9 Inspirasi Pagar Rumah Industrial

Saat ini, banyak orang yang mencari tampilan rumah yang berbeda dan unik. Salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah dengan memilih gaya arsitektur rumah industrial. Konsep ini biasanya digunakan untuk bangunan komersial seperti kantor, kafe, atau restoran, tetapi kini semakin populer untuk digunakan pada rumah tapak atau rumah tinggal.


Salah satu elemen penting dalam desain rumah industrial adalah pagar. Pagar rumah industrial tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, tetapi juga menjadi elemen pendukung untuk tampilan fasad yang lebih baik. Meskipun desain pagar rumah industrial umumnya terbuat dari besi dan berwarna hitam, tetapi sebenarnya ada banyak material dan warna lain yang bisa kalian pilih.





9 Inspirasi Pagar Rumah Industrial


Berikut ini beberapa pilihan model pagar rumah industrial yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat pagar rumahmu:

1. Pagar Rumah Industrial Minimalis



Untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada rumah minimalis, kamu bisa mempertimbangkan untuk memasang pagar bergaya modern yang sesuai dengan konsep rumahmu.


Pagar bergaya modern memiliki desain yang simple dan minimalis, tetapi tetap memberikan kesan mewah dan elegan pada rumah. Salah satu jenis pagar modern yang populer adalah pagar lipat dengan perpaduan plat besi serta wiremesh. Pagar ini memberikan tampilan yang unik dan berbeda dari pagar-pagar konvensional, dan juga memberikan kesan modern dan elegan pada rumah.


Selain itu, kamu juga bisa menambahkan nomor rumah pada pagar tersebut, sehingga membuat rumahmu terlihat semakin berbeda. Nomor rumah pada pagar bisa dibuat dari bahan stainless steel, plat besi, atau acrylic, tergantung dari selera dan kebutuhanmu.


Baca juga: Katalog Produk Pagar Stainless Steel Paling Banyak Diminati

2. Pagar Industrial Besi Hitam dan Putih yang Elegan



Fasad rumah industrial biasanya memiliki bentuk yang khas dengan garis-garis yang menonjolkan struktur bangunan dan memberi kesan modern.


Untuk melengkapi tampilan fasad yang khas, pagar rumah juga perlu diperhatikan. Pagar besi hitam dan putih adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi rumah industrial modern ini. Warna hitam digunakan untuk mewarnai area luar sedangkan bagian tengah pagarnya diberi warna putih membentuk desain tertentu.


Selain warna, ketinggian pagar juga harus diperhatikan untuk memberikan kesan tinggi dan ramping pada pagar. Pagar industrial umumnya memiliki ketinggian lebih dari 2 meter sehingga memberikan kesan yang kokoh dan tegak.


3. Pagar Industrial Abu-Abu dan Hitam Bermotif




Gaya desain pagar yang selanjutnya adalah pagar industrial dengan kombinasi warna hitam dan abu-abu.

Pagar industrial hitam dan abu-abu sangat cocok untuk rumah dengan desain modern dan minimalis. Pagar ini memberikan kesan yang kuat dan kokoh, namun tetap elegan dan tidak terlalu berlebihan. Desain ini banyak digunakan untuk rumah-rumah bergaya urban yang sering dijumpai di kota besar.

Meskipun bertemakan industrial, kamu tetap bisa menggunakan desain pagar bermotif. Umumnya, pagar besi berwarna hitam dan hanya pagar temboknya saja yang berwarna putih. Namun, kini kamu juga bisa menghadirkan pagar berwarna abu-abu yang akan memberikan kesan elegan dan modern pada rumahmu.


4. Model Pagar Industrial Dengan Dinding Roster


Roster digunakan untuk menghalangi sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam rumah. Selain itu, material bangunan ini juga dapat digunakan sebagai material eksterior rumah industrial.


Salah satu cara untuk memadukan pagar besi dengan tembok roster adalah dengan memilih jenis roster yang tepat. Saat ini, terdapat beragam jenis roster yang tersedia, termasuk roster berwarna merah bata yang dapat membuat eksterior rumah kamu menjadi lebih menarik.


