√ Cantiknya 9 Ide Model Lubang Angin Di Atas Pintu dan Jendela

Model lubang angin pada sebuah dinding bangunan/rumah cukup banyak ragamnya. Mulai dari yang dipasang di atas pintu sampai dengan yang memang dipasang hanya untuk dekorasi saja. Begitu juga dengan bahan yang digunakan untuk membuat lubang angin pada dinding, cukup bervariasi. Ada yang dari kayu, tanah liast, batu bata, roster atau beton precast. 

Nah, model lubang angin yang diletakkan di atas pintu atau jendela ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti kotak, persegi atau belah ketupat, segi enam atau ornamen-ornamen lainnya.

Model lubang angin di atas pintu atau jendela sendiri berfungsi sebagai area yag digunakan untuk membuat sistem sirkulasi udara agar lebih maksimal di dalam ruangan. Seiring berjalannya waktu, model lubang angin di atas pintu dan jendela ini pada zaman yang modern ini sudah berkembang dengan sangat pesat.



Tujuan Pemasangan Lubang Angin Di Atas Pintu dan Jendela


Setiap pemasangan sebuah aksesoris untuk dekorasi rumah biasanya memiliki tujuan. Nah, tujuan dari pemasangan lubang angin ini adalah sebagai berikut:


1. Untuk mengatasi ruangan agar tidak mudah lembab

Keberadaan lubang angin di atas pintu dan jendela akan mampu membuat ruangan tidak terasa lembab. Cahaya dan angin yang keluar masuk akan membuat suhu ruangan stabil, tidak pengap. Dengan begitu, ruangan tidak akan mudah ditumbuhi jamur ataupun bakteri.


2. Untuk tempat sirkulasi udara


Jendela memang difungsikan untuk sistem sirkulasi udara pada sebuah ruangan. Namun, ketika malam hari ataupun saat pemilik berpergian ke luar rumah, maka jendela dan juga pintu rumah akan ditutup. 

Nah, agar ruangan tetap mendapatkan aliran udara yang bagus maka dibuatlah lubang angin ini sehingga pertukaran udara dari luar rumah masuk ke dalam rumah tetap masih bagus dan stabil. 


3. Untuk pencahayaan alami

Lubang angin bisa menjadi jalur masuknya cahaya matahari. Meskipun sudah saat ini cahaya matahari dapat digantikan oleh lampu, namun pencahayaan alami yang bersumber dari cahaya matahari ini penting sekali.

Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah akan membuat ruangan terasa hangat. Anda pun akan mendapatkan manfaat vitamin D dari cahaya matahari di pagi hari yang masuk dari luar ruangan. Cahaya matahari yang tidak langsung tersebut berdampak positif bagi kesehatan keluarga.


Ide Model Lubang Angin Di atas Pintu dan Jendela


Mungkin Anda masih bingung dalam menentukan model lubang angin yang tepat untuk dipasangkan dengan pintu atau jendela rumah. Nah, berikut ini akan kami berikan sejumlah ide model lubang angin yang tidak hanya dapat membuat sirkulasi udara di ruangan rumah menjadi bagus, namun juga akan memberikan kesan tampilan yang menarik untuk rumah Anda.


1. Model Lubang Angin di Atas Pintu dan Jendela Terbuat dari Roster



Jika Anda ingin yang simple, mudah dipasang maka memilih model lubang angin yang terbuat dari roster precast bisa menjadi solusinya. Ada beragam model yang biasanya tersedia di pasaran.

Sebagai contohnya adalah model lubang angin berbentuk kotak memanjang pada gambar di atas. Anda cukup mengecatnya sesuai dengan warna cat pintu dan jendela.

Terbuat dari material beton yang berkualitas, roster yang dipasang tersebut membuat desain pintu dan jendela ini terlihat serasi dengan nuansa klasik tradisional.


2. Model Lubang Angin di Atas Pintu Sederhana



Konsepnya hampir mirip dengan model lubang angin di atas pintu dan jendela yang pertama. Namun bedanya lubang angin dibuat secara manual, yaitu dengan memberikan space lubang kosong saat pemasangan batu bata untuk pembangunan dinding.

Ukuran lubang angin yang cukup besar tersebut membuat ruangan lebih sejuk dan segar.


3. Lubang Angin Stainless Steel



Sesuai dengan bahan material kusen pintu dan jendela, lubang anginnya pun juga terbuat dari stainless steel. Seperti nampak pada gambar, model lubang angin tersebut berbentuk persegi dengan ukuran yang cukup besar.

