Beragam Ukuran Truk Wing Box: Ini Tempat Penyedia Penyewaannya!

Baik ketika ingin membeli maupun menyewa truk wing box, pasti akan mencari ukurannya terlebih dahulu. Sebab kapasitas yang berbeda-beda, maka ukuran truk wing box menjadi hal krusial untuk diperhatikan.

Truk ini sendiri mirip dengan tronton box, namun berbeda pada kapasitas maksimal muatannya. Truk wing box memiliki kemampuan untuk membuka-tutup box secara keseluruhan. Ketika dibuka, dinding menjadi terlihat seperti sayap.


 

Deskripsi Truk Wing Box

Truk wing box ialah salah satu armada ekspedisi atau pengiriman barang dengan konfigurasi tiga pintu; di sisi kanan, kiri, serta bagian belakang. Truk ini mempunyai bagian berbentuk box, berbahan alumunium atau besi yang menjadikannya lebih ringan daripada truk jenis lain.


Seperti namanya, truk ini berpenampilan mirip seperti sayap yang terbentang saat pintu sisi kanan dan kirinya dibuka. Umumnya, setiap truk mempunyai stabilizer, lengkap dengan sistem hidrolik agar kestabilan terjaga saat dua sayap dibuka.

Komponen itu juga menjadikannya aman dari risiko kerusakan pada muatan di dalam. Truk ini kerap dipakai oleh perusahaan besar karena performanya optimal. Kapasitas besar menjadikannya mampu membawa muatan besar.

Beberapa jenis truk wing box saat ini dillengkapi dengan fasilitas pendingin (freezer). Karena itu, pemanfaatannya meluas untuk mengangkut bahan-bahan makanan segar, seperti daging, buah, dan sayur-sayuran.

Kelebihan Truk Wing Box


Hampir semua muatan truk memiliki berat masing-masing, pun ukuran berbeda-beda. Dengan box yang bentuknya beragam, truk wing box menjadi jenis truk yang kerap menjadi pilihan. Berikut ini ialah fakta mengenai keunggulan truk wing box.

1. Perlindungan Tinggi

Bentuk truk yang seperti box menjadikan tingkat perlindungannya tinggi. Muatan dapat berupa produk susu dan macam-macam consumer goods, misalnya sabun dan sampo. Truk wing box menjadi pilihan optimal untuk mengangkut produk bernilai tinggi.

Di samping itu, truk ini juga kerap dipakai untuk membawa barang muatan pindahan rumah, apartemen, atau kantor. Perlindungan tinggi menjadikan truk ini dapat mengirim sofa, tempat tidur, meja, dan barang lain yang harus terhindar dari hujan dan debu.

2. Praktis dan Hemat Waktu

Keberadaan tiga pintu pada truk wing box menjadikan prose bongkar-muat menjadi mudah. Dua sisi sayap dan satu pintu belakang bisa menjadi alternatif untuk dibuka. Truk juga dapat dibuka turun ke bawah, sehingga proses menjadi lebih mudah karena tidak terlalu tinggi.

Keamanannya juga lebih terjamin daripada truk dengan bak terbuka. Karena itu, truk ini kerap dipakai untuk mengirim produk kemasan. Pengiriman juga unggul untuk ekspedisi antar kota bahkan menuju pulau yang berbeda. Kapasitas besar menjadikan pengiriman lebih efisien dan menghemat waktu.

Selain itu, wing box adalah truk yang memiliki beberapa keunggulan lain, seperti poin-poin berikut ini.

  • Dilengkapi sayap pada kedua sisi kiri karoseri, membuat muatan dapat terlindungi dari hujan dan panas.
  • Proses bongkar-muat barang akan lebih cepat, sebab dapat dilakukan dari semua arah.
  • Bongkar-muat barang dapat memakai alat bantu, misalnya forklift atau man power.
  • Daya angkut dan kemampuan besar, kapasitas kubikasi setara dengan kontainer dengan ukuran 40 feet.


Ukuran Truk Wing Box dan Jenis-Jenisnya


Berdasarkan ukuran truk wing box, kapasitas, serta penggunaannya, truk ini terbagi menjadi beberapa jenis. Dengan berbagai desain khusus, berikut ini ialah jenis-jenis truk wing box.

