Apa itu Begel? Ini Fungsi, Persyaratan, Ukuran, dan Cara Membuatnya

Sengkang atau juga dikenal dengan sebutan begel adalah besi yang dililitkan pada tulangan pokok dalam komponen struktur beton bertulang. Besi begel ini berfungi sebagai unsur penahan geser yang terjadi pada balok atau kolom beton bertulang. 

Apa yang terjadi seandainya suatu komponen struktur beton bertulang tanpa begel? Tentu konstruksi beton itu dapat pecah ketika mendapatkan tegangan geser yang bekerja melebih tegangan geser beton yang relatif kecil itu.  

Karena begel adalah elemen beton bertulang yang tak dapat disepelekan, maka perencanaan besi tulangan ini harus direncanakan sedemikian rupa sehingga tidak akan terjadi kegagalan struktur karena mengabaikan faktor beban geser ini. Sebelum membuat struktur konstruksi pastikan memenuhi ketentukan teknis dari penyusunan begel sehingga mampu untuk memikul beban geser. 



Apa itu Begel?

Istilah besi begel berasal dari bahasa Belanda “buegel”. Sedangkan di Inggris, elemen besi tulangan ini dikenal sebagai “brace”, “clip”, “strap”, atau “strirrups”. 

Begel adalah komponen struktur yang terbuat dari besi beton polos atau ulir yang digunakan sebagai sebagai penahan beban geser. 

Besi begel sesungguhnya mempunyai bentuk yang bermacam-macam mulai dari persegi, bentuk U, L hingga bulat. Namun besi begel yang paling banyak digunakan adalah bentuk persegi atau persegi panjang.

Selain itu, ada beberapa jenis tulangan begel terhadap balok, yaitu tulangan sengkang vertikal, spiral, maupun miring. Sedangkan ukuran kolom besi begel yang umum digunakan adalah persegi dengan ukuran 90mm x 90mm; dan persegi panjang dengan ukuran 90mm x 150mm, 90mm x 250mm, dan 90mm x 300mm.


Fungsi Besi Begel

Fungsi utama dari besi begel adalah sebagai salah satu material penyusun struktur konstruksi bangunan. Sedangkan fungsi turunan lainnya dari sengkang tulangan ini adalah sebagai kolom pengikat untuk menahan struktur tulangan utama besi beton.


Persyaratan Besi Segel

Persyaratan besi begel agar sesuai dengan standar konstruksi yang ada bisa ditemukan dalam perauran beton Indonesia, yaitu PBI-71 dan PB 89. Berikut ini beberapa persyaratan tulangan begel yang harus penuhi agar suatu bangunan aman digunakan, yaitu:


  • Pada balok tulangan harus dipasang begel dengan jarak antar begel tidak boleh lebih dari 30 cm.
  • Pada bagian-bagian balok tulangan di mana besi begel bekerja sebagai tulangan geser, maka jarak besi begel tersebut tidak boleh diambil lebih dari 2/3 dari tinggi balok.
  • Diameter besi begel yang digunakan tidak boleh kurang dari 6 mm pada jenis baja lunak dan sedang dan 5 mm pada jenis baja keras.
  • Struktur kolom dengan besi begel tidak diperkenankan mempunyai ukuran melintang kurang dari 15 cm.
  • Tulangan memanjang kolom harus diikat oleh besi begel dengan jarak maksimum sebesar ukuran terkecil penampang, 15 kali diameter (diameter pengenal) batang tulangan diameter terkecil atau 30 cm. 
  • Diameter batang begel minimal ¼ diameter (diameter pengenal) batang tulangan memanjang yang terbesar dengan minimum 6 mm pada jenis baja lunak dan baja sedang; dan 5 mm pada jenis baja keras.


Cara Membuat Begel




Struktur konstruksi yang bakal menerima beban geser adalah bagian struktur melintang dan vertikal. Dengan begitu, balok dan juga kolom sebuah bangunan membutuhkan begel atau sengkang yang berfungsi untuk menahan beban geser. Untuk itu, tulangan sengkang ini harus dibuat kuat dan mampu menahan beban geser.

Proses pembuatan tulangan begel harus memperhatikan syarat atau spesifikasi besi begel yang telah dijelaskan di atas, misalnya jarak antar sengkang tidak lebih dari 30 cm satu sama lain. Khusus pada bagian tertentu, misalnya pada sepertiga panjang bentang struktur, jarak begel lebih rapat yaitu sekitar 10 – 15 cm. Karena pada posisi tersebut, momen puntir yang diterima struktur cukup besar.


Sedangkan besi beton yang dipilih untuk pembuatan begel atau sengkang haruslah berdiametertidak boleh kurang dari 6 mm. Ketika membuat begel, panjang tulangan penyaluran juga harus diperhatikan karena nantinya berfungsi sebagai pelekatan antara besi beton dengan cor beton. Sebaiknya panjang tulangan penyaluran untuk begel tidak kurang dari 5 cm sehingga dapat dihasilkan komponen konstruksi yang komposit antara besi beton dengan beton cor. .


Untuk panjang penyaluran begel sebaiknya dibuat dengan sudut 90 derajat atau 135 derajat (untuk struktur tahan gempa). Sedangkan untuk dimensi begel sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan tebal selimut beton. Sebagai contohnya, balok dengan ukuran 15 cm x 20 cm, dengan menggunakan selimut beton 1,5 cm maka begel yang dibuat mempunyai ukuran 12 cm x 17 cm. Karena tebal selimut beton berada di dua sisi sengkang yang nampak seperti pada gambar di bawah ini.



Nah itulah penjelasan mengenai apa itu begel, persyaratan, dan juga cara membuatnya. Pastikan dalam membuat begel atau sengkang, hitunglah dengan teliti panjang penyaluran begel, besarnya dimensi begel dan tebal selimut beton yang akan digunakan. Hal ini penting untuk memastikan begel mampu memikul beban geser yang diterima.

0 Response to "Apa itu Begel? Ini Fungsi, Persyaratan, Ukuran, dan Cara Membuatnya"

Post a Comment