Model pintu di atas biasanya dipakai untuk gedung perkantoran, swalayan, ataupun department store. Dengan bahan material yang bening, maka harus rajin-rajin untuk membersihkannya. Apalagi, area ini menjadi tempat untuk masuknya udara yang biasanya membawa debu atau kotoran lainnya.


4. Model Lubang Angin Kayu Polos




Jika konsep rumah ingin menampilkan kesan tradisional klasik, maka memilih model lubang angin yang terbuat dari material kayu bisa menjadi solusinya. Model lubang angin dapat dibuat kotak memanjang secara vertikal. Dengan model pemasangan ini, maka lubang angin yang buat akan bisa lebih banyak jumlahnya sehingga sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan lebih optimal.

Sebelum memilih model lubang angin sepeti di atas, pastikan untuk mengaplikasikan pintu dan jendela dari kayu. Perpaduan ini akan memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Dengan material kayu, rumah akan terlihat lebih natural. Sedangkan lubang angin yang memadai akan membuat cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa dan ruangan pun lebih terang.


5. Model Klasik Lubang Pintu di Atas Pintu



Bagaimana jika ingin membuat model lubang angin minimalis, namun klasik? Model gambar di atas bisa menjadi solusinya. Seperti rekomendasi ini, lubang angin dibentuk lebih banyak dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Untuk memberikan nuansa klasik, Anda bisa mengecatnya dengan wwarna putih sehingga akan tampak minimalis, cantik dan menawan.

6. Model Lubang Angin Dilengkapi dengan Penutup Jendela (Engsel)



Hunian dengan konsep modern banyak yang menggunakan model lubang angin seperti gambar di atas. Biasanya, desain ini juga sering dipakai untuk bangunan sekolah. Dengan desain yang bisa dibuka dan ditutup layaknya jendela, maka pemasangannya membutuhkan perlengkapan engsel. Sementara itu untuk materialnya bisa menggunakan bahan dari kayu ataupun dari stainless steel/aluminium steel. 

Selain bisa membantu sirkulasi udara lancar karena ukurannya yang besar, model lubang angin ini mampu membuat interior ruangan terlihat cantik.


7. Model Lubang Angin di Atas Pintu Tanpa Ditutupi




Model lubang angin di atas pintu dan jendela selanjutnya adalah berbentuk persegi panjang yang terbuat dari beton. Coba padukan dengan batu bata ekspos yang tampak seperti pada gambar di atas., Dengan desain tersebut membuat tampilan rumah ini terlihat asri, natural, dan bersih.


8. Model Lubang Angain di Atas Pintu dengan Dekorasi Besi Tempa




Model lubang angin berikutnya merupakan desain yang tidak hanya berfungsi untuk sirkulasi udara, namun juga untuk keamanan. Model ini mengkombinasikan lubang angin dengan besi tempa atau teralis besi.

Teralis yang dibuat dengan motif floral membuat tampilan pintu rumah semakin cantik dan menarik. Untuk tambah mempercantiknya, Anda bisa mengaplikasikannya juga pada jendela yang juga dipasangi teralis berbahan besi dengan motif yang sama.


9. Model Lubang Angin Setengah Lingkaran di Atas Pintu



Satu lagi nih model lubang angin di atas pintu dan jendela yang terlihat unik adalah desainnya berbentuk setengah lingkaran. Lubang angin dibentuk setengah lingkaran yang diameternya menyatu antara pintu dan jendela. 

Dengan ukuran pintu yang lebar, model lubang angin satu ini cocok untuk bangunan megah, baik itu rumah maupun tempat ibadah seperti masjid. Model lubang angin ini baisanya ditutup dengan kaca yang bisa menawarkan nilai estetik, tetapi juga memberikan kenyamanan penghuninya.


Dalam usaha membuat sistem sirkulasi udara dan juga sistem pencahyaan alami, maka salah satu solusi yang dilakukan dengan membuat ventilasi di atas pintu dan juga jendela. Dengan memilih model ventilasi atau lubang angin di atas pintu atau jendela yang tepat, maka rumah Anda akan terasa nyaman dan terlihat indah dari segi eksterior atauun interiornya.

0 Response to "√ Cantiknya 9 Ide Model Lubang Angin Di Atas Pintu dan Jendela"

Post a Comment