√ 14 Model Jendela Nako Modern yang Mempunyai Fungsi Ganda

Saat ini dunia arsitektur tidak hanya menyuguhkan bangunan-bangunan dengan dekorasi modern. Namun, elemen klasik seperti jendela nako bisa tetap diaplikasikan dengan mengeksplorasinya agar tampil cantik dan cocok untuk desain bangunan baru.

Desain jendela kaca nako sangatlah simple, namun memiliki fungsi yang maksimal untuk tetap menjaga sirkulasi udara di ruangan dalam kondisi baik. Meski jendela nako sering dibilang kuno karena terkesan seperti elemen bangunan yang dipakai untuk tahun 80-an, pada kenyataannya, jendela nako tetap laris dipasaran dengan tampilan yang ini lebih modern. 

Banyak dijumpai saat ini, bangunan-bangunan seperti cafe, resto, atau bahkan rumah, yang mengaplikasikan jendela nako modern.



Apa itu Jendela Nako Modern?


Jendela kaca nako modern adalah kaca berbentuk persegi panjang yang dipasang pada kusen jendela dengan pemasangan bertingkat dalam jumlah tertentu. 

Ciri khas yang membedakan dari kaca jendela ini dengan lainnya adalah jendela kaca ini bisa digese, dibuka dan ditutup untuk mengatur sirkulasi udara di rumah. 


Keunggulan Jendela Nako


Jendela kaca nako tidak hanya difungsikan sebagai fasad bangunan, namun juga berguna untuk pengatur sirkulasi udara yang baik. 

Desain kaca nako yang dibuat bertingkat membuat pemilik rumah dapat mengatur sirkulasi udara sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, berikut ini adalah keunggulan jendela kaca nako, yaitu:


1. Material Kaca yang Ringan, Mudah Dibuka dan Ditutup


Material kaca nako tergolong ringan untuk diaplikasikan sebagai duan jendela. Jendela ini mudah unttuk dibuka/ditutup. Apalagi jika kerangka atau kusen sebagai dudukan kaca nako terbuat dari aluminium, pastinya akan lebih ringan lagi. 

Material yang ringan tersebut mampu mengurangi beban pada dinding sehingga rumah lebih aman.


2. Mudah Perawatannya


Selain ringan dan mudah dibuka atau diutup, kaca nako sangat mudah perawatannya. Untuk menghindari macet pada bagian porosnya, penghuni perlu membuka tutupnya secara teratur dan juga dibersihkan secara rutin.

Jangan lupa untuk membersihkan kedua sisi pada bagian kaca nakonya dan juga bagian kusennya. Karena ketika kotoran pada jendela ini menumpuk maka membuatnya sulit untuk digerakkan dengan fleksibel.


3. Dapat Difungsikan sebagai Penyekat Ruangan Pribadi


Kaca nako modern tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai daun jendela untuk fasad bangunan, akan tetapi juga dapat memanfaatkan sebagai penyekat ruang pribadi, seperti yang nampak pada gambar di bawah:





14 Model Jendela Kaca Nako Modern


Sebagai bahan material jendela yang kuno, jendela nako perlu dibuat dengan model tertentu agar tampilan eksteriornya lebih baik dan kekinian. 

Nah jika Anda sedang mencari ide untuk mengaplikasikan jendela nako modern, berikut ini adalah desain yang kekinian yang tidak hanya diaplikasikan pada bagian ruang tamu saja, yaitu:



1. Jendela Kaca Nako untuk Kamar Tidur 


Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang membutuhkan udara segar yang cukup. Karena ruangan ini semalaman akan digunakan untuk beristirahat. Dan memang di pagi hari alangkah baiknya jika jendela kamar tidur ini dibuka agar mendapatkan udara alami.

Nah, untuk itu pemilik rumah dapat mengaplikasikan jendela nako modern untuk kamar tidur. Jangan lupa untuk memasang gorden di balik kacaagar dapat memberikan privasi lebih terutama di malam hari. 








2. Jendela Kaca Nako Putih Bening




Ide untuk menggunakan nako warna putih bening sebenarnya sudah jamak. Memang kelebihan dari kaca nako bening ini dapat membuat kesan ruangan lebih lapang dan luas. 

