Contoh Terlengkap Berita Acara [Bahasa Indonesia dan Inggris] dan Cara Membuatnya

Tidak punya ide bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar? Mungkin deretan contoh berita acara ini dapat membantu kamu dalam membuat dokumen penting yang satu ini. 

Membuat berita acara memang gampang-gampang susah. Jenis surat yang satu ini memiliki cakupan yang cukup luas dan digunakan untuk beragam situasi dan kondisi.

Contohnya nih, ada berita acara pelantikan, berita acara rapat (notulensi rapat), berita acara serah terima (BAST), berita acara hasil pelelangan, berita acara serah terima jabatan (sertijab), berita acara serah terima pekerjaan, berita acara aanwijzing, berita acara pembuktian kualifikasi, berita acara pembukaan dokumen penawaran, berita acara penyelesaian pekerjaan (BAPP), berita acara persetujuan, dan contoh berita acara yang lainnya baik berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Setiap instansi atau perusahaan atau lembaga biasanya memiliki format/draftnya sendiri-sendiri di dalam membuat berita acara, jadi jangan pusing ya! Ada berita acara yang dibuat dalam bentuk Bahasa Indonesia dan ada juga berita acara yang menggunakan bahasa Inggris.

Secara umum pembuatan berita acara tersebut ditujukan sebagai surat resmi yang nantinya dijadikan sebagai arsip atau dokumen khusus sebagai bukti jika diperlukan di kemudian hari. Pembuatan berita acara tersebut berguna untuk menghindarkan terjadinya berbagai penipuan dan berita tidak benar.

Di dalam isinya, berita acara menggunakan bahasa yang baku yang isinya menjelaskan telah dilaksanakannya suatu kegiatan tertentu.




Pengertian Berita Acara




Secara garis besar, berita acara merupakan sebuah dokumen dalam dunia pekerjaan yang sangat penting keberadaannya. Berita acara tersebut memuat pernyataan pengesahan mengenai suatu kegiatan; baik itu menyangkut rapat, kehilangan, kerusakan, serah terima barang, peristiwa, penyelesaian pekerjaan, perubahan status, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, berita acara adalah sebuah bukti legal yang di dalamnya berisi suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara. Selain itu, berita acara juga dijadikan oleh instansi atau perusahaan sebagai sebuah bukti legal mengenai peristiwa tertentu, serah terima, transaksi, jual beli, insiden tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, Berita Acara = Record of. Jadi, tergantung jenis berita acara itu sendiri, misalnya:
  • Berita Acara Serah Terima (BAST) dapat diterjemahkan menjadi Record of Transfer
  • Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dapat diterjemahkan menjadi Project Completion Report atau Work Completion Report.
  • Berita Acara Hasil Pembuktian dapat diterjemahkan menjadi Record of Verification
  • Berita Acara Rapat dapat diterjemahkan menjadi Meeting Report
  • Berita Acara Pemeriksaan dapat diterjemahkan menjadi Interrogation Report / Report of Investigation
Baca juga: Perbedaan Surat Edaran dan Memo, Cara Membuat, dan Contohnya

Fungsi Berita Acara



Berita Acara memiliki peran penting bagi sebuah instansi atau pemerintahan. Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi atau tujuan dari berita acara, yaitu:
  • Menjadi bukti legal tertulis atas sebuah transaksi atau peristiwa tertentu.
  • Sebagai keabsahan suatu kegiatan yang telah dilakukan.
  • Sebagai bukti otentik suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas, dan si penerima tugas akan membuktikan bahwa ia menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.


Cara Membuat Berita Acara Secara Umum



Banyak orang yang masih bingung mengenai bagaimana cara membuat sebuah berita acara. Khususnya bagi mereka yang tidak memiliki background dari lulusan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tenang saja, kami akan memberikan langkah-langkah dalam membuat sebuah berita acara yang nantinya bisa dijadikan sebagai bukti otentik suatu kegiatan.

Beberapa macam penyusunan berita acara seperti berita acara peristiwa, serah terima barang/pekerjaan, seminar, pelantikan, kepemilikan, ataupun jual beli suatu barang memiliki format yang hampir sama. Agar apa yang disampaikan di dalam isian berita acara tersebut sesuai dengan kejadian, maka si pembuat berita acara harus mencantumkan poin-poin pentingnya.

Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus tercantum di dalam berita acara.
  1. Semua pihak yang berkepentingan di dalam acara atau kegiatan harus dicatat dengan detail. Pada umumnya terdiri dari nama,  jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat rumah, pekerjaan, jabatan, dan poin-poin lainnya yang sekiranya dapat menambah kevalidan suatu informasi. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor identitas seperti KTP/SIM/NPWP/NIP atau sejenisnya sesuai dengan keterkaitan berita acara kegiatannya.
  2. Pastikan untuk mencantumkan kronologi atau latar belakang yang mencakup waktu kejadian (jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun). Waktu kejadian tersebut harus ditulis dalam bentuk penyebutan kata-perkata.
  3. Pastikan untuk mencantumkan tempat kejadian/peristiwa dilaksanakannya kegiatan tersebut. Ini bisa berupa detail seperti alamat lengkap sampai dengan kode pos.
  4. Sebagai dokumen administrasi resmi, dokumen berita acara harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang berwenang yang terlibat dalam acara tersebut.
  5. Pastikan untuk mencantumkan saksi jika diperlukan untuk menjaga keabsahan berita acara tersebut.
  6. Lebih memperhatikan untuk jenis berita acara serah terima barang, jabatan, dan pekerjaan. Dalam penyusunan berita acaranya, pihak dan mengenai jenis yang akan diserah terimakan harus dijelaskan secara detail.

Membuat berita acara tidak boleh dianggap remeh dan malah asal-asalan. Ini menyangkut profesionalitas kerja. Maka, dalam pembuatnya, kita harus benar-benar memperhatikan poin-poin penting dalam berita acara tersebut.


Cara Membuat Berita Acara Pemeriksaan

Berita Acara Pemeriksaaan adalah naskah dinas yang merinci mengenai adanya temuan pemeriksaan setelah adanya pengaduan resmi yang diajukan kepada pihak yang terkait. Nah, di sinilah penyidik atau pemeriksa mencatat masalah, menganalisis bukti, dan merumuskan kesimpulan. 

Berdasarkan laporan yang dibuat tersebut, pihak pemeriksa tidak diperkenankan untuk memihak kepada siapapun. Berita Acara yang dibuat harus berdasarkan bukti, bukan pada pendapat penyidik atau pihak-pihak yang terlibat.

Berita Acara Pemeriksaan bertujuan untuk membantu penyelidik memastikan penyelidikan yang tepat waktu, lengkap, dan akurat atas adanya laporan dari masyarakat atau organisasi. Nah, langkah cara membuat Berita Acara Pemeriksaan ini adalah sebagai berikut:

  1. Mencantumkan informasi umum tentang subjek investigasi
  2. Menentukan jenis kasus dan mencatat ringkasan laporan pengaduan
  3. Mendokumentasikan bukti fisik dan wawancara hasil investigasi
  4. Membuat kesimpulan
  5. Melengkapi Berita Acara Pemeriksaan dengan tanda tangan.
Adapun contoh Berita Acara Pemeriksaan dalam Bahasa Inggris dapat dilihat pada dokumen di bawah ini:


Contoh Berita Acara Rapat dalam Bahasa Inggris


Berita Acara Rapat adalah naskah dokumen penting yang merinci semua perkembangan dan keputusan yang telah diambil dan dibahas dalam rapat. Tujuan dari pembuatan Berita Acara Rapat dini adalah untuk menindaklanjuti tugas, menyusun laporan dan lain sebagainya.

Dengan adanya dokumen ini maka dengan mudah kamu memberi tahu apa saja yang telah diputuskan dalam rapat kepada rekan kerja yang tidak dapat menghadiri acara rapat tersebut.

Tidak ada pedoman khusus dalam membuat Berita Acara Rapat, namun kamu dapat menggunakan contoh di bawah ini untuk membuat Berita Acara yang baik dan benar.




Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan


Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan adalah naskah dokumen dinas yang dihasilkan setelah penyelesaian proyek. Berita Acara ini menjelaskan secara rinci segala sesuatu yang berkaitan dengan proyek sering digunakan oleh stakeholder untuk menilai keberhasilan proyek. 

Selain digunakan sebagai alat untuk menilai keberhasilan proyek, dokumen berita acara ini juga merupakan alat penting yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi praktik terbaik dalam penyelesaian sebuah proyek sehingga dapat digunakan sebagai panduan untuk proyek-proyek berikutnya.

