasilkan ring balk kokoh sehingga mampu menjadi struktur lantai atas (akhir) dan tumpuan rangka atap yang kuat.

Selain sebagai penopang tekanan utama dari rangka atap seperti dijelaskan di atas, dengan tinggi 20-30 cm ring balk juga berfungsi sebagai sirkulasi udara, jika letak dari ring balk terlalu rendah maka udara yang ada di dalam bangunan akan terasa panas.


Dan itulah penjelasan mengenai pengertian ring balk, apa saja fungsinya dalam struktur konstruksi sebuah bangunan, dan juga bagaimana cara memasang ring balk agar bangunan lebih kokoh dan aman. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Ring Balk dan Cara Pasangnya Agar Bangunan Lebih Kokoh"

Post a Comment