5 Inspirasi Desain Gedung Bangunan Sekolah Modern

Merancang desain sekolah modern bisa menjadi tantangan tersendiri. Bangunan sekolah modern didesain tidak hanya untuk menjadi sebuah tempat pendidikan, akan tetapi juga harus menjadi tempat untuk mendorong inspirasi dan rasa ingin tahu. Selain membangun gedung sekolah yang mampu mendukung kedua faktor tersebut, desain bangunan sekolah modern juga harus dirancang dengan mempertimbangkan ketahanan dan keamanan karena adanya faktor risiko kerusakan akibat bencana seperti gempa, kebakaran, dan sebagainya.

Desain bangunan sekolah modern saat ini yang sudah beroperasi sangat beragam. Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia sekolah yang mengusung tema gedung dengan penampilan kekinian sudah jamak ditemukan. 




5 Desain Gedung Bangunan Sekolah Modern yang Menginspirasi

Kriteria dari gedung sekolah yang mengusung tema modern adalah bangunan harus didesain dengan struktur yang aman, bahan material yang digunakan tidak beracun dan ramah lingkungan, dan tersedia fasilitas sarana dan prasarana yang mampu meningkatkan suasana yang lebih nyaman dan menggairahkan untuk belajar.

Berikut adalah lima contoh gedung bangunan sekolah yang telah mengadopsi dan berkembang dengan penambahan konsep arsitektur modern.


1. Gedung Sekolah SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang




Contoh indah arsitektur modern yang pertama adalah SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang. Sekali melihat gedung sekolah yang unik ini, Anda akan langsung tertarik pada konsep layaknya villa di puncak. 

Dengan desain gedung yang memiliki banyak jendela di sekelilingnya, yang berfungsi untuk menghadirkan pencahayaan yang lebih alami. 

Tampilan jendela yang dikombinasikan dengan batu bata ekspos nampak sangat artistik dan sejuk dipandang.


2. Desain Gedung Sekolah Alam Modern

Desain Sekolah Alam Modern


Meski sekolah alam, gedung bangunannya tetap dapat diusung dengan konsep arsitektur modern lho. Sekolah dapat menampilkan material kayu nan alami dikombinasikan dengan bahan konstruksi modern yang memudahkan proses pembangunannya, yaitu lebih cepat dan ramah lingkungan.

Pada desain di atas bangunan dibuat lebih terbuka sehingga lebih hemat energi listrik. Selain itu, siswa dan guru dapat menghirup udara segar tiap harinya dengan maksimal.

Bangunan Sekolah TK Alam


Sedangkan bangunan sekolah TK Alam di atas lebih tertutup. Paduan kaca sebagai jendela dan material kayu sebagai dinding dan juga lantai menambah keintiman dan lebih menyatu dengan lingkungan sekitar.

3. Alexandria School




Bangunan gedung utama sekolah Alexandria yang terletak di Bekasi ini memiliki desain yang mewah dan modern. Meskipun pilarnya mengusung tema corinthian klasik, namun atap dan konstruksi bagian dalamnya benar-benar memberikan kesan modern dan dimensional.

Gedung bangunan ini memberikan tampilan luar yang hangat dan nyaman. Terdiri 3 lantai dengan pilar yang berukuran besar membuat bangunan ini terlihat sangat megah.


4. Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang




Meskipun bukan sekolah, Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) tetap menjadi tempat pendidikan dan menampilkan desain yang sangat inspiratif yang dapat dibawa ke jenjang bangunan sekolah formal. Anda dapat menemukan bangunan modern nan unik yang satu ini di kawasan Tangerang.

Bentuk dari gedung ini tergolong unik karena tampak seperti kapsul dan ada yang menyebutnya seperti kepompong. Di sekeliling lingkungan kampus pun dipenuhi oleh tanaman hijau yang membuat kampus ini masuk ke dalam kampus hijau.

Berbagai jendela dan pintu kaca pada bangunan gedung kampus ini juga bisa digeser yang semakin menambah sentuhan modern. 


5. SD Mutiara Nusantara, dengan Desain Sekolah Tropis Modern



Desain gedung SD Mutiara Nusantara ini nampak modern dan futuristik. Dilengkapi dengan lubang ventilasi pada bagian dindingnya berfungsi untuk proses sirkulasi udara. Ini juga berguna untuk menghindari serangan jamur pada sarana dan prasarana yang ada di dalam ruangan sekolah.

Konsep yang diusung pada gedung bangunan SD Mutira Nusantara ini adalah tropis modern yang ditandai dengan penggunaan ventilasi silang (cross ventilation), sehingga udara yang masuk jadi lebih optimal dan membuat setiap ruangan kelas, kantor, kantin, dan selasar terasa lebih sejuk.

Banyaknya ventilasi juga membuat pencahayaan alami jadi lebih mudah memasuki seluruh penjuru bangunan gedung SD Mutiara Nusantara ini.

Konsep gedung sekolah open space dan futuristik ini tanpa sekat jadi ciri khas. Bangunan gedung tropis modern nyatanya lebih mementingkan unsur keleluasaan, kebebasan, keakraban tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan membuat aktivitas belajar terganggu.


Desain bangunan sekolah modern hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, beberapa di antaranya cukup mewah, sementara yang lain sederhana dan menarik. Lima konsep arsitektur sekolah modern yang ditampilkan di atas semoga dapat menjadi inspirasi bagi sekolah masa depan yang memiliki tujuan desain berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

0 Response to "5 Inspirasi Desain Gedung Bangunan Sekolah Modern"

Post a Comment