Kaca nako ini cocok untuk rumah yang mengusung tema klasik, skandinavia, bohemian, dan/atau minimalis. Dengan jenis kaca ini ruangan akan nampak bersih dan cantik. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman hijau di dekat jendela ini sehingga akan menambah suasana yang asri.


3. Jendela Kaca Nako Warna Hitam


Jenis nako ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menciptakan hunian yang lebih private. Dengan warna kaca nako hitam akan membuat orang di luar ruangan tidak bisa melihat dalam ruangan dengan jelas. 

Jenis kaca nako ini paling cocok digunakan untuk kantor sekolah, ruang keluarga, dan ruang tamu.









4. Jendela Nako Modern Bingkai Kayu


Ide desain jendela nako modern berikutnya adalah dengan memilih kusen dari kayu dapat memberikan efek rumah lebih menarik. 

Anda bisa memilih jenis kayu seperti kayu jati, kayu kamper, dsb. Jendela nako modern dengan kusen dari bahan kayu ini mampu memberikan penampilan yang hangat dan alami. Sifat-sifat seperti ini tidak dipunyai oleh bahan-bahan aluminium, beton, dan bahan lain, sehingga tampilannya lebih menawan.






5. Jendela Kaca Nako Modern Versi Frosted


Ide jendela nako modern berikutnya adalah nako versi frosted yang mampu memberikan efek remang saat sinar matahari masuk ke dalam jendela. Nako frosted ini tidak bisa menembus penglihatan mata dari dalam dan luar.

Jenis kaca nako ini cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi dan ruang private lain pada bangunan rumah. 





6. Kaca Nako untuk Bangunan Sekolah atau Rumah Sakit

Jendela nako dapat difungsikan sebagai dinding sehingga bisa dipasang secara penuh. Sebagai contohnya, pada bangunan sekolah atau rumah sakit. Dengan pemasangan kaca nako ini guru akan lebih mudah mengawasi muridnya. Dan begitu juga dengan tenaga kesehatan (nakes), akan lebih mudah mengawasi pasiennya.







7. Kaca Nako Pintu dan Jendela

Ide desain jendela nako modern ini tidak hanya menghadirkan jendela, namun juga pada bagian pintunya. Dengan model seperti, rumah akan nampak lebih berbeda dan unik dari yang lainnya. 

Selain bisa mengatur sirkulasi udara agar lebih baik, modelnya juga lebih manis yang disandingkan dengan kusen berbahan kayu. 



8. Jendela Nako Ray Ban Modern

Nako ray ban merupakan jenis kaca nako yang dilapisi dengan film hitam. Kelebihan dari jenis kaca nako ini adalah mampu menolak dan menghambat masuknya panas cahaya matahari. Selain itu, nako jenis ini juga bisa membuat pemandangan dari luar tidak bisa ditembus sehingga Anda tidak perlu khawatir privasi Anda terganggu. 

Jenis nako ray ban ini  hanya dapat menembus 1 sisi saja, yaitu orang yang ada di dalam ruangan bisa melihat bagian luar, sedangkan orang yang berada di luar tidak bisa melihat bagian dalam ruangan.



9. Jendela Kaca Nako Modern untuk Dapur

Untuk membuatnya lebih cerah, area dapur juga bisa menggunakan jendela nako. Selain membuat sinar matahari masuk ke dalam dapur, tentu sirkulasi udara juga bisa lebih baik, apalagi area dapur ini identik dengan asap yang dihasilkan dari proses memasak.


Tak hanya itu, dengan menerapkan jendela kaca nako modern, dapur akan lebih terlihat luas meskipun dapur hanya berukuran 3x4 meter, misalnya. 

Kombinasi warna krem pada bagian kitchen set, hitam pada bagian kusen jendala dapat membuatnya terlihat lebih modern, seperti pada desain di bawah ini:







10. Jendela Nako Modern untuk Dinding Ruang Makan

Mempunyai ruang makan yang nyaman tentu jadi harapan semua orang. Anda dapat membuat ruang makan yang nyaman dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan memasang jendela nako modern. Jendela ini cocok dipasang menghadap ataupun berseberangan dengan meja makan.