Menulis Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan tidak sesederhana apa yang terlihat. Terdapat langkah-langkah yang harus diikuti. Langkah-langkah tersebut berhubungan dengan bagian tertentu dari proyek dan harus diikuti sampai akhir untuk hasil yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah untuk membantu kamu menulis jenis berita acara yang satu ini.

1. Menuliskan ikhtisar proyek, termasuk ringkasannya
2. Menjelaskan hasil proyek yang telah diselesaikan
3. Menjelaskan ruang lingkup proyek, jadwal proyek, dan biaya proyek yang telah dihabiskan
4. Menganalisis kinerja proyek, yang meliputi:
  • Sasaran Kerja
  • Kriteria Keberhasilan Kerja
  • Jadwal dan Kinerja Anggaran
5. Menjelaskan aspek-aspek penting dalam proyek
6. Menuliskan garis besar tantangan atau kendala dan risiko yang dihadapi dalam pekerjaan
7. Menuliskan pelajaran yang dapat diambil selama proses penyelesaian pekerjaan
8. Menuliskan saran dan rekomendasi untuk pekerjaan proyek berikutnya



Ini merupakan contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan dalam Bahasa Inggris, silahkan klik pada link berikut Project Completion Report.


14 Contoh Berita Acara Dalam Bentuk Bahasa Indonesia



Nah, untuk memudahkan kamu dalam menyusun berita acara untuk keperluan kantor atau yang lainnya, berikut akan diulas mengenai contoh dari berita acara yang baik dan juga benar.

Contoh-contoh yang akan dipaparkan di bawah ini terdiri dari jenis contoh berita acara serah terima barang, serah terima sebuah pekerjaan, serah terima jabtan (sertijab), berita acara pemeriksaan, berita acara hasil pelelangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, berikut ini secara lengkap kami bagikan contoh berita acara yang selalu digunakan oleh instansi atau masyarakat yang memerlukannya. Jika yang berita acara yang kamu butuhkan tidak ada, silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia. Kami akan membuatkannya.

1. Berita Acara Hasil Pelelangan

Contoh Berita Acara Hasil Pelelangan



2. Berita Acara Hasil Pemeriksaan Administrasi Hasil Pekerjaan
Contoh Berita Acara Hasil Pemeriksaan Administrasi Hasil Pekerjaan



3. Berita Acara Serah Terima Barang
Contoh Berita Acara Serah Terima Barang


4. Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan 

Contoh BAST


5. Berita Acara Rapat Panitia

6. Berita Acara Serah Terima Jabatan

Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab)


7. Berita Acara Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) 
Contoh Berita Acara Penjelasan Aanwijzing


8. Berita Acara Pembukaan Dokumen

Contoh Berita Acara Pembukaan Dokumen Penawaran



9. Berita Acara Pembuktian Kualifikasi

Contoh Berita Acara Pembuktian Kualifikasi


10. Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi

Contoh Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi


11. Berita Acara Pembayaran

Contoh Berita Acara Pembayaran


12. Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan 


Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan (BAPP)


13. Berita Acara Persetujuan
Contoh Berita Acara Persetujuan



14. Berita Acara Kemajuan Pekerjaan






Setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pegawai atau karyawan yang menerima tugas, tentu harus bisa dipertanggungjawabkan kepada atasan. Dengan bukti pertanggunjawaban tersebut, setiap penerima tugas akan membuat berita acara yang berisikan keterangan yang menjelaskan mengenai apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut.

Berita acara tersebut harus dibuat dengan bahasa yang baku, sopan dan rapi. Karena berita acara tersebut berfungsi sebagai bukti valid telah terlaksanakannya suatu kegiatan di luar pekerjaan yang harus diikuti atau pekerjaan yang memang jobdesc-nya si penerima tugas.

Itulah ulasan mengenai pengertian berita acara, fungsi, cara membuat berita acara dan contoh berita acara (versi lengkap). Untuk itu, bagi kamu yang sedang mencari contoh berita acara sebagai pedoman atau referensi, maka kamu sudah berada pada situs yang tepat.

3 Responses to "Contoh Terlengkap Berita Acara [Bahasa Indonesia dan Inggris] dan Cara Membuatnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kalo misal berita acara untuk kegiatan sosial seperti apa tolong dibuatkan contohnya

    ReplyDelete
  3. kalo contoh untuk berita acaara kesanggupa menyelesaikan perbaikan bangunan ada

    ReplyDelete