Ide Dan Jenis Konstruksi Tangga Melayang

Konstruksi tangga melayang, atau yang dikenal juga dengan nama "floating stairs" adalah pilihan desain tangga modern yang sedang populer di kalangan arsitek dan desainer interior. Dengan tampilan yang elegan dan unik, tangga melayang memberikan kesan minimalis dan kontemporer pada ruangan yang menampilkannya.


Konstruksi tangga melayang dirancang untuk memberikan tampilan yang "melayang" di udara, dengan tidak ada penopang atau tiang yang jelas terlihat. Untuk mendapatkan tampilan seperti ini, biasanya tangga melayang menggunakan tangga dengan balok baja atau kaca yang diletakkan di antara dinding. Tangga juga bisa diletakkan pada sebuah meja atau lemari, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih dramatis.


Keunggulan Konstruksi Tangga Melayang


Tampilan yang minimalis dan modern dari tangga melayang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan desain yang kontemporer. Namun, tangga melayang juga dapat menjadi sentuhan yang menarik pada rumah tradisional, karena dapat memberikan tampilan yang kontras dan unik.

Tangga melayang bukan hanya menarik secara estetika, tetapi juga memberikan keuntungan fungsional. Dengan tidak adanya penopang, tangga melayang memberikan ruang yang lebih terbuka, dan memungkinkan cahaya dan udara untuk mengalir dengan lebih mudah. 

Selain itu, tangga melayang juga memberikan ruang di bawahnya yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang kosong, atau untuk meletakkan barang-barang dekoratif.


Ide Dan Jenis Konstruksi Tangga Melayang

Desain interior rumah yang menarik dan modern adalah impian banyak orang. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang berbeda di dalam rumah Anda adalah dengan menambahkan tangga melayang. Tangga melayang adalah jenis tangga yang dirancang dengan stringer tersembunyi sehingga memberikan kesan tangga melayang di udara. Berikut ini adalah beberapa inspirasi konstruksi tangga melayang yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.


1. Tangga Mono Stringer




Tangga jenis mono stringer ini dirancang dengan stringer tunggal di tengah untuk menopang setiap tapak tangga. Biasanya, stringer ini terbuat dari logam dengan braket yang dilas. Namun, beberapa tangga jenis ini juga bisa terbuat dari kayu. 

Stringer bukanlah fitur utama dari tangga ini sehingga warnanya biasanya netral untuk menonjolkan tapak dan memberikan kesan tangga melayang yang lebih menonjol.


Salah satu keuntungan utama dari tangga mono stringer adalah fleksibilitasnya dalam menyesuaikan dengan kondisi lokasi pembangunan. Jenis tangga ini memiliki beberapa opsi desain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa opsi desain yang umumnya tersedia:


  • Straight

Tangga ini berjalan langsung dari bawah ke atas tanpa ada tikungan atau sudut. Opsi desain ini paling sederhana dan paling umum.


  • L Shape

Tangga jenis ini memiliki tikungan 90 derajat pada titik tertentu, sehingga menciptakan bentuk huruf L. Opsi ini cocok untuk ruang dengan area terbatas.


  • U Shape

Tangga ini berliku dengan sudut 180 derajat di titik tertentu, sehingga membentuk bentuk U. Opsi ini cocok untuk ruang yang lebih besar dan lebih luas.


  • Quarter Turn

Tangga jenis ini memiliki tikungan sebesar 90 derajat, namun pada sudut yang lebih lembut. Dengan begitu, tangga akan membentuk bentuk melengkung yang lebih halus.


  • Half Turn

Tangga jenis ini memiliki tikungan sebesar 180 derajat, seperti tangga U-Shape, namun tikungan ini lebih lembut sehingga menghasilkan bentuk yang lebih melengkung.


  • Closed Riser

Tangga jenis ini memiliki langkah-langkah yang tertutup, sehingga memberikan kesan solid dan modern. Tangga jenis ini juga lebih aman karena tidak ada celah antara langkah-langkah.


  • Open Riser

Tangga jenis ini memiliki langkah-langkah yang terbuka, sehingga menciptakan kesan yang lebih terbuka dan modern. Tangga jenis ini sering digunakan dalam desain minimalis.


2. Konstruksi Tangga Melayang Stringer Ganda



Jenis tangga ini menggunakan dua stringer tersembunyi untuk menopang setiap tapak. Tangga jenis ini cocok digunakan jika tapak tangga Anda berukuran ekstra lebar atau jika tangga memiliki banyak tapak. Logam atau kayu biasanya menjadi bahan baku yang sering digunakan dalam pembuatan tangga jenis ini.


