Kenali Jenis dan Kelebihan Sandwich Panel Sebagai Alternatif Dinding Modern

Perkembangan dalam inovasi bahan bangunan modern telah mampu menghasilkan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan konstruksi agar lebih efisien dan ekonomis. Salah satunya semakin banyaknya alternatif  yang bisa digunakan oleh kontraktor untuk melakukan pekerjaan dinding. Ada dinding bata ringan, dinding beton precast, dan dinding sandwich panel.

Warehouse Dinding Sandwich Panel

Untuk bata ringan dan beton precast (pracetak) mungkin sudah umum diketahui oleh banyak orang, namun berbeda dengan sandwich panel yang masih banyak orang bertanya-tanya apa itu sandwich panel. Pada dekade belakangan ini sandwich panel lebih banyak digunakan dalam pembuatan rumah prefabrikasi. Pengaplikasian bahan material yang satu ini semakin luas karena banyak gedung semi permanen dan perkantoran yang menggunakannya. Sandwich panel sendiri adalah material panel berstruktur yang terdiri dari tiga lapisan sebagai pengganti dinding partisi.


Baca juga: 10 Merek Bata Ringan Berkualitas Tinggi

Pengertian Sandwich Panel


Sandwich panel merupakan panel yang terdiri atas tiga layer (lapisan), dengan layer bagian tengahnya merupakan sebuah lapisan material tebal dengan tingkat kepadatan tinggi namun memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dua layer pengapitnya. Seperti layaknya junkfood sandwich, dua lapisan tipis yang terdapat pada struktur sandwich ini disebut dengan lapisan kulit/penutup, dan satu lapisan tengah disebut dengan lapisan inti (core).


Media yang digunakan untuk membuat sandwich panel beberapa diantaranya adalah:
  • Foam Core
  • Honeycomb Sandwich
  • Web Core Sandwich
  • Truss/Corrugated Core Sandwich

Kulit panel penutup dari sandwich panel terbuat dari pelat zincalume atau galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi. Oleh karenanya tak jarang disebut juga insulated sandwich panel. Terdapat beberapa jenis insulasi pada sandwich panel yaitu:
  1. Expanded Polystyrene (EPS), dengan kelebihannya adalah sangat ringan dan juga tahan terhadap panas. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran, yaitu 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.
  2. Polyurethane (PU), dengan kelebihan bahan PU ini yaitu memiliki thermal konduktivitas rendah serta baik dalam penghematan energi, dan juga dapat mencegah kondensasi. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran dalam ukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.
  3. Glasswool Panel, memiliki karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125 mm.

Jenis Sandwich Panel

Sandwich Panel via lukman.co.id

Ada beberapa jenis sandwich panel yang sering digunakan untuk bangunan prefabikasi. Agar bangunan prefabikasi yang menggunakan material berstruktur lapisan ini lebih tahan lama, ada baiknya kamu memilih sandwich panel yang berkualitas. Sandwich panel terdiri dari dua jenis, yaitu:

1. Sandwich Panel Dinding

Jenis pertama material lapisan ini yang bisa digunakan dalam pembangunan rumah prefab adalah EPS sandwich panel untuk lapisan dinding. Yang paling sering digunakan adalah  tipe Thermastyle Pro dengan lebar 950 milimeter dan ketebalan 50 hingga 100 milimeter.

2. Sandwich Panel Atap

Sandwich panel atap yang digunakan dalam pembangunan rumah prefab adalah EPS tipe ThermaDeck PRO dengan lebar 1.050 milimeter dan tebal 50-100 milimeter.


Jika ruangan menggunakan dinding dan plafond sandwich panel, maka bagian lain yang perlu diperhatikan adalah pintu dan jendelanya. Pintu dan jendela harus menggunakan hermetic door yang full system untuk menjaga keluar masuknya bakteri dan juga tahan terhadap api dan benturan,  terutama jika ruangan tersebut adalah ruang operasi.

