Syarat dan 12 Desain Tempat Cuci Baju Manual yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Tak sedikit orang yang lebih suka mencuci baju atau pakaiannya secara manual meskipun di rumahnya memiliki mesin cuci. Alasan umumnya karena untuk memastikan baju yang dicuci benar-benar telah bersih. Nah, agar kegiatan mencuci tetap mengasyikan maka dibutuhkan desain tempat cuci baju manual yang nyaman.

Pertama yang harus diperhatikan untuk desain tempat cuci baju manual adalah harus memiliki saluran pembuangan yang baik sehingga limbah air cucian benar-benar terbawa ke saluran drainase. Pembuatan tempat cucian ini harus melalui perencanaan yang matang agar fungsionalitasnya maksimal.



Rencana Kerja dan Syarat Tempat Cuci Baju Manual

Sebelum membuat tempat cuci baju manual, sebaiknya ketahui dahulu rencana dan syaratnya agar hasil desain berfungsi maksimal, yaitu:

1. Tentukan Ukuran Tempat Cuci Baju

Hal pertama yang harus direncanakan dalam membuat desain tempat cuci baju manual adalah ukuran dari ruangan itu. Pastikan luas dari tempat cuci baju bisa menampung bak atau ember untuk mencuci dan juga ember untuk digunakan tempat baju kotor/bersih. 

Agar memudahkan proses mencuci, usahakan untuk membuat desain yang cukup lebar sehingga memberikan keluluasaan dalam bergerak. 

Tempatkan ruangan ini secara terpisah dengan kamar mandi. Tujuannya agar penghuni rumah tidak terganggu ketika salah satunya sedang membutuhkan kamar mandir.


2. Pilih Keramik Lantai dengan Permukaan yang Kasar

Syarat tempat cuci baju manual berikutnya adalah lantai harus memberikan permukaan yang kasar sehingga pengguna tidak mudah terpeleset karena licin.

Biasanya keramik yang digunakan adalah keramik lantai kamar mandi. Jenis keramik lantai ini memiliki permukaan yang kasar meski terkena cairan deterjen atau sabun tidak akan mudah mengalami selip. 


3. Pilih Kran dengan Kualitas yang Bagus 

Komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk membuat tempat cuci baju adalah kran. Kran ini berfungsi untuk mengatur debit keluarnya air yang digunakan. Dengan adanya kran air, pengguna bisa membuka maupun menutup laju air sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Karena fungsi inilah, sebaiknya Anda memilih kran air yang berkualitas agar awet, lebih tahan lama, dan tidak mudah rusak. Tentu, Anda tidak ingin kegiatan mencuci terganggu karena kran yang digunakan sering rusak, bukan?


4. Letakkan Dekat Mesin Cuci

Jika di rumah juga tersedia mesin cuci, maka area tempat cuci baju manual sebaiknya diletakkan di dekatnya. Desain seperti ini akan lebih memudahkan Anda ketika ingin mencuci dengan menggunakan mesin cuci dan kemudian dibilas secara manual.

Letakkan mesin cuci lebih tinggi dibandingkan dengan tempat cuci baju manual agar kaki-kaki mesin cucinya aman dari genangan air yang dapat mempercepat kerusakannya.

5. Pisahkan Tempat Cuci Manual dengan Kamar Mandi


Tak sedikit yang berpikiran agar lebih efektif tempat cuci manual dijadikan satu tempat dengan ruang kamar mandi. Padahal ide tersebut cukup membahayakan pengguna karena bisa saja meyebabkan risiko terpeleset.

Usahakan untuk memisahkan antara tempat cuci manual dengan kamar mandi.


