Update Perbedaan EMKL dan Forwarder, Keunggulan dan Biaya Jasanya

Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang. Perusahaan ini umumnya beroperasi 24/7 non stop degan angkut bongkar muatan yang cukup beragam.

EMKL juga banyak digunakan karena keunggulannya dibanding dengan penyedia jasa kirim kargo lainnya. Rincian biaya yang perlu dikeluarkan juga cukup beragam bergantung pada barang apa yang akan diangkut atau dibongkar.



Pengertian EMKL Adalah?


Nyatanya, pengiriman lewat jalur perairan sudah dilakukan sejak zaman dulu. Hingga kini era modern justru teknik pengiriman ini lebih berkembang pesat. Salah satu bentuk perkembangannya muncullah perusahaan bidang jasa EMKL.

Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau EMKL adalah perusahaan bidang jasa yang menyediakan perjalanan kirim barang logistik lewat jalur perairan. Umumnya barang yang dikirimkan merupakan barang besar atau barang dengan jumlah yang cukup banyak.

Sistem operasional EMKL tentu saja harus mengantongi izin jalan dari pemerintah. Legalitas ini juga jadi salah satu komponen kepercayaan konsumen pengguna jasanya. Tidak sembarang jasa logistik air yang bisa lalu lalang setiap harinya di perairan Indonesia bahkan dunia.

Armada yang digunakan dalam setiap pejalannya juga bukan kapal biasa. EMKL banyak menggunakan kapal laut kargo dengan permukaan kapal yang cukup luas juga datar. Kapal laut dibuat demikian untuk bisa memuat banyak logistik dengan skala yang cukup besar dan bertumpuk.

Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan EMKL salah satu yang terkenal adalah EMKL Batam. Batam sudah lama dikenal sebagai salah satu daerah transit banyak perjalanan jual beli internasional. Begitu juga dengan EMKL Jakarta dengan lalu lalang kapal yang tidak pernah usai.


Keunggulan Jasa EMKL


EMKL tentunya punya keunggulan tersendiri sehingga banyak digunakan oleh masyarakat luas. Jasa ini juga jadi opsi terbaik untuk pengiriman logistik dalam jumlah besar. Apa saja keunggulan yang akan didapatkan?


1. Kapasitas Pengiriman Besar

Keunggulan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan EMKL adalah kapasitas pengiriman yang cukup besar. Bagaimana tidak, setiap angkutan dapat memuat hingga ratusan kontainer dengan ukuran yang cukup besar pula.

Belum lagi kontainer bisa disusun bertumpuk ke atas hingga permukaan kapal ditutupi penuh oleh kontainer. Dimensi barang yang besar pun bukan lagi masalah untuk dikirimkan menempuh jarak yang jauh.


2. Pengiriman Bebas Hambatan

Tentu saja pengiriman tepat waktu dengan kondisi barang utuh diinginkan oleh setiap pihak pengirim. Salah satu opsi terbaiknya yakni dengan menggunakan jasa EMKL. Jasa ini dijamin bebas hambatan kecuali faktor cuaca.

Dengan dihadapkan pada faktor cuaca sekalipun pengiriman barang jarang melenceng jauh dari kemungkinan. Penggunaan EMKL jalur perairan tidak akan bertemu dengan kemacetan berarti seperti halnya pengiriman via darat.


3. Perlindungan Utuh pada Barang Kiriman

Lagi-lagi EMKL adalah opsi pengiriman unggulan dengan jaminan perlindungan utuh pada barang kiriman. Pada dasarnya pengiriman lewat EMKL menggunakan kontainer yang terbuat dari unsur besi. Unsur ini jadi pelindung utuh di luar untuk mencegah kerusakan pada barang kiriman.

Penggunaan kontainer juga bisa paten dengan cara membeli kontainer untuk kebutuhan pribadi. Barang yang dikirim akan utuh sampai ke tempat tujuan dengan kontainer yang dibeli. Adanya kontainer jadi penjamin keutuhan barang kiriman terlepas dari apapun jenis barangnya.


