4 Jenis Kapasitas Bus Pariwisata yang Siap Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Bepergian bagi sebagian orang memanglah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ada yang suka solo traveling namun tidak sedikit yang suka melakukan perjalanan secara berkelompok. Nah, untuk berpergian secara berkelompok, terdapat alternatif yaitu dengan menggunakan bus pariwisata.

Jenis kapasitas bus pariwisata cukup beragam dan bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Nah, sebelum menyewanya, ketahui dahulu berapa kapasitas penumpang yang bisa dimuat agar perjalanan nyaman.

Sebagai ilustrasi, Anda ingin melakukan perjalanan wisata ke kota Malang dengan membawa 30 orang penumpang. Maka jenis bus yang bisa dipilih adalah 1 buah bus berukuran medium atau 2 jenis mini van bus.


Via IG @fcbcndra


Keunggulan Menggunakan Bus Pariwisata


Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda memilih untuk menyewa bus pariwisata, diantaranya adalah:


1. Kapasitas Lebih Besar

Dibandingkan menggunakan mobil pribadi, kapasitas bus pariwisata memiliki jumlah tempat duduk yang lebih banyak.


2. Lebih Menyenangkan Berwisata Bersama-sama

Keunggulan berikutnya dengan memilih untuk menggunakan bus pariwisata adalah penumpang akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berada di perjalanan. 

Dengan kapasitas seat yang cukup membuat penumpang lebih leluasa ketika bergerak. Apalagi barang bawaan bisa diletakkan di bagasi atau tempat penympanan yang terpisah dengan tempat duduk penumpangnya.

Selain itu, interior yang ada di dalam bus juga memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi penggunanya. 


3. Harga Terjangkau


Harga sewa bus bisa dikatakan lebih terjangkau jika dibandingkan mobil keluarga yang tidak bisa mengangkut banyak orang.

Dengan banyaknya jumlah penumpang di dalam bus, masing-masing penumpang membayar tempat duduknya sendiri.

4. Aman Saat Di Perjalanan

Untuk memastikan keamanan perjalanan, sebaiknya Anda menyewa bus yang kondisinya masih baru atau terawat. Selain itu, pastikan untuk memilih supir yang berpengalaman dan profesional. 

Sebelum pemberangkatan, cobalah untuk menanyakan apakah mesin bus telah dilakukan pemeriksaan untuk menghindari terjadinya mogok di tengah jalan.


Jenis Bus Pariwisata Berdasarkan Kapasitasnya





Ada beragam jenis bus dengan kapasitas tempat duduk yang berbeda-beda jumlahnya, yaitu:


1. Mini Van


Jenis kapasitas bus pariwisata yang pertama adalah mini van. Mini van ini memang didesain khusus unyuk digunakan para traveller.

Interior yang ada di dalam mini bus ini cukup lengkap sehingga sangat cocok untuk dijadikan transportasi untuk kegiatan pariwisata.

Kapasitas mini van bus pariwisata ini adalah 15 kursi.


2. Medium Bus

Ukuran medium bus ini adalah 3/4 dari bus kapasitas paling besar. Apabila kapasitas bu pariwisata yang Anda butuhkan tidak terlalu besar karena penumpang yang tidak terlalu banyak maka bisa memilih jenis bus yang satu ini.

Kapasitas bus pariwisata berukuran medium ini memiliki jumlah seat yang bervariasi mulai dari 25, 27, 29, 31, dan/atau 35. Sedangkan untuk tata letak kursinya adalah 2-2 yaitu 2 dibaris kanan dan 2 dibaris kiri.


3. Junior Bus

Junior Bus merupakan produk bus pariwisata terbaru hasil dari upgrade medium bus. Kapasitas junior bus ini adalah 39 tempat duduk. 

Body dari Junior Bus ini lebih panjang dari Medium Bus, dengan tatanan interior tempat duduk 2-2.

4. Big Bus


Big Bus atau yang sering kita sebut sebagai Bus Besar memiliki kapasitas maksimal hingga 59 seats. Sedangkan kapasitas kursi lainnya pada jenis bus pariwisata yang satu ini adalah 48 seats. 

Terdapat dua jenis formasi tempat duduk pada Big Bus ini. Formasi pertama adalah kursi 3-2 dengan maksimal kursi 59 atau sering disebut sebagai bus kelas ekonomi. Sedangkan formula tempat duduk yang kedua adalah kursi 2-2 dengan maksimal kursi 48. 

Pada konfigurasi kursi 2-2 inilah biasanya Big Bus akan lebih nyaman, apalagi jumlah penumpangnya cukup banyak, tentu saja Anda membutuhkan ruang yang cukup lenggang saat berada di dalamnya.

Nah itulah jenis-jenis bus bus pariwisata berdasarkan kapasitas penumpang. Setelah mengetahui kapasitas bus pariwisata yang dibutuhkan, Anda juga harus tahu medan atau jalan yang akan dilalui. Karena tidak semua infrastruktur jalan yang ada di Indonesia bisa dilalui dengan semua jenis kendaraan. 

0 Response to "4 Jenis Kapasitas Bus Pariwisata yang Siap Memenuhi Kebutuhan Masyarakat"

Post a Comment