12 Ide Desain Tempat Cuci Baju Manual yang Nyaman dan Keren


Untuk lebih memudahkan Anda dalam mendesain tempat cuci baju manual, berikut ini kami pilihkan beberapa ide desain tempat cuci baju manual yang mungkin saja dapat menginspirasi Anda ketika ingin membuatnya:

1. Desain Tempat Cuci Baju Manual yang Multifungsi





Desain pertama yang bakal memberikan manfaat yang besar untuk penghuni rumah adalah desain tempat cuci baju multifungsi. Area ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci baju, namun juga didesain untuk dapat dimanfaatkan sebagai tempat jemuran, rak perlengkapan masak, dan juga tempat untuk menjemur handuk yang habis dipakai. 

Untuk membuat pencahayaan yang cukup, gunakan atap kaca skylight. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman di dalam pot atau digantung pada dinding jarena ruangan ini mendapatkan sinar matahari yang cukup baik.

2. Desain Aesthetic


Ide desain tempat cuci baju manual berikutnya adalah dengan mengusung konsep aesthetic. Untuk menciptakan kesan aesthetic, Anda bisa mengaplikasikan lantai keramik berwarna natural seperti hijau. 

Jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan rumput sintetis. Gunakan keramik dinding yang memiliki warna putih sehingga tampilannya tampak bersih dan rapi. Tentu, tempat cucian yang bersih membuat suasana  kegiatan mencuci jauh lebih nyaman, nukan?.



3. Desain Tempat Cuci Baju Manual Luas




Jika dilihat sepintas mungkin banyak orang yang mengira kalau ini adalah kamar mandi. Nyatanya bukan. Tempat ini adalah tempat untuk mencuci baju yang letaknya dekat dengan area tempat cuci piring.

Terdapat dua kran yang bisa digunakan untuk mencuci, yaitu kran yang letaknya dekat dengan mesin cuci dan kran yang terletak berdekatan dengan wastafel cuci piring.

Areanya yang luas membuat proses mencuci jauh lebih mudah dan bisa lebih cepat diselesaikan. Tempat mencuci baju secara manual ini juga bisa dipakai untuk mengambil air wudhu sebelum salat.


4. Desain Klasik Tempat Cuci Baju Manual dengan Dinding Berwarna Hijau




Desain tempat cuci baju manual ini nampak sederhan dan classy. Pemilihan model keramik sampai ember yang digunakan juga memberikan nuansa estetis. 

Dari gambar desain di atas juga terlihat di bagian samping terdapat mesin cuci, apabila pengguna ingin melakukan pencucian secara otomatis. Sementara itu, bagian dinding dicat dengan warna hijau untuk memberikan nuansa klasik ala pedesaan.


5. Desain Tempat Cuci Baju Manual Modern Bernuansa Perak



Desain tempat cuci baju manual ini mengusung nuansa perak. Area ini cukup luas, bahkan disedikan meja penyimpanan dan juga dua mesin cuci yang diletakkan secara vertikal.

Area yang digunakan untuk membilas baju diletakkan lebih tinggi sehingga air yang keluar dari kran tidak akan mencemari kemana-mana. Dengan desain seperti ini, membuat lantai jauh lebih aman dan anti licin ketika pengguna berjalan di atasnya.


6. Desain Tempat Cuci Baju Asri dan Estetik



Mencuci dengan cara manual memang identik dengan kesan berantakan dan kucel. Namun, Anda dapat mematahkan stigma tentang hal itu. Dengan membuat desain tempat cuci yang asri dan estetik seperti gambar di atas, tentu orang mengira Anda sedang berlibur di taman..

Lengkap dengan pagar, keramik dengan bebatuan alam dan ada banyak tanaman hias membuat suasana tempat cucian ini nampak asri dan menawan.


7. Desain Tempat Cuci Baju Manual Bersanding dengan Tempat/Ruang untuk Setrika





Desain tempat cuci baju manual menarik lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu menerapkan tempat cucian yang berdekatan dengan area untuk setrika. Desain ini membuat aktivitas mencuci, menjemur, dan menyetrika jauh lebih efektif dan efisien.

Biasanya model desain ini dipakai untuk home industry yang menyediakan jasa laundry. Buatlah bukaan jendela yang lebar agar pengguna tidak merasa sesak dan penuh di ruangan ini.

