5 Jenis Pintu Koboi yang Cocok Mempercantik Rumahmu

Dibandingkan dengan pintu engsel biasa, pintu koboi didesain agar ruangan yang sempit masih nampak luas. Nah, kemampuannya dalam menghemat tempat inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk memasang pintu koboi pada ruangan tertentu. Selain membuat ruangan terlihat luas, aneka inovasi desain pintu koboi yang semakin Keren saat ini dapat mempercantik tampilan rumahmu juga, lho!

Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak asal memilih dan membeli pintu koboi untuk dipasang pada ruangan-ruangan di rumah. Pertama yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian desain pintu koboi dengan konsep gaya rumahmu, selanjutnya variasi atau jenis pintu koboi yang akan kamu gunakan, dan fungsinya.

Perbedaan jenis pintu koboi dapat dilihat dari bahan bakunya. Nah, untuk menambah referensimu sebelum melakukan pembelian, berikut ini kami berikan beberapa inspirasi jenis pintu koboi yang bisa membuat rumah kamu terlihat semakin luas. Simak baik-baik, ya!



Rekomendasi Pintu Koboi Terbaik Untukmu

Saat ini cukup banyak jenis pintu yang bisa dipilih sesuai dengan selera konsumen. Salah satunya ada beragam jenis pintu koboi baik yang dikelompokkan berdasarkan bahan baku hingga fungsinya. Pintu koboi menggunakan engsel khusus yang memanfaatkan tekanan per di dalamnya sehingga ketika ada orang yang melewatinya, pintu dapat berayun tanpa harus ditarik.

Mari kita simak jenis-jenis pintu koboi berdasarkan bentuk, teknologi, ataupun material yang digunakan. Temukan pilihan desain dari jenis pintu koboi yang paling tepat untuk gaya hunian kamu dengan membaca sampai selesai artikel di bawah ini.


1. Pintu Koboi Kayu


Material kayu yang solid dan tidak tembus pandang menjadikan pintu koboi jenis ini cocok untuk membatasi antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya.

Seperti halnya pintu koboi lainnya, pintu ini dapat berayun ke dua arah. Biasanya pintu koboi kayu ini dapat kita temukan di berbagai restoran maupun kafe. Fungsi dari pintu koboi ini adalah untuk memudahkan pelayan maupun pengunjung saat lewat. 

2. Pintu Koboi dengan Finishing HPL


Pintu koboi ada juga lho yang sudah ber-finishing HPL. Bahkan kamu bisa melakukan pemesanan custom terlebih dahulu terkait dengan ukuran panjang dan lebarnya.

Desain pintu koboi ini sebaiknya pada bagian atas dan bawahnya dibiarkan terbuka. Konsep seperti ini  akan memudahkan penghuni maupun tamu untuk keluar masuk ruangan. Karena pengguna tidak perlu menarik dan mendorong gagang pintunya.

3. Pintu Koboi Dapur



Jenis pintu koboi selanjutny adalah pintu koboi dapur yang diaplikasikan di antara ruangan dapur dan ruangan sebelahnya. Pintu koboi dapur harus didesain senyaman mungkin karena umumnya dapur merupakan tempat yang cukup sempit. 

Desian yang cocok untuk pintu koboi dapur adalah yang mampu memberikan kesan tradisional dan vintage. Desain tersebut dapat membuat area dapur kian memukau.

4. Pintu Koboi Ukiran



Pintu koboi dengan ukir khas Jepara ini biasanya diaplikasikan untuk menghadirkan kesan etnik pada hunian. Kesan alami yang tampil dari pintu koboi ini membuat jenis pintu ini cocok digunakan untuk villa atau resort.

Untuk ruangan di sekitar pintu ini bisa kamu tambahkan perabot rumah atau furniture yang ada sentuhan ukirannya juga. Tentu hal ini berfungsi agar tampilan natural pada ruangan tersebut semakin mewah maksimal. 

Pengerjaan pintu koboi ukir ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentu saja biayanya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis pintu koboi sebelumnya. 


5. Pintu Koboi Modern Minimalis




Tidak banyak detail, terlihat bersih, dan menggunakan banyak elemen garis adalah karakteristik dari pintu koboi modern minimalis. Soal material, desain pintu koboi yang satu ini bisa dibuat dari material papan kayu hingga PVC.

Dari sekian banyak desain pintu koboi yang ada, kira-kira desain pintu seperti apa yang cocok untuk hunian kamu?

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis pintu koboi. Pintu koboi ini memang mengingatkan kita pada serial film Koboi Amerika. Jika dicermati memang jenis pintu koboi berbeda dari pintu yang biasanya kita lihat. Dari segi engsel yang digunakan berupa dua engsel yang terpasang berbeda di kanan dan kiri pintu masuk. Jika sudah terpasang, kamu akan merasakan tampilan pintu tersebut seperti di sebuah bar di California atau mengingatkan pada bangunan-bangunan rumah zaman Belanda. 

0 Response to "5 Jenis Pintu Koboi yang Cocok Mempercantik Rumahmu"

Post a Comment