Dengan sirkulasi udara yang bagus dan sehat yang dihasilkan dari jendela ini, membuat orang yang sedang makan hidangan yang terjasi semakin nikmat. Apalgi Anda juga bisa menikmati hidangan sambil melihat ke luar jendela. Tentu sangat menyenangkan, bukan?






11. Kaca Nako untuk Area Dinding Tangga

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, tidak ada salahnya menghiasi dinding dengan kaca nako baik pada lantai satu maupun lantai dua. 

Desain jendela nako yang disandingkan dengan tangga ini mampu mempercantik tampilan desain interior rumah bertingkat secara keseluruhan. Jika rumah mengusung gaya modern, cobalah untuk memasang railing tangga yang juga terbuat dari kaca.







12. Jendela Nako Modern untuk Ruang Tamu


Ruang tamu umumnya tidak terlepas dengan elemen jendela. Penempatan dan pemilihan jenis jendela tentu mempengaruhi tingkat kenyamanan pada ruang tamu. Nah, salah satu jenis jendela yang menarik untuk diaplikasikan pada ruang tamu adalah jendela nako modern ini.

Jangan lupa untuk memasang gorden jika kaca nako yang digunakan adalah berwarna putih bening. Hal ini berguna untuk menjaga privasi penghuni dan juga tamu yang datang. Anda bisa memilih warna gorden putih yang dipadukan dengan sofa berwarna putih keabu-abuan.





13. Jendela Nako Modern untuk Ruang Kerja dan Ruang Bermain Anak-anak

Jendela nako yang satu ini diaplikasikan pada ruang kerja dan ruang bermain untuk anak-anak. Ruangan ini memang mempunyai dua fungsi yang bisa digunakan oleh penghuninya. Ruang kerja dipakai ketika work from home (WFH) dan ruang bermain yang diperuntukkan untuk anak-anak bermain.

Dengan ruang ini bapak/ibu sambil kerja bisa dengan mengawasi anak-anaknya sedang bermain.





14. Jendela Nako Modern dengan Bingkai uPVC atau Aluminium

Kaca nako dengan kusen uPVC ataupun aluminium ini sangat cocok untuk dipasang pada kamar mandi karena bahannya yang tahan air. 

Aluminium dan juga uPVC yang anti karat juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih material kusen yang satu ini. Karena kaca nako yang digunakan berwarna putih bening, maka menambahkan gorden pada kamar mandi ini bisa dibilang wajib, karena untuk menjaga privasi penggunanya.








Ukuran Jendela Kaca Nako

Jendela kaca nako modern mempunyai bentuk persegi panjang dengan ukuran umumnya adalah 30 cm x 15 cm atau tergantung dari desain rumah Anda.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan ukuran yang berbeda, bisa request sesuai dengan kebutuhan. Untuk memberikan kesan yang lebih mewah, Anda bisa memilih ukuran yang lebih besar. 


Harga Kaca Nako Terbaru


Jendela ini memang bisa dikatakan tidak lekang oleh waktu. Karena fungsinya yang maksimal membuat siapa saja menjadi tertarik untuk memasang kaca nako sebagai jendela pada rumahnya. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, di bawah ini adalah beberapa daftar harga kaca nako yang bisa dijadikan referensi saat ingin membeli:

Kaca Nako Putih Bening 5 mm

Rp170.000/meter

Kaca Nako Putih Bening 6 mm

Rp240.000/meter

Kaca Nako Putih Bening 8 mm

Rp285.000/meter

Nako Kaca Film Tempered 12 mm

Rp820.000/meter

Kaca Nako Ray Ban 5 mm

Rp190.000/meter

Kaca Nako Ray Ban 6 mm

Rp300.000/meter

Kaca Nako Frosted 5 mm

Rp250.000/meter




Itulah pembahasan mengenai jendela kaca nako modern. Eksistensi kaca nako masih ada dan tetap menjadi primadona bagi masyarakat. Apabila Anda ingin membangun sebuah hunian minimalis baru, sebaiknya mencoba untuk menggunakan kaca hias nako sebagai opsi utamanya pada bagian ruangan tertentu, tidak harus semunya. Misalnya, pada kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, atau bagian dapur saja.

0 Response to "√ 14 Model Jendela Nako Modern yang Mempunyai Fungsi Ganda"

Post a Comment