8. Desain Tempat Cuci Baju Manual di Rooftop





Ingin mendesain tempat cuci baju manual yang diletakkan di area rooftop rumah? Anda bisa meniru desain yang ada di atas! Bahkan, area tersebut sangat multifungsi yang juga bisa digunakan untuk memasak dan menjemur pakaian.

Model desain tempat cuci baju manual semacam ini, Anda dapat sekalian nikmati indahnya udara pagi hari atau sore hari sambil duduk-duduk di rooftop setelah usai mencuci baju. 



9. Desain Tempat Cuci Baju di Area Belakang Rumah





Area belakang rumah memang sering digunakan untuk tempat cuci baju manual. Tak terkecuali dengan gambar di atas! Untuk mempermudah tugas rumah tangga, tempat ini juga disediakan mesin cuci otomatis dan juga tempat jemuran yang masih dalam satu lokasi.

Biasanya model desain seperti ini dipakai untuk rumah-rumah minimalis yang memiliki luas tanah yang terbatas. 

Berikan nuansa alam dengan menambahkan tanaman di dalam pot yang diletakkan di sudut ruangan dengan atap terbuka. 

10. Desain Tempat Cuci Manual dengan Model Keramik Motif Batu Alam


Meski bukan ruangan utama yang digunakan untuk berlama-lama, namun menciptakan desain tempat cuci baju manual harus dibuat semenarik mungkin. Salah satunya dengan mengaplikasikan keramik dengan motif batu alam seperti pada gambar desain di atas. Posisi mesin cuci yang lebih tinggi dengan area tempat cuci manual membuatnya lebih aman dari kerusakan karena tidak secara langsung mendapatkan cipratan-cipratan atau genangan air.


11. Desain Monokrom Tempat Cuci Baju Manual




Warna monokrom memang selalu menjadi salah satu pilihan untuk desain apapun itu, tak terkecuali dengan desain tempat cuci manual. Kombinasi dua warna, hitam dan putih, memberikan kesan yang cantik meskipun area ini tidak dihiasi dengan berbagai ornamen atau tanaman hias.

Selain itu, pemilihan warna ini membuat desain tempat cuci baju manual yang hanya berukuran 2x2 tersebut nampak begitu luas.

Bagian dinding dicat dengan pilihan warna putih. Sementara itu bagian keramiknya dipilih warna monokrom hitam dan putih.


12. Desain Tempat Cuci Baju Manual Dekat dengan Tempat Wudhu






Rumah-rumah minimalis membutuhkan trik agar ruangan di dalam rumah tersebut dapat berfungsi secara maksimal. Sebagai contohnya, desain tempat cuci baju manual di atas diletakkan di sudut ruangan karena memang terbatasnya lahan yang tersedia. Selain biasa digunakan untuk tempat cuci pakaian, kran di ruang ini juga dipakai untuk berwudhu. 

Menyediakan mesin cuci pada tempat ini bisa menjadi solusi agar penggunaan air bisa lebih hemat dan juga air tidak berceceran, terlebih area ini tergolong sempit. Pastikan Anda menyimpan keset agar kebersihan ruangan ini tetap terjaga.

Itulah syarat-syarat tempat cuci baju manual dan ide desainnya yang mungkin saja bisa menginspirasi Anda. Hal yang tidak boleh terlupakan adalah pastikan untuk menggunakan lantai dengan permukaan yang lebih kasar sehingga ketika dipakai untuk berjalan tidak akan licin. Selain itu, ketika akan digunakan, selalu pastikan saluran pembuangan dapat berjalan secara normal. Jika ternyata ditemukan kotoran yang menyumbat saluran air tersebut, segera bersihkan agar proses mencuci lebih mudah, nyaman, dan tidak ada gangguan.

0 Response to "Syarat dan 12 Desain Tempat Cuci Baju Manual yang Bisa Dijadikan Inspirasi"

Post a Comment