5 Ide Wainscoting Dinding Cocok untuk Rumah Anda

Untuk mendekorasi dinding agar nampak lebih ada beberapa teknik. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan wainscoting pada dinding rumah. Wainscoting ini biasanya diaplikasikan pada rumah ataupun hotel berbintang, seperti pada bagian lobby, tangga, dan dinding-dinding yang kemungkinan besar bakal dilihat oleh banyak orang. 

Benar sekali menjadikan dinding rumah tampak menarik tak hanya bisa dilakukan dengan cara mengecatnya. Proses wainscoting juga memerlukan tahapa plesteran, acian, dan kemudian baru bisa dilakukan wainscoting.





Apa itu Wainscoting?


Wainscotting dinding rumah adalah seni panel lis pada dekorasi dinding yang membagi dinding dalam dua bagian namun tetap menyambung dengan bagian atasnya. Seni panel ini umumnya bergaya Eropa. Bahan yang digunakan bisa dari kayu, plastik, dan bahan GRC.

Kelebihan bahan GRC dibanding kayu ketika digunakan sebagai wainscoting adalah bebas rayap, tahan lembab dan tahan api.

Tujuan mula-mula dari wainscoting adalah untuk melindungi tembok dari kelembaban. 

Area dinding yang dijadikan wainscoting biasanya sepertiga dari seluruh ketinggian dinding. Wainscotting bisa dipasang dan dilepas sesuai dengan tampilan dinding yang diinginkan. 

Warna yang digunakan dalam dekorasi wainscoting biasanya putih, krem atau hitam. Area yang dipilih sebaiknya pada bagian dinding yang sering terlihat oleh penghuni ataupun tamu. Karena wainscoting ini menjadi bagian dari dekorasi sebuah bangunan.

Fungsi Wainscoting



Pada dasarnya, wainscoting membagi dinding dalam dua bagian. Namun, bagian lis bawahnya tetap menyambung dengan bagian atasnya sehingga nampak seperti frame. Lalu, apa saja fungsi wainscoting dinding rumah ini? Berikut adalah tiga fungsi utama wainscoting:

  1. Untuk melindungi dinding, yaitu wainscoting dapat membantu melindungi dinding dari goresan yang mungkin saja terjadi seperti benturan kursi, meja, dan furnitur lainnya.
  2. Sebagai dekorasi rumah, yaitu wainscoting dapat menambah daya tarik visual yang memberikan nuansa formal dan tradisional pada hunian.
  3. Sebagai isolasi, yaitu wainscoting mampu memberikan lapisan insulasi tambahan akibat timbulnya perubahan suhu panas/dingin yang cukup signifikan.

Jenis Wainscoting Dinding


Dalam praktik desain interior, wainscoting dinding ini dapat dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:agai berikut:


1. Board and Batten Wainscoting



Jenis wainscoting dinding pertama adalah board and batten wainscoting yang terbuat dari papan dan reng. Sama seperti umumnya, wainscoting ini digunakan untuk menutupi sepertiga dari dinding rumah.

Karakteristik dari board and batten wainscoting adalah memiliki tampilan yang mencolok dengan pola desain yang teratur. Lebar papan cetakan dapat terlihat secara jelas.

Wainscoting ini sangatlah populer dengan permintaan pasar yang semakin meningkat. Dekorasi dinding ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah bergaya kontemporer yang dapat membantu tampilan dinding lebih menarik dan sempurna.


2. Raised Panel Wainscoting



Raised panel wainscoting awalnya dipopulerkan pada abad ke-17 di Inggris. Jenis wainscoting ini diaplikasikan untuk menyekat sebuah ruangan. Anda bisa menemukannya pada ruangan atau bergaya formal yang digunakan untuk ruang makan dan ruang tamu.

Sesuai dengan namanya, wainscot dinding ini bakal menghasilkan lis panel yang terlihat seperti terangkat dari dinding.


3. Flat Panel Wainscoting



Tampilan dari flat panel wainscot dinding ini memiliki tampilan yang lebih kontemporer. Jenis yang satu ini menggunakan cetakan papan dengan tanpa membuatnya tampak lebih dalam.

Oleh sebabnya panel dinding ini terlihat mulus, lebih sedikit alur atau dekoratif dibandingkan wainscot jenis lainnya.


4. Overlay Wainscoting



Overlay wainscoting merupakan desain panel dinding yang mengkombinasikan flat dan raised panel wainscoting. Cara pengaplikasiannya, pertama flat panel dipasang terlebih dahulu. Setelah itu, raised panel dipasang sebelum pemasangan panel bagian tengahnya.

5. Beadboard Wainscoting



Jenis wainscoting dinding rumah yang terakhir ada beadboard wainscoting. Karakteristik dari wainscot dinding ini adalah memiliki alur vertikal panjang yang berkesinambungan.

Bahan papan yang digunakan biasanya memiliki ketebalan 32 hingga 48 inci. Sedangkan lebar panel papannya 4 inci yang langsung ditempatkan secara berjejeran satu sama lainnya.


Itulah ulasan mengenai wainscot dinding rumah yang bisa dijadikan cara untuk membuat ruangan tampak unik dan menarik. Anda dapat mempekerjakan bantuan professional sehingga baik proses maupun hasilnya maksimal.

0 Response to "5 Ide Wainscoting Dinding Cocok untuk Rumah Anda"

Post a Comment