Kelebihan Sandwich Panel

Hotel Kapsul Dinding Partisi Sandwich Panel

Dinding sandwich panel dipilih karena dinding sandwich panel memiliki banyak keuntungan terutama dalam bangunan yang memiliki sistem lepas-pasang seperti hotel kapsul. Berikut ini beberapa keunggulan lainnya dari produk sandwich panel:


1. Pemasangan relatif cepat dan perawatan yang mudah

Umumnya untuk membuat lapisan dinding atau atap, dibutuhkan waktu yang lama serta membutuhkan pekerja yang banyak. Namun, tidak demikian dengan pemakaian sandwich panel ini.

2. Peredam panas dan peredam suara yang baik

Dengan lapisan Expanded Polystyrene (EPS), sandwich panel mampu meredam panas dan suara.

3. Hemat energi

Penggunaan sandwich panel berlapis dinding ini mampu menghemat pengeluaran listrik. Selain dinding panel yang mampu memantulkan cahaya lampu secara optimal, penggunaan sandwich panel juga membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Penghuni ruangan pun dapat meminimalisir penggunaan air conditioning (AC).

4. Lebih Ekonomis

Pemasangan sandwich panel yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja membuat prose pemasangan dinding lebih ekonomis secara waktu dan tenaga.

5. Siap pasang tanpa finishing

Berbeda dengan pemasangan dinding menggunakan batu bata ataupun bata ringan yang membutuhkan plesteran dan kemudian dilakukan acian sebagai finishing, pemasangan sandwich panel tidak perlu dilakukan finishing.

Baca juga: Tips Mudah Menghasilkan Acian yang Baik dan Berkualitas

6. Tahan terhadap gempa

Keunggulan bangunan prefabikasi yang menggunakan sandwich panel adalah lebih lentur dan kuat, sehingga ketika terjadi gempa tidak akan menimbulkan kerusakan yang parah. Oleh sebab itu desain bangunan prefabikasi ini sangat cocok untuk wilayah yang rawan gempa, seperti di Indonesia..

7. Bahan Lebih Ringan

Ketebalan bahan ini hanya 75 milimeter. Selain itu, berat jenis sandwich panel jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan panel modular lainnya. Terutama panel pre-cast modular berbahan beton. Dengan keringanannya, sandwich panel ini dapat menjadi panel modular yang dapat dengan mudah dilepas-pasang dalam sebuah bangunan konstruksi.

8. Custom made

Produksi Sandwich panel dilakukan secara modular tetapi fleksibel, ukuran lebar 1 m, panjangnya bisa custom sampai 12 m sesuai kebutuhan proyek.

9. Simple

Untuk pemasangan sandwich panel ini  tidak membutuhkan banyak material tambahan/pendukung seperti semen, air, dan pasir. Bahan bangunan prefabikasi merupakan bahan rakitan pabrik, di mana kamu hanya tinggal merakitnya saja di lokasi yang kamu inginkan.



Petunjuk Penyimpanan Sandwich Panel





  1. Bila mengangkut sandwich panel menggunakan bak terbuka, sebaiknya lindungi tumpukan sandwich panel kalsiboard dengan plastik.
  2. Lakukan bongkar-muat sandwich panel di tempat yang terlindungi seperti di dalam ruangan.
  3. Gunakan sandwich panel sesuai dengan urutan penerimaan (barang pertama masuk harus keluar pertama/First in First Out) untuk menjaga kualitas sandwich panel.
  4. Simpanlah papan sandwich panel di ruangan yang kering dan terlindungi dari hujan. Proses Penyimpanan sandwich panel diletakkan di atas valet untuk menghindari kontak langsung dengan tanah. Tumpukan sandwich panel dengan ketinggian maksimum 2 m yang dilindungi dengan kardus di antara lembaran panel agar tidak tergores.

Ketika kamu meminta penawaran produk sandwich panel, khususnya untuk pekerjaan partisi dinding dan plafon biasanya terdapat beberapa data yang perlu disiapkan, seperti rencana anggaran biaya (RAB) yang memuat item pekerjaan, tipe material yang ingin digunakan, volume, gambar denah dan potongan ruangan atau blue print gambar bangunan, dan gambar detail pintu dan jendela. Oleh karenanya, silahkan dikonsultasikan dengan ahli bangunan, arsitek ataupun civil engineering di kota mu.

0 Response to "Kenali Jenis dan Kelebihan Sandwich Panel Sebagai Alternatif Dinding Modern"

Post a Comment