Keunggulan Flexycoat Waterponding, Harga, dan Cara Pemakaiannya

Flexycoat waterponding sangat diperlukan untuk mengecat kolam ikan koi karena mampu memberikan tampilan yang bagus. Bahan pelapis kolam ini juga aman sehingga tidak menimbulkan resiko tertentu pada ikan. Lantas, berapa harga flexycoat waterponding ini?

Bagi para penghobi ikan hias, informasi mengenai harga terbaru flexycoat waterponding tentunya sangat penting. Jika saat ini Anda sedang mencari informasi seputar produk flexycoat waterponding, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.




Apa Itu Flexycoat Waterponding?


Flexycoat waterponding merupakan bahan pelapis yang diformulasikan secara khusus untuk kolam ikan hias atau ikan koi. Produk ini memiliki sifat anti rembes dan anti bocor dengan komposisi utama berupa semen powder dan cairan.

Dengan daya rekat yang tinggi dan fleksibel, bahan pelapis kolam ikan ini tidak mudah retak sehingga sangat cocok untuk permukaan kolam yang selalu basah. Selain ini, komposisi bahannya juga aman dan tidak mengandung racun yang membahayakan kesehatan ikan.

Produk pelapis kolam ini tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti hitam dan biru sehingga bisa dipilih sesuai selera. Meski begitu, banyak yang lebih menyukai warna hitam karena mampu memberikan kesan yang lebih kontras dengan warna ikan serta tidak mudah terlihat kotor.

Warna Hitam Flexycoat Waterponding



Warna Hijau Flexycoat Waterponding


Warna Biru Flexycoat Waterponding


1. Fitur Flexycoat Waterponding

Sebagai produk bahan pelapis kolam, flexycoat waterponding memiliki beberapa fitur seperti anti bocor dan rembes, memiliki daya rekat yang kuat dan fleksibel, serta tidak beracun sehingga sangat aman untuk ikan-ikan kesayangan Anda.

2. Fungsi Flexycoat Waterponding

Fungsi utama dari flexycoat waterponding adalah memberikan lapisan perlindungan pada kolam ikan koi atau ikan hias sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi ikan-ikan peliharaan Anda. 

Fungsi lainnya adalah mengatasi bocor dan rembes pada kolam. Selain itu, dengan pilihan warna yang tersedia, seperti hitam dan biru akan menambah estetika kolam. Warna tersebut mampu menonjolkan warna ikan sehingga terlihat semakin kontras dan indah.


Keunggulan Flexycoat Waterponding


Sebelum membahas harga flexycoat waterponding, ada baiknya Anda juga mengetahui keunggulan dari produk ini sehingga bisa dijadikan pilihan yang paling tepat untuk kolam ikan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keunggulan flexycoat waterponding:


1. Anti Bocor dan Anti Rembes

Flexycoat waterponding diformulasikan secara khusus untuk mengatasi kebocoran pada kolam. Komposisi bahan yang digunakan pada produk ini mampu merekat dengan kuat sehingga permukaan kolam tidak mudah retak, bocor maupun rembes.


2. Ramah Lingkungan

Komposisi bahan yang digunakan pada produk flexycoat waterponding ini tidak mengandung racun. Selain itu juga rendah VOC (Volatile Organic Compound) dan bebas kandungan mercury sehingga sangat aman untuk ikan 


3. Aman untuk Ikan

Selain ramah lingkungan dan tidak mengandung racun berbahaya, finishing cat dari produk ini akan meminimalisir pertumbuhan lumut. Selain itu juga melindungi dari adanya kontak langsung antara semen dan kolam yang membuat pH air meningkat.


4. Pilihan Warna Menarik

Produk pelapis kolam ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang sangat menarik, seperti water blue dan hitam. Kedua warna ini sangat cocok untuk menampilkan warna ikan hias sehingga terlihat lebih indah dan menonjol.


