10 Contoh Pengaplikasian Warna Cat Hijau Pastel Pada Ruangan Rumah

Tiap warna cat mampu memberi nuansa tersendiri pada sebuah ruangan. Seperti halnya warna cat hijau pastel yang bisa menampilkan suasana alam nan damai, asri, dan adem. Penghuni maupun tamu yang sedang berada di ruangan dengan cat tembok warna pastel ini, pastinya akan merasa lebih rileks. 

Namun, kamu juga tetap harus berhati-hati karena jika seluruh ruangan diberi warna cat hijau pastel, tentunya akan sangat monoton dan membosankan. Solusinya, harus dikombinasikan dengan warna cat lain, itupun tidak semua cocok dengan warna cat hijau pastel.

Nah, jika kamu sedang mencari inspirasi pengaplikasian warna cat hijau pastel pada sebuah ruangan, sebaiknya tuntaskan membaca artikel di bawah ini, ya.




Apa itu Warna Hijau Pastel?


Hijau pastel atau turquoise merupakan perpaduan warna yang dihasilkan dari campuran dua warna dasar yang menghasilkan warna hijau, yaitu biru dan kuning, yang selanjutnya warna hijau tersebut dicampur  dengan warna putih. Jadi, kombinasi tiga warna berupa warna biru, kuning, dan putih akan menghasilkan hijau pastel.


Keunggulan Ruangan yang Memiliki Warna Hijau Pastel


Warna hijau pastel menggambarkan keindahan alam dengan segala isinya. Dengan warna yang memiliki karakter tersendiri tersebut, membuat warna cat hijau pastel memiliki beberapa keunggulan ketika diaplikasikan pada sebuah ruangan, yaitu:


1. Cocok untuk semua umur

Ruangan yang menggunakan warna cat hijau pastel bisa pas untuk semua kalangan umur, baik mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Meskipun warna ini seperti warna pink yaitu mampu memberikan kesan lembut, namun warna hijau pastel ini cocok baik untuk laki-laki maupun perempuan.


2. Cocok untuk diaplikasikan pada semua jenis ruangan

Kelebihan berikutnya dari warna cat hijau pastel adalah cocok diaplikasikan di berbagai ruangan, mulai dari kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, hingga dapur.

3. Ruangan terlihat modern, elegan dan minimalis

Warna elegan tidak selalu identik dengan perpaduan warna antara putih dan kuning, putih dan hitam, hitam dan emas. Akan tetapi, perpaduan warna tertentu dengan warna hijau pastel juga mampu memberikan nuansa modern, elegan dan minimalis.


4. Membawa suasana tenang, dan damai

Selain modern, elegan dan minimalis, warna cat hijau pastel juga dapat memancarkan kesan tenang dan damai. Kesan tenang dan damai tersebut timbul karena beberapa pemandangan alam memiliki warna warna yang cerah seperti warna hijau pastel ini. Oleh karena itu, warna ini sangat pas ketika digunakan untuk menenangkan diri, seperti kamar tidur. Tidak hanya itu, warna cat hijau pastel juga cocok untuk ruang belajar, perpusatkaan, ruang kerja, ruang tamu, ruang makan, dan lain sebagainya.


Contoh Pengaplikasian Warna Cat Hijau Pastel Pada Ruangan Rumah


Apabila ingin mendapatkan kesan  fresh, damai dan sejuk, tidak ada salahnya untuk mulai mengganti warna cat menjadi hijau pastel. Tidak hanya itu, ruangan juga menjadi tampak istimewa dengan tampilan yang menyenangkan, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:


1. Untuk ruang tamu




Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang harus selalu nampak menarik karena menjadi tempat berkumpulnya teman, sahabat, atau saudara ketika berkunjung. Oleh karena itu, pemilihan warna cat dinding ruang tamu haruslah diperhatikan untuk menampilan ruang yang indah dan menarik.

Cat tembok warna pastel hijau inilah yang bisa kamu jadikan salah satu pilihannya. Permukaan dinding akan terlihat lembut dan cerah yang identik dengan alam. Untuk memberikan tampilan yang maksimal, kamu bisa memilih beberapa furnitur dan aksesoris rumah berwarna biru dongker, putih, kuning dan coklat seperti yang tampak pada gambar di atas.

Sementara itu, pada bagian plafon, kamu bisa memilih cat berwarna putih untuk memberikan kesan bersih.

2. Warna Cat Hijau Pastel Kamar Tidur



Warna cat hijau pastel sangat pas diaplikasikan untuk kamar tidur yang ingin tampilannya berkesan elegan dan fresh. Warna yang terkenal mampu memberikan suasana segar ini tentu akan membuat tidur semakin nyenyak dan ketika bangun tidur bisa langsung semangat.

Supaya tampilannya makin menarik, padankan hijau pastel dengan ranjang tidur dan aksesoris di dalam kamar dengan warna-warna putih. Dua kombinasi warna tersebut terkesan minimalis sehingga dapat mendukung kesan ketenangan dari warna cat dinding utama.


3. Untuk Dinding Tangga



Cat tembok warna hijau pastel di atas diaplikasikan pada salah satu sisi dinding tangga yang memanjang. Ketika dilihat dan menaiki tangga tersebut, tampilannya sangat menawan, seperti menciptakan efek bagaikan sedang menaiki langit.