3. Tangga Melayang dengan Konstruksi Cantilever/Kantilever




Tangga kantilever dirancang dengan tapak yang menjorok keluar dari dinding. 

Tangga cantilever dibuat untuk memiliki tampilan tangga yang terlihat mengapung di udara tanpa dukungan.Struktur dukungan baja dan stringer dapat disembunyikan di dinding atau dibiarkan terbuka sehingga menciptakan tampilan yang rapi atau industri. Stringer dan struktur baja biasanya terletak di salah satu ujung tatakan. 

Memahami beban dukungan yang dibutuhkan pada tatakan sangat penting untuk merancang sistem tangga cantilever yang dirancang dengan baik untuk meminimalkan kelengkungan. 

Setelah dipasang, dinding akan melapisi penyangga ini untuk memberikan kesan tangga melayang yang elegan.


4. Tangga Melayang Berbalik Arah



Berbeda dengan tangga konvensional yang lurus, tangga melayang berbalik arah didesain dengan dua arah yang terbalik. Pada ketinggian tertentu, tangga ini tidak hanya berbelok arah tapi berbalik arah dari arah datang. Hal ini membuat tampilan tangga menjadi lebih menarik dan unik.

Konstruksi tangga melayang yang satu ini tidak hanya cocok untuk rumah mewah, namun juga cocok jika diterapkan untuk kantor kekinian, tempat-tempat publik seperti restoran, cafe, dan lain sebagainya.


5. Tangga Melayang Bercabang





Konstruksi tangga melayang bercabang adalah salah satu jenis tangga yang memberikan kesan megah dan mewah pada bangunan. Dalam hal ini, tangga ini biasanya dipilih untuk bangunan atau rumah besar, seperti rektorat atau hotel. Tangga bercabang juga dikenal sebagai tangga model "Y" karena menyerupai huruf Y.


Pada tangga bercabang, terdapat bordes yang cukup luas dan bahkan bisa difungsikan sebagai ruangan tertentu. Desainnya dibuat naik dari bawah dan pada area bordes, arah tangga dibuat bercabang ke kiri dan ke kanan. Bordes pada bagian tangga ini juga dapat difungsikan sebagai lantai mezzanine, yang menghubungkan bedanya antar ruangan.


Tangga melayang bercabang memberikan keuntungan utama dalam hal fungsionalitas dan estetika. Dalam hal fungsionalitas, tangga ini memberikan ruang yang lebih luas di bawahnya yang dapat digunakan sebagai ruang gudang atau bahkan ruangan lainnya. Selain itu, dengan adanya bordes yang luas, tangga ini juga dapat digunakan sebagai ruang santai, ruang tunggu, atau bahkan ruang pertemuan.


Dalam hal estetika, tangga melayang bercabang memberikan kesan yang mewah dan megah pada bangunan. Selain itu, tangga ini juga memberikan pengalaman visual yang unik dan menarik bagi orang yang melihatnya. Tangga melayang bercabang ini dapat dirancang dengan berbagai bahan dan gaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik bangunan.


6. Konstruksi Tangga Melayang Berbelok




Tangga melayang berbelok adalah salah satu jenis tangga yang memiliki desain unik dan menarik. Tangga ini terlihat seperti huruf L yang berbelok pada ketinggian tertentu, sehingga memberikan kesan unik dan elegan pada bangunan.


Tangga model L ini sangat cocok untuk hunian minimalis modern, karena tidak memakan banyak tempat dan mudah dipadukan dengan desain interior yang sederhana. Selain itu, tangga ini juga bisa menjadi elemen dekorasi yang menarik dengan pemilihan bahan dan warna yang tepat.


Konstruksi tangga melayang berbelok pada umumnya terdiri dari balok-balk beton atau besi yang menjadi dasar tangga, serta dilengkapi dengan pegangan atau railing yang menempel pada dinding. Tangga ini juga bisa dibuat dengan tambahan glass pada setiap tangga, sehingga memberikan kesan modern dan elegan pada bangunan.


Tangga melayang bisa menjadi fitur menarik di dalam rumah Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa tangga jenis ini membutuhkan desain yang benar-benar kuat dan tahan lama. Konsultasikan dengan ahli konstruksi yang berpengalaman untuk memastikan bahwa desain tangga melayang yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

0 Response to "Ide Dan Jenis Konstruksi Tangga Melayang"

Posting Komentar