Cara Pemakaian Flexycoat Waterponding


Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, tentunya akan sangat menarik jika Anda menggunakan produk tersebut untuk kolam ikan hias di rumah. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan flexycoat waterponding di kolam? Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:


1. Jika kolam Anda sudah terlanjur diisi air, maka harus dikuras terlebih dahulu hingga kondisinya benar-benar kering.

2. Akan lebih bagus jika sebelum mengaplikasikan cat pelapis Anda mengamplas permukaan kolam sehingga lebih halus.

3. Selanjutnya, jika kondisi kolam sudah benar-benar bersih bisa langsung di lap menggunakan kain basah dan kemudian dibiarkan sampai mengering.

4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan cairan cat dan semen powder dengan rasio 1:1,5. Jadi misalnya Anda menggunakan cairan cat dengan ukuran 1 gelas, maka untuk takaran semen powdernya sebanyak 1,5 gelas.

5. Kedua bahan tersebut dicampur hingga rata dan kemudian bisa memulai untuk melakukan pengecatan. Pastikan untuk mengecat dengan pola yang sama, misalnya horizontal.

6. Untuk jumlah pelapisannya bisa disesuaikan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan, yaitu:

  • Untuk permukaan dinding kolam yang sudah diaci diperlukan minimal 2 kali pelapisan agar hasilnya maksimal.
  • Untuk permukaan dinding kolam yang tidak diaci maka diperlukan minimal 3 kali pelapisan agar hasilnya bagus.

7. Waktu pengeringan yang dibutuhkan sebelum pengecatan lapisan berikutnya adalah sekitar 30 – 45 menit. Dalam pengecatan yang kedua sebaiknya menggunakan pola yang berlawanan, jika sebelumnya pola horizontal maka pada lapisan kedua polanya vertikal.

8. Setelah melakukan 2 – 3 kali pelapisan cat pada dinding kolam, Anda perlu mendiamkannya setidaknya 7 hari agar lapisan cat benar-benar kering sempurna.

9. Jika sudah mencapai 7 hari, maka langkah selanjutnya adalah membilas kolam menggunakan kain basah dan mengisinya kembali dengan air hingga penuh.

10. Diamkan air di dalam kolam selama kurang lebih 1 hari 1 malam.

11. Selanjutnya kuras kolam tersebut dan lakukan pengisian air dengan yang baru. Hidupkan filter kolam dan ikan hias kesayangan Anda bisa dimasukkan ke dalam kolam.


Baca juga: 6 Desain Kolam Ikan Koi: Teknik Pengerjaan, Instalasi Filter dan Sistem Pencahayaan


Harga Flexycoat Waterponding Kolam Koi 2022




Sebelummya telah dijelaskan secara lengkap mengenai keunggulan felxycoat waterponding serta cara mengaplikasikannya di kolam. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan harganya, berikut ini adalah daftar harga cat flexycoat waterponding di berbagai marketplace yang perlu diketahui:



Jenis Produk

Lazada

Tokopedia

Shopee

Bukalapak

Blibli

Flexycoat Waterponding 2,5 kg

Rp308.000 – Rp542.000

Rp308.000 – Rp 377.000

Rp308.000 – Rp439.000

Rp293.895 – Rp405.000

Rp308.000 – Rp448.000

Flexycoat Waterponding 10 kg

Rp1.068.000 – Rp1.525.000

Rp1.068.000 –

Rp1.228.000

Rp1.014.000 – Rp1.372.000

Rp1.014.480 – Rp1.200.000

Rp1.068.000 – Rp1.228.000



Harga flexycoat waterponding kolam yang tersedia di beberapa marketplace tersebut cukup bervariasi sesuai dengan kemasan dan toko yang menjual produk. Pada kemasan 2,5 kg biasanya digunakan untuk melapisi kolam dengan luas 4 meter persegi. 

Sementara kemasan 10 kg bisa Anda gunakan untuk melapisi kolam dengan ukuran sekitar 16 meter persegi. Dengan demikian, pembelian produk flexycoat waterponding bisa disesuaikan dengan luas kolam masing-masing.

Kisaran harga flexycoat waterponding yang telah dijelaskan di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli produk tersebut. Dengan harga yang cukup bervariasi, Anda bisa memilih yang paling ramah di kantong, meski begitu pertimbangkan pula biaya ongkir serta luas kolam yang akan dilapisi ya.

0 Response to "Keunggulan Flexycoat Waterponding, Harga, dan Cara Pemakaiannya"

Post a Comment