Ukuran Genteng Tanah Liat Berdasarkan Jenis dan Merknya

Rumah merupakan tempat untuk berteduh. Oleh karenanya dibuatlah atap. Jenis atap yang dipilih bisa beraneka ragam. Salah satunya adalah genteng tanah liat yang memiliki cukup banyak merk di pasaran.

Sebelum membelinya, kamu harus memastikan untuk memilih ukuran genteng tanah liat yang sesuai. Karena nantinya dengan ukuran tersebut, kamu bisa mengetahui jumlah kebutuhannya.





Ukuran Genteng Tanah Liat Berdasarkan Jenis dan Merknya


Genteng tanah liat merupakan salah satu jenis genteng yang banyak dipilih oleh masyarakat sebagai bahan penutup atap. Proses pembuatannya yang cukup panjang, yaitu dibuat dari campuran tanah liat yang kemudian dibakar dengan suhu tinggi, membuat jenis genteng ini kuat, awet, dan tahan api.

Sebagaimana telah disinggung di atas, genteng tanah liat memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis dan ukuran genteng tanah liat:


1. Ukuran Genteng Gelombang

Jenis genteng gelombang ini memiliki ukuran panjang 33 cm, lebar 25 cm, tebal 1,5 cm, dan jarak reng 29 cm. Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan sebanyak 16 buah genteng gelombang untuk membuat atap per meter perseginya.

2. Ukuran Genteng Baseke

Ukuran genteng tanah liat berikutnya adalah genteng yang terbuat dari bahan pilihan, yaitu gentengh baseke. Genteng ini memiliki ukuraan pajang 36.5 cm, lebar 27 cm, tebal 2 cm, dan jarak antar reng sebesar 31 cm. Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan genteng baseke sebanyak 13 buah untuk membuat atap per meter perseginya.

3. Ukuran Genteng Flat

Genteng flat memiliki beberapa merk dengan ukuran masing-masing adalah:

  • Merk Napoli


Standar ukuran genteng flat merk Napoli ini memiliki panjang body yaitu 32 cm, lebar 24 cm, dengan jarak rengnya adalah 25,2 cm. Dengan berat 1,8kg, genteng flat ini terlalu berat ketika dijinjing.

  • Merk Genteng Alto

Genteng Alto memiliki ukuran 24.5 cm yang dilengkapi dengan sistem sambungan interlock. Cara memasangnya dengan model zig-zag agar tampilannya rapi. Pemasangan genteng flat dengan model zig-zag ini juga mampu melindungi bangunan dari kebocoran.

Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan genteng Alto sebanyak 21 buah untuk membuat atap per meter perseginya.


  • Merk Genteng Piatto


Standar ukuran genteng tanah liat model flat berikutnya adalah merk Piatto yang memiliki panjang  40 cm dan lebar 26 cm. Jarak reng genteng ini sekitar 32 cm. Berat genteng Piatto bisa mencapai 3,3 kg per buahnya. 

Sedangkan dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan genteng Piatto sebanyak 15 buah disertai oleh sistem sambungan double interlock untuk membuat atap per meter perseginya. 

Jika kamu ingin mendirikan bangunan dengan desain minimalis modern, maka jenis genteng ini sangatlah pas.


  • Merk Italy dari Bisma Karang Pilang

Standar ukuran genteng tanah liat merk Italy adalah memiliki panjang  29.5 cm, lebar 22 cm, dan dengan tebal 12mm. Berat genteng merk Italy bisa mencapai 1,7 kg per buahnya.

Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan genteng Italy sebanyak 20 buah untuk membuat atap per meter perseginya.


  • Genteng ABADI – Fidesienne

Ukuran genteng tanah liat Fidesienne ini memiliki panjang body 40 cm, lebar 26 cm, dengan jarak reng sebesar 32cm. Ukuran tersebut membuat genteng ini tampak lebih besar jika dibandingkan dengan genteng tanah liat lainnya. 

Dalam proses pemasangannya menggunakan sistem sambungan double interlock dengan sudut kemiringan minimal 30 derejat. Untuk menciptakan penutup atap genteng ini dibutuhkan 15 buah genteng Fidesienne per meter perseginya.


4. Genteng Mantili


Jenis genteng Mantili ini memiliki ukuran panjang 32.5 cm, lebar 23 cm, tebal 1.5cm,  dan dengan jarak reng 27 cm. Uniknya, genteng ini termasuk kedalam kategori genteng polos sehingga membuat tampilan fasad rumah terlihat minimalis.


5. Genteng Garuda

Ukuran genteng tanah liat berikutnya adalah merk genteng Garuda yang memiliki panjang 32 cm, lebar 24 cm, dengan tebal 2/2.5 cm, dan dengan jarak reng 26 cm. Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan sebanyak 18 buah genteng Garuda untuk membuat atap per meter perseginya.


6. Wuwung


Sesuai dengan namanya, genteng ini digunakan sebagai wuwungan pada bagian atas atap. Proses pengolahannya, genteng ini dicetak menggunakan mesin press dengan tekanan sangat tinggi. Fungsi genteng ini adalah untuk meminimalisir terjadinya rembes apabila kena hujan.

Jenis genteng tanah liat wuwung ini adalah memiliki panjang 32 cm, lebar 19 cm, dengan jumlah per meternya adalah 4 pcs.


7. Genteng Prentul/Kodok


Jenis genteng prentul/kodok ini memiliki ukuran panjang 28.5 cm, lebar 21 cm, tebal 1.3 cm, dan dengan jarak reng 23 cm. Dengan ukuran tersebut, kamu membutuhkan sebanyak 23 buah genteng kodok untuk membuat atap per meter perseginya.

Sementara itu, berat genteng prentul/kodok yang terbuat dari tanah liat ini adalah 1.8kg/bijinya.

Demikianlah ulasan mengenai ukuran genteng tanah liat yang penting untuk kamu ketahui sehingga nantinya genteng yang dipilih mampu menciptakan atap rumah yang aman, anti bocor, dan terlihat menarik dan rapi.

0 Response to "Ukuran Genteng Tanah Liat Berdasarkan Jenis dan Merknya"

Post a Comment