4. Dokumen Pengiriman Legal

Jasa EMKL hanya bisa beroperasi bila mengantongi izin operasional resmi. Karenanya dokumen yang disertakan dalam pengiriman atau penerimaan barang merupakan dokumen legal langsung dari instansi terkait.

Jadi Anda tidak perlu takut penipuan atau terlibat dalam hal buruk lainnya. Dokumen legal akan terus menyertai pengiriman barang Anda hingga tempat tujuan. Sekalipun barang berasal dari luar negeri Anda tetap mengantongi izin kirim yang legal.


5. Harga Kirim Murah

Kenapa harga kirim lewat EMKL lebih murah? Nyatanya kalkulasi harga pengiriman dilakukan secara borongan. Biasanya langsung dikalkulasikan berdasar jumlah kontainer yang digunakan sebagai peti pengiriman barang logistik.

Harga minim ini sudah termasuk biaya operasional dan biaya garansi bila memang perusahaan menyediakannya. Harga yang sama juga dikenakan pada jalur pengiriman dalam negeri maupun luar negeri.


Perbedaan EMKL dan Forwarder



Tidak sedikit yang masih bingung dengan perbedaan antara EMKL dan forwarder. Bahkan tidak jarang juga keduanya disamakan begitu saja. Padahal ada satu pembeda utama yang cukup mudah diidentifikasi.

Perbedaan EMKL dan perusahaan forwarder cukup sederhana. Biasanya EMKL hanya berfokus pada pengiriman logistik dalam negeri. Sementara forwarder mengurus pengiriman dan penerimaan barang ekspor impor.

Tentu saja EMKL bisa jadi penerus barang impor ekspor ke atau dari dalam negeri. Namun pada umumnya yang langsung berkaitan dengan legalitas, urusan dokumen hingga perhitungan barangnya adalah penyedia forwarder.

Tidak hanya pada jalur laut, forwarder juga berfungsi mengurusi legal persuratan, muat bongkar barang, pengecekan hingga penyaluran barang logistik lewat jalur udara maupun darat. Uniknya unit utama forwarder hanya diam di satu tempat saja.


Perhitungan Biaya EMKL


Jasa EMKL adalah
jasa pengiriman yang dapat digunakan setiap harinya dengan kapasitas yang cukup besar. Berbagai kemungkinan pengiriman berbagai jenis barang bisa terjadi hingga berkali-kali setiap harinya.

Tarif ekspedisi muatan kapal laut bisa jadi berbeda setiap pelabuhannya. Namun yang pasti ada perhitungan umum yang dilakukan oleh pihak EMKL untuk menentukan berapa biaya operasional yang harus dibayarkan. Perhitungan umum meliputi:

  • Berat (satuan ton) barang dengan pengurusan dokumen kirim oleh pihak EMKL
  • Biaya juga termasuk biaya imbal jasa (inklaring) dan biaya pengurusan dokumen barang, verifikasi, dan pengawasan logistik barang (uitklaring).


Lebih detail lagi pembayaran bisa dibagi hingga 9 jenis pengeluaran. Banyaknya pembayaran ini akan sebanding dengan hasil dan jaminan pengiriman. Sebagai gambaran Anda bisa meninjau contoh rincian pembayaran ekspedisi logistik menggunakan EMKL berikut ini:


Biaya pelabuhan dan dana kerja

Rp 1.300.000,-

Biaya penumpukan dan gerakan behandle

Rp 800.000,-

Biaya mekanis

Rp 215.000,-

Biaya operasional

Rp 155.000,-

Dana ekstra behandle

Rp 200.000,-

Biaya angkutan

Rp 600.000,-

Ongkos angkutan

Rp 600.000,-

Biaya pelayaran

Rp 11.105.000,-

DO pelayaran (THC/CFS)

Rp 11.105.00,-


EMKL digadang sebagai pilihan pengantar logistik paling efisien untuk jarak jauh. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan jenis pengiriman barang yang ada. Nantinya harga menyusul akan disesuaikan oleh kedua pihak. Gunakan gambaran harga di atas untuk mempersiapkan budget.

0 Response to "Update Perbedaan EMKL dan Forwarder, Keunggulan dan Biaya Jasanya"

Post a Comment