Sementara itu, bidang dinding lainnya pada tangga yang paling atas menggunakan warna putih. Ini layaknya seperti awan yang sangat cocok dipadukan dengan tangga bermaterial kayu warna cokelat. 

Untuk memberikan kesan modern dan elegan, kamu bisa menambahkan lampu dinding pada dinding tangga tersebut. Kombinasi warna dan juga aksesoris berupa lampu dinding tersebut mampu memberikan tampilan ruangan mahal dan menawan secara keseluruhan.


4. Untuk ruang belajar atau ruang kerja


Sebagaimana telah disebutkan di atas, warna hijau pastel mampu menenangkan mata penglihatnya. Oleh karenanya, sangat pas ketika diaplikasikan pada ruang belajar atau ruang kerja. Mengingat kedua aktivitas tersebut membuat mata menjadi lelah.

Kesan cat tembok warna hijau pastel ini bisa manis, namun juga sedikit maskulin. Tembok pada desain ruang belajar/kerja ini sendiri sudah menawan. Dengan demikian, kamu tidak perlu menambah aksesoris dinding yang banyak. Mungkin cukup dengan menambahkan sejenis pot untuk meletakkan tanaman merambat agar ruangan lebih teras sejuk.


5. Untuk Ruang Keluarga




Warna cat hijau pastel merupakan salah satu warna yang masuk dalam kategori warna netral. Warna ini tidak terlalu sulit untuk dipadupadankan dengan warna atau aksesoris lain. Kamu pun bisa menggunakan kombinasi warna hijau pastel dengan lantai berwarna coklat, dan juga furnitur seperti sofa berwarna hijau lumut atau hijau kecokelatan. 


6. Desain Perpustakaan Rumah



Perpustakaan rumah merupakan tempat yang nyaman untuk digunakan sebelum berangkat bekerja sambil membaca buku-buku terbaru. Untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan tenang, kamu bisa mengaplikasikan warna cat hijau pastel ini di ruang perpustakaan minimu ini.

Warna hijau pastel ini cocok dikombinasikan dengan warna putih yang ada pada rak buku agar nuansa ruangan semakin terasa segar. Tambahkan sofa yang berwarna senada yaitu putih dan hijau pastel untuk menyeimbangkan warna hijau agar tidak terkesan terlalu mencolok.


7. Ruang Makan



Pilihlah warna cat hijau pastel yang terkesan “ringan” pada salah satu dinding menuju ruang makan. Dengan begitu, saat kamu masuk ke ruang makan tersebut, kamu masih bisa melihat ruangan yang terlihat nyaman dan tidak memusingkan mata. Percantik tampilan ruang makan dengan beberapa aksen warna putih agar terlihat seimbang dengan furnitur kursi dan meja makan yang terbuat dari kayu.


8. Dapur



Warna hijau pastel sendiri identik dengan warna alam, sehingga sangat cocok untuk warna latar belakang dapur. Seperti yang tampak pada kitchen set di atas.

Kombinasi warna cat hijau pastel dan lantai keramik abu-abu ini bisa diaplikasikan agar dapur nampak selalu bersih. Agar lebih menarik, pada sisi dekat meja makan, tembok dicat dengan warna putih sehingga dapur ini tidak memberikan kesan gloomy.


9. Warna Cat Hijau Pastel dengan Tekstur atau Motif Pada Dinding



Cat tembok warna hijau pastel berikutnya ini tidak hanya manis dan menawan, akan tapi juga bisa tampil mewah. Desain cat ini memiliki motif dan bertekstur sehingga sangat cocok untuk tampilan ruang tamu pada rumah hunian, atau ruang loby pada hotel.

Baca juga: 8 Ide Motif Cat Tembok Kotak Mulai dari yang Sederhana Sampai Futuristik

Tambahkan kursi mini pada sisi kanan dan kiri meja seperti yang tampak pada gambar di atas. Tambahkan juga pot tanaman dan juga lampu yang diletakkan di atas meja. 

Desain ruangan ini akan nampak simpel, tapi sangat mewah dan elegan.


10. Kamar Mandi dengan Warna Cat Hijau Pastel


Menghadirkan kesan elegan lewat cat hijau pastel juga bisa lewat padanan antara warna dan juga wallpaper dinding. Misalnya di ruang kamar mandi ini, hijau pastel dipadankan dengan wallpaper floral dan fauna berwarna emas sehinggan nampak senada. Dengan begitu tampilan kamar mandi kering ini tidak monoton dan jauh dari kesan murahan.

Itulah ulasan megenai contoh pengaplikasian warna cat hijau pastel pada sejumlah ruangan. Masing-masing kombinasi warna cat hijau pastel dengan warna lainnya mampu memberikan perannya sendiri untuk menghadirkan nuansa tertentu di dalam sebuah hunian. Nah, manakah dari contoh di atas yang ingin kamu terapkan di hunianmu?

0 Response to "10 Contoh Pengaplikasian Warna Cat Hijau Pastel Pada Ruangan Rumah"

Post a Comment