1. Engkel Wing box




Truk ini menjadi armada angkutan yang dapat dipakai untuk menampung barang dengan dimensi dan berat yang telah ditentukan. Harganya ialah Rp125.000.000.

2. CDD Wing box




Truk CDD ini merupakan model yang dapat mengangkut material dan barang dengan kapasitas berat maksimal 18 ton. Ukuran truk wing box CDD ialah 10 m x 2,4 m x 2,4 m. Harganya berkisar Rp239.000.000.

3. Tronton Wing box





Model truk tronton wing box memiliki dimensi seimbang, sehingga kapasitas angkutan yang dapat ditampung dapat lebih besar. Ukuran truk wing box yang satu ini adalah 11,9 m x 2,5 m x 2,9 m. Berat kosongnya ialah 7,2 ton, sedangkan berat maksimal ialah 25 ton. Kisaran harganya ialah Rp503.000.000.

4. Wing box Reefer




Truk reefer merupakan truk dengan kapasitas pengangkutan untuk barang dan material yang memerlukan suhu dingin. Harganya adalah Rp120.000.000.


5. Trailer Wing box

Via simojoyo.com



Model truk trailer dipakai untuk mengangkut barang atau material dengan kapasitas dimensi yang maksimal. Berat maksimal angkutannya ialah 45-50 ton. Konfigurasinya memiliki 5 sumbu dengan total 18 ban. Kisaran harganya adalah Rp370.000.000.


Merk Truk Wing Box


Selain jenis, Anda juga perlu mengenali beberapa perusahaan atau brand yang memiliki truk wing box sebagai salah satu produksinya. Di bawah ini ialah beberapa perusahaan terkenal di Indonesia yang sudah tak asing lagi dengan keluaran truk wing box-nya.

1. Truk Wing Box Hino

Truk ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Selain mudah ditemukan, truk merk ini memang terkenal dengan kekuatannya. Hino menjadi merk yang cukup sukses di pasar. Truk wing box perusahaan ini menjadi armada dengan jenis truk yang banyak.

2. Truk Wing Box Isuzu

Di samping Hino, ada Isuzu. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi, salah satu truknya ialah jenis wing box. Merk ini sudah terkenal dari dulu karena unggul dalam ketahanannya. Masyarakat juga banyak memakai truk ini sebab jenis yang bervariasi.

3. Truk Wing Box Mitsubishi

Truk ini pun banyak sekali melewati jalanan di Indonesia. Persebarannya cukup banyak, karena itu merk ini dikatakan berhasil merajai pasar otomotif Indonesia, termasuk truk wing box-nya, yang menjadi kebanggan dalam bidang pengiriman barang.

Daftar Penyedia Penyewaan Truk Wing Box


Setelah memahami berbagai ukuran truk wing box, Anda mungkin berpikir untuk menyewanya suatu saat ini untuk keperluan mendadak. Banyak penyedia jasa sewa truk ini di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya dapat disimak pada tabel berikut ini.

NO.

NAMA PENYEDIA

ALAMAT SITUS

1.

Kargo

www.kargo.tech

2.

Deliveree

www.deliveree.com

3.

PT Sinar Mulia Bahari

www.smbtrans.id

4.

TruckKing

www.truckking.id

5.

Cargo.id

www.cargo.id

6.

Go Truk Carter

www.go-truk.com

7.

SMB Cargo

www.smbcargo.com

8.

CNT

www.cnt.co.id

9.

PT IKE (Indone Kargo Ekspress)

www.indonekargo.com

10.

Indonetwork.co.id

www.indonetwork.co.id

11.

PT Iswara Jaya Langgeng

www.ijltrans.com

12.

CARITRUK

www.caritruk.com

13.

YOSUA expedition

www.yosualogistik.co.id

14.

Medan Kargo

www.medankargo.co.id

15.

RAPI.co.id

www.rapi.co.id


Ukuran truk wing box
memang ideal untuk urusan antar-mengantar barang. Dengan dinding yang dapat dibuka dari dan ke segala arah juga menjadikan proses bongkar-muat menjadi lebih efisien. Tutupan box juga dapat menjamin muatan jauh dari risiko kerusakan.

0 Response to "Beragam Ukuran Truk Wing Box: Ini Tempat Penyedia Penyewaannya!"

Post a Comment