Pneumatic Roller: Fungsi dan Cara Kerja, Jenis dan Harga (Lengkap)

Pneumatic roller adalah alat berat yang digunakan untuk memampatkan material pengaspalan di jalan raya. Kalau sedang ada konstruksi jalan, Anda biasanya akan menemukan jenis alat berat ini. Pneumatic tired roller memiliki beberapa roda karet pada bagian depan dan belakang alat.

Roda tersebut yang berperan sebagai penggilas. Bagaimana cara kerja pneumatic roller sampai bisa memadatkan material? Padahal hanya menggunakan roda saja. Penasaran? Mari kulik pembahasannya di artikel ini!



Fungsi dan Cara Kerja Pneumatic Tired Roller


Alat yang akrab disebut sebagai universal compactor ini memiliki jumlah roda yang bervariasi, antara 9 sampai 19. Disebut pneumatic roller karena roda-roda tersebut dipompa dengan angin. Roda penggilas tersebut menghasilkan efek kneading dan static weight.

Jadi, cara kerja alat ini adalah dengan memadatkan tanah agar kandungan udara dan air bisa diekstrak melalui tepi-tepi ban (kneading effect). Selain dapat menekan material, alat ini juga menggetarkan material agar tanah lebih padat dan keras. 

Atas alasan tersebut pneumatic roller adalah alat yang paling tepat untuk menangani medan tanah dari yang kering sampai dengan sedikit lembab. Sayangnya, alat ini tidak cocok digunakan pada tanah bebatuan. Sebab permukaan batu yang tajam cenderung merusak roda penggilas.

Alat ini sangat esensial dalam pembangunan infrastruktur jalan. Adapun fungsi dari pneumatic roller adalah sebagai berikut:


1. Memadatkan jalan tanah

Alat ini mampu menaklukkan sejumlah medan, salah satunya medan jalan tanah liat. Yang perlu menjadi perhatian adalah seberapa dalam jalan tanah liat tersebut. Hindari tanah liat yang terlalu dalam, karena dapat membuat pneumatic roller terjebak. 

Seperti diketahui, alat ini memiliki roda yang banyak, bahkan ada yang 19 buah. Akan tetapi, jumlah roda yang digunakan perlu disesuaikan dengan kondisi medan, mulai dari lebar jalan dan jenis tanah.


2. Memampatkan material jalan

Dalam pembangunan jalan raya, kepadatan lahan adalah hal yang selalu dipertimbangkan. Tidak semua lahan memiliki struktur tanah yang padat. Beberapa lahan baru relatif gembur dan tidak cocok untuk dibangun jalan di atasnya. 

Di sini pneumatic roller terjun langsung. Roda penggilas pada alat ini menimbulkan efek kneading sehingga tanah menjadi lebih padat dan keras. 


3. Memperhalus permukaan jalan

Fungsi selanjutnya pneumatic roller adalah meratakan permukaan jalan. Siapa yang suka berkendara di atas jalan yang tidak rata? Hampir semua orang tidak suka. Karena itu, penting membuat jalan yang halus dan rata. 

Roda penggilas pneumatic roller juga menghasilkan efek static weight, yaitu efek di mana roda bergetar sehingga partikel yang kecil dapat mengisi rongga-rongga di dalam struktur tanah. 

Canggihnya lagi, alat ini memiliki ruang pada dinding alat yang dapat diisi dengan pasir atau zat cair guna menambahkan beban mesin. Dengan begitu, pneumatic roller mampu memampatkan tanah sedalam 24 cm.


Jenis Pneumatic Roller dan Harganya


Alat yang menggabungkan mekanisme kneading dan static weight ini sengaja dirancang untuk menambah beban pada permukaan tanah. Anda bisa mengatur berat dan ringan tekanan ban. Pneumatic roller diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan ukurannya, yakni kecil dan besar.


1. Pneumatic roller kecil



Ukuran roda pada alat ini lebih kecil dan hanya terdiri dari 7 roda. Formasi roda adalah 3 di depan dan 4 di belakang. Alat ini biasa digunakan untuk lebar jalan yang lebih sempit.