Namun, perlu diingat bahwa roster tanah liat mempunyai kekurangan yaitu warnanya cenderung mudah memudar karena sering terkena sinar matahari. Hal ini dapat menurunkan estetika desain pagar industrial. Sehingga, kamu perlu melakukan beberapa perawatan ekstra untuk menjaga agar warna roster tetap terlihat indah.

Jika tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan roster cor-coran seperti pada gambar desain di atas.


5. Pagar industrial kombinasi dinding semen



Tembok semen memberikan tampilan yang sederhana, minimalis, dan modern pada fasad rumah. Warna terang yang dimilikinya juga memberikan kesan adem pada hunian. Namun, agar tidak terlalu monoton, kamu bisa memadukan tembok semen dengan pagar wire mesh berwarna hitam.

Pagar wire mesh sendiri terbuat dari bahan besi yang dipadukan dengan kawat halus. Selain tahan lama, pagar ini juga memberikan kesan yang kuat dan kokoh pada rumah. Dengan memilih warna hitam, kamu bisa menampilkan kesan modern dan elegan pada fasad rumah industrial kamu.

Kombinasi tembok semen dan pagar wire mesh juga memberikan kemudahan dalam perawatannya. Tembok semen sendiri tidak memerlukan banyak perawatan, sedangkan pagar wire mesh hanya perlu dibersihkan dengan air dan sabun untuk menjaga kebersihannya.



6. Desain Pagar Industrial Tinggi Lipat



Model pagar industrial berikutnya adalah pagar tinggi model lipat. Pagar ini memiliki pola papan besi persegi panjang yang memberikan kesan megah. 

Desain rumah industrial dengan pagar tinggi model lipat ini bisa menjadi spot yang instagramable. Kamu dapat mengambil foto di depan pagar ini dan memamerkannya di media sosial sebagai bukti dari keunikan rumahmu.

Selain itu, model pagar ini juga praktis dan mudah dalam perawatannya. Pagar tinggi model lipat memudahkanmu untuk membersihkan area halaman dan menjaga taman agar tetap rapi. Dengan pagar tinggi, juga memberikan keamanan dan privasi yang lebih baik bagi keluargamu.


7. Pagar industrial kombinasi bata merah



Pagar ini memberikan kesan gabungan antara gaya modern dan klasik yang identik dengan retro. Warna merah bata yang klasik dan natural dikombinasikan dengan gaya industrial yang modern, membuat pagar ini terlihat elegan dan unik.


Selain memberikan kesan estetik yang menarik, pagar industrial dengan kombinasi bata merah juga sangat tahan lama dan mudah dalam perawatannya. Material bata merah memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu, sehingga pagar dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.


Untuk memaksimalkan tampilan rumah, kamu dapat menambahkan beberapa tanaman hijau di sekitar pagar. Tanaman hijau dapat memberikan kesan alami dan menyegarkan pada tampilan rumah. Beberapa tanaman hijau yang dapat ditanam di sekitar pagar adalah monstera, pohon kelapa, atau tanaman merambat.


8. Pagar industrial kombinasi dengan pagar tanaman



Konsep pagar industrial yang dikombinasikan dengan pagar tanaman sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki halaman teras yang asri, hijau, dan sejuk. Tema utama pada konsep pagar industrial yang asri ini adalah pagar berwarna hitam dengan kombinasi taman hijau dan batu kerikil berwarna coklat. Dengan adanya pagar ini, kamu dapat memperindah halaman teras rumah kamu, serta menjaga keamanan dan privasi.


Agar tema pagar industrial kombinasi dengan pagar tanaman berhasil, kamu memerlukan halaman yang luas. Kamu dapat memanfaatkan halaman yang luas untuk menghiasi area tersebut dengan tanaman atau rumput. Kamu bisa memilih tanaman hijau yang memiliki warna dan bentuk yang berbeda-beda, seperti pohon cemara, pohon bambu, pohon palem, dan lain sebagainya. Pohon-pohon ini dapat membuat tampilan pagar industrial dan halaman teras kamu lebih hidup dan menarik.


Selain itu, kamu juga bisa menambahkan batu kerikil atau batu-batu besar di sekitar pagar untuk memberikan kesan yang lebih alami dan asri. Selain memberikan efek estetik, batu kerikil juga dapat membantu menjaga kelembapan tanah dan mempermudah proses perawatan taman.

0 Response to "9 Inspirasi Pagar Rumah Industrial"

Post a Comment