7 Ide Menciptakan Rumah Estetik Minimalis

Tren rumah estetik minimalis saat ini tengah digandrungi banyak orang. Rumah bergaya estetik ini memberikan kesan nyaman dan cozy. Sebagai kebutuhan pokok, rumah dengan bergaya estetik ini bisa menjadi solusi untuk mereka yang menginginkan desain rumah yang tidak mewah namun memiliki tampilan yang indah.

Untuk menciptakan rumah estetik sebenarnya kembali lagi pada selera masing-masing. Namun, terdapat beberapa pakem yang menyebutkan prinsip-prinsip dari rumah estetik itu sendiri. Sebagai contohnya adalah rumah estetik itu ciri-cirinya berdinding lebar dan besar, memiliki karakter warna-warna yang soft, dan dilengkapi dengan aksesoris interior rumah yang unik dan menarik.

Jika Anda berencana untuk membangun dan mendesain rumah estetik, sebaiknya baca selengkapnya pada postingan di bawah ini.




7 Ide Untuk Menciptakan Rumah Estetik


Rumah estetik minimalis yang nyaman dan indah tentu menjadi impian semua orang. Menciptakan rumah estetiksebenarnya tidak membutuhkan uang yang banyak. Banyak sekali cara mudah dan praktis yang dapat Anda terapkan untuk membuat rumah memiliki tampilan estetik yang nyaman nan indah.

Nah, berikut ini adalah 7 ide unuk menciptakan interior dan eksterior rumah estetik yang dapat Anda lakukan sendiri.


1. Pasang Jendela Berukuran Besar



Tidak hanya rumah bergaya mediterania saja yang memiliki jendela berukuran besar. Rumah estetik juga identik degan jendela yang lebar yang memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruangan. Bahkan tak hanya itu, teras rumah estetik biasanya juga dilengkapi dengan kolom cukup besar sehingga penghuni bisa leluasa melihat pemandangan luar sambil bersantai di depan teras rumah.

Untuk menciptakan rumah estetik yang minimalis, Anda bisa memilih jendela dengan model simpel yang terbuat dari kayu, ataupun cukup dengan jendela kaca bening yang berukuran besar. Jendela dengan kaca transparan ini juga dapat menjadi pilihan untuk mempercantik rumah Anda.


2. Memilih Warna Cat Rumah Estetik



Cat rumah berpengaruh besar terhadap tampilan rumah itu sendiri. Untuk menciptakan rumah estetik, maka dibutuhkan pilihan palet warna yang mencerminkan keindahan dan keselarasan.

Untuk memilih warna cat rumah estetik, penghuni bisa mencoba dengan sistem kombinasi 2:1, yaitu: 

  • 2 adalah warna monokromatis, yaitu warna primer (warna dasar) yang dicampur dengan warna putih atau hitam. Sebagai contohnya, merah muda (percampuran merah dan putih), kuning gelap (percampuran kuning dan hitam), dan lain sebagainya.
  • 1 adalah warna aksen, yaitu warna tambahan yang berperan sebagai pelengkap. Sebagai contohnya, merah, kuning, jingga, dan lain sebagainya.


Jika ingin lebih aman dalam pemilihan warna untuk menciptakan rumah estetik, Anda bisa memilih warna-warna terang, seperti putih, kuning, krem, oranye, dan warna-warna mint lainnya. Rumah estetik yang memiliki cat dinding berwarna terang dapat memberikan kesan ruangan yang luas dan lapang. 

Sedangkan pilihan warna lain untuk menciptakan rumah estetik adalah dengan mengkombinasikan warna kontras dengan warna-warna netral, seperti hitam dan putih. Perpaduan kedua warna tersebut akan mampu menghadirkan kesan ruangan yang dinamis, namun tetap harmonis.


3. Berkreasi untuk Ruang Interior Estetik




Selain harus cermat memilih warna cat dinding, untuk mewujudkan rumah estetik juga harus berani untuk berkreasi pada pola dan tekstur. Sebagai contoh, dengan memasang lukisan abstrak di ruang tamu, memasang lampu chandelier dengan konsep klasik, dan lain sebagainya. Usahakan untuk tetap memilih pola atau tekstur yang tidak terlalu ramai agar komposisi ruangannya tetap selaras dan nampak indah.


4. Pilih Furniture yang Tepat




Untuk menciptakan rumah estetik selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih furniture yang tepat. Tempatkan furniture dengan model natural minimalis seperti kursi yang salah satu bagiannya terbuat dari kayu. Agar selaras dengan berbagai desain ruangan, cobalah untuk memilih furniture model bentuk geometri dasar seperti meja berbentuk persegi.

Perhatikan juga warna dari setiap kursi dan meja yang Anda beli. Coba untuk bermain dengan pemilihan warna lampu yang harmonis dengan warna furniture tersebut. Seperti nampak pada gambar di atas, warna lampu gantung dengan warna meja memiliki keselarasan, yaitu hijau turquoise.



5. Kesan Natural Pada Rumah Estetik



Cara membuat rumah estetik selanjutnya adalah dengan memberikan kesan natural pada ruang tamu ataupun area teras. 

Anda bisa menambahkannya dengan beberapa tanaman hias yang unik. Dekorasi berupa tanaman hias ini sangat bermanfaat dalam memberikan kesan nyaman dan hangat pada ruangan. 

Jika ingin yang lebih simple, Anda dapat menggunakan tanaman artifisial yang tidak memerlukan perawatan ekstra. Anda cukup membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel.

6. Mendekorasi Dinding untuk Kesan Estetik



Untuk menciptakan kesan estetik pada ruang interior, maka Anda bisa menambahkan aksesoris pada dinding seperti cermin yang berukuran besar. Pilihlah frame cermin yang berbahan kayu untuk memberi kesan estetik dan cozy. Anda juga dapat menambahkan rak untuk menyimpan buku, sepatu, dan koleksi lainnya agar rumah terlihat estetik.

Desainlah sedemikian rupa agar cocok menjadi bagian dari desain interior rumah estetik.


7. Ciptakan Tempat Tidur Estetik




Cara lain untuk membuat rumah estetik adalah dengan menciptakan kamar tidur yang estetik. Letakkan beberapa aksesoris seperti lampu gantung yang unik dan menambahkan tanaman hias rambat. Selain itu, gunakan kain sprei tapestry yang akan memberikan kesan rapih.

Jika diperlukan, tambahkan gorden dengan motif polos pada area jendela kamar tidur yang disesuaikan dengan nuansa warna kamar. Gunakan gorden sesuai dengan fungsinya, yaitu ketika malam hari cobalah untuk menutupi jendela dengan gorden ini. Sedangkan buka kembali saat pagi hari hingga siang agar cahaya matahari dapat masuk ke kamar tidur Anda.

Sebelum menciptakan rumah estetik, tentunya Anda perlu mencari tahu model rumah dan ruangan-ruangan rumah yang menampilan konsep estetik. Menciptakan rumah menjadi estetik membutuhkan waktu dan membaca beberapa inspirasi. Pastikan Anda menciptakan rumah estetik dengan memperhatikan 7 tips di atas agar tampilan rumah Anda lebih estetik. Demikian beberapa ide untuk menciptakan rumah estetik yang bisa Anda terapkan.

0 Response to "7 Ide Menciptakan Rumah Estetik Minimalis"

Post a Comment