2. Pneumatic roller besar


Jenis kedua pneumatic roller adalah alat yang terdiri dari 9 roda dengan formasi 4 di depan dan 5 di belakang. 

Sama seperti pneumatic roller kecil, peletakan roda sengaja tidak dibuat sejajar. Tujuannya agar tanah yang tidak tergilas oleh roda depan bisa digilas oleh roda belakang.

Untuk harga pneumatic roller sendiri bervariasi. Anda bisa membeli alat yang sudah bekas atau baru. Biasanya harga yang bekas berkisar di antara Rp175 juta rupiah. Sedangkan harga baru dapat mencapai Rp1 miliar rupiah. 


Daftar Jasa Pengiriman Alat Berat Pneumatic Roller di Indonesia


Salah satu kendala yang sering dihadapi pembangunan jalan raya adalah kurangnya perlengkapan konstruksi. Sehingga menghambat proses pembuatan jalan. 

Apabila Anda mencari jasa ekspedisi yang mau mengirimkan pneumatic roller, berikut ini adalah daftar beberapa jasa yang menerimanya:


1. SMT Logistics

Nama ekspedisi    :     SMT Logistics

Web resmi            :      www.smtlogistics.co.id/jasa-pengiriman-alat-berat


SMT Logistics menawarkan biaya ekspedisi yang kompetitif dan relatif dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Perusahaan yang aktif beroperasi bertahun-tahun ini selalu memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Apabila Anda membutuhkan jasa pengiriman pneumatic roller ke daerah Anda, SMT Logistics bisa dijadikan bahan pertimbangan. Apalagi jasa ekspedisi ini melayani segala daerah di Indonesia, bahkan sampai ke pelosok negeri.


2. Alat Berat

Nama ekspedisi    : Alat Berat

Web resmi            : www.alat.berat.id/jasa/pengiriman-alat-berat 

Perusahaan jasa pengiriman selanjutnya bernama Alat Berat. Selain menjual alat berat, perusahaan ini juga menawarkan jasa pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia. Terlebih lagi, Alat Berat dibekali pekerja yang berpengalaman dan bersertifikat.

Anda bisa memilih armada pengiriman, baik itu armada darat maupun laut. Tentunya tarif yang dipatok tidak sama. Jika Anda ingin pneumatic roller tiba di tempat Anda tepat waktu, silakan pilih jasa pengiriman satu ini.


3. Lionel Express

Nama ekspedisi    : Lionel Express

Web resmi            : www.lionelexpress.com/jasa-pengiriman-alat-berat


Jasa ketiga pengiriman pneumatic roller adalah Lionel Express. Perusahaan yang berbasis di Tangerang ini mengklaim dirinya sebagai spesialis jasa ekspedisi barang berkualitas. Ongkos pengiriman yang dipatok terbilang kompetitif.

Langsung saja kunjungi situs resminya untuk berbicara langsung dengan pihak Lionel Express. Perusahaan ini menerima pengiriman secara darat, laut bahkan udara ke berbagai daerah di Indonesia. Pilihan yang bagus bila lokasi Anda sedikit sulit dijangkau.


4. Cargonesia Express

Nama ekspedisi    : Cargonesia Express

Web resmi            : www.cargonesia.co.id/jasa-pengiriman-alat-berat


Cargonesia Express melayani pengiriman alat berat, seperti pneumatic roller, excavator, bulldozer, bahkan crane dan masih banyak lagi. Semua wilayah yang ada di Indonesia dapat dijangkau oleh perusahaan ini.

Anda akan dibuat puas dengan pelayanan yang prima dan tarif yang standar. Di samping itu, Cargonesia Express menyediakan jaminan asuransi barang. Yang pasti ada tarifnya tersendiri. Armada pengirimannya juga cukup beragam, mulai dari transportasi darat dan laut.

Pneumatic roller adalah alat berat yang biasanya dijumpai di area konstruksi pembangunan jalan. Fungsinya yang esensial nyaris tidak tergantikan oleh alat lain. Sekian dari pembahasan ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Pneumatic Roller: Fungsi dan Cara Kerja, Jenis dan Harga (Lengkap)"

Post a Comment