Puluhan Ide Gapura Minimalis Berdasarkan Territorial Identity

Saat ini gapura tidak hanya dibangun untuk menunjukan batas teritori suatu wilayah, melainkan juga marak digunakan di dalam hunian masyarakat ataupun fasilitas umum sebagai pos penjagaan. Gapura tersebut berbentuk gated community yang ditandai dengan desain gapura minimalis yang seakan-akan berusaha untuk memisahkan diri atau membedakan dari lingkungan sekitarnya. 

Gapura minimalis pada perumahan cluster merupakan gapura sebagai pintu entrance kawasan perumahan yang mempunyai kelompok-kelompok rumah dalam konsep tertentu. Nah, jika kamu menginginkan berbagai inspirasi desain gapura minimalis yang tidak hanya untuk kawasan perumahan, bisa simak penjelasan di bawah ini. Di sini akan dijelaskan desain gapura minimalis untuk masjid, sekolah, rumah, pemisah teritori kawasan desa/kota, dan taman makam pahlawan dan/ TPU. 



Definisi Gapura

Sebelum mengetahui ide-ide desain gapura yang saat ini banyak dibangun di kawasan perumahan tentu kita harus mengetahui lebih jelas terlebih dahulu mengenai definisi gapura itu sendiri.

Gapura adalah sebuah konstruksi yang digunakan untuk menandakan daerah masuk dan sebagai penanda perbedaan teritori sebuah wilayah tertentu. Selain itu, saat ini gapura banyak digunakan sebagai pos keamanan, khususnya gapura yang berada di kawasan hunian perumahan, masjid, sekolah, kampus, dan lain sebagainya.

Di dalam sebuah kawasan kita mengenal identifiable unit mulai dari lingkup terkecil sampai lingkup yang lebih besar. Untuk menunjukkan identitas tersebut maka dibangunlah gapura yang bertindak sebagai ambang pintu yang menciptakan unit itu. 

Setiap bagian dari sebuah kawasan–kecil seperti rumah maupun besar- seperti antar kota akan diidentifikasikan oleh individu atau penduduknya sebagai kawasan mereka, akan diperkuat dan diperjelas jika jalan masuk menuju kawasan tersebut ditandai dengan kehadiran sebuah gapura pada saat melewati batas sebuah kawasan.

Desain Arsitektur Gapura Minimalis

Poin-poin penting dalam pembangunan sebuah gapura minimalis adalah gapura dibuat sebagai elemen solid. Selain itu, desain arsitekturnya harus dapat dilihat dari setiap sudut kedatangan dan melingkungi jalan yang melalui batasan.

Sebuah gapura harus mempunyai lubang/pintu untuk bisa dilewati. Jika diperlukan bisa dibangun sebuah jembatan atau perbedaan level yang jelas antara teritori wilayah satu dengan wilayah lainnya, dan di atas semua itu dibuatlah gapura sebagai ‘sesuatu’ yang memberikan peralihan perasaan bagi orang yang melewatinya. 

Desain arsitektur 'sesuatu' tersebut yang dimaksud adalah dengan menggunakan permainan lighting, surface, crossing water maupun perbedaan view level ketinggian.

Oleh karenanya, pembuatan gapura minimalis juga harus memperhatikan transisi dan sirkulasi sehingga dalam pembentukan gapura harus melihat pola sirkulasi dan juga pemaknaan transisi yang akan dibuat dalam suatu teritori yang ditandai dengan kehadiran gapura tersebut.

Ide Desain Gapura Minimalis yang Bisa Dijadikan Inspirasi


Gapura minimalis dapat mempunyai beragam bentuk dan gapura minimalis juga dapat dikaitkan dengan teritorinya karena gapura merupakan bagian dari teritori tersebut. Gapura minimalis adalah cara manusia untuk menandai teritorinya engan identitas yang ada di kawasan tersebut. Sehingga dalam merancang sebuah gapura minimalis kita juga harus mengenal teritori di dalamnya.

Berikut ini adalah ide desain gapura minimalis dengan konsep territorial identity:


1. Gapura Minimalis untuk Masjid

Mengambil dari gaya arsitektur Timur Tengah, inspirasi gapura minimalis untuk pintu masuk kawasan masjid ini akan tampak memukau dan sarat akan nilai-nilai Islami dan keindonesiaan. 

Layout struktur gapura ini tidak semata-mata nyaman dipandang mata saja, membuat sejuk bagi pengunjungnya. Akan tetapi, juga memberikan nuansa menyatu dengan kawasan sekitar masjid.

Berikut ini inspirasi gapura minimalis masjid yang mungkin saja cocok untuk pembangunan tempat ibadah di daerahmu.


Gapura Masjid Bergaya Minimalis dengan Konsep Putih


Gapura Minimalis Masjid Sunda Kelapa


2. Gapura Minimalis untuk Depan Rumah

Material solid yang dibuat berukiran jadi highlight menarik secara visual dari gapura rumah minimalis nuansa Bali berikut.

Fungsi dekorasinya memang difungsikan untuk memberikan nuansa Bali yang lebih kuat.  Selain itu, kamu juga bisa melihat pada gambar yang kedua yang merupakan gapura minimalis untuk rumah bergaya modern. Kamu bisa menambahkan pos keamanan di sampingnya. 

Gapura Minimalis Nuansa Bali

Gapura Minimalis Modern


3. Gapura Minimalis untuk Sekolah

Berdasarkan territorial identity selanjutnyta, gapura untuk sebuah sekolah dapat dibentuk dengan melihat latar belakang dari sekolah tersebut. Untuk sekolah madarasah kamu dapat mengadopsi desain pada gambar yang pertama yang menonjolkan sentuhan Islami berupa kubah di bagian tengahnya. Kemudian untuk menopang kubah kecil tersebut dibentuklah desain atap gapura yang menyerupai buku/kitab.

Sedangkan untuk gambar yang kedua merupakan desain gapura minimalis untuk sekolah/kampus negeri. Pada desain gapura Universitas Negeri Surakarta (UNS) tersebut ditonjolkan identitas seni budaya yang mengandung makna filosofis yang dalam.

Gapura Minimalis Sekolah Islami/Madrasah

Gapura Minimalis Kampus UNS dengan Budaya


4. Gapura Minimalis untuk Kluster Perumahan

Pembangunan kluster perumahan saat ini memang sedang berada di momentum puncak beberapa tahun belakangan. Untuk menambahkan kesan elite, para developer ini membuat gerbang pintu entrance dengan desain yang sangat indah. Pintu entrance tersebut dapat berupa sebuah gapura atau gated community.

Selain bisa dijadikan referensi kekinian untuk desain yang menawan, gapura minimalis kluster perumahan nyatanya dapat juga diadopsi menjadi mahakarya seperti di di bawah ini. 

Kunci sukses yang perlu diperhatikan oleh seorang arsitek ketika hendak merancang sebuah gapura untuk area kluster perumahan adalah penempatan lokasi gapura yang strategis dengan desain yang indah dan memukau. Karena ketika calon konsumen yang berniat untuk membeli unit perumahan, yang dilihat pertama kali adalah desain gapura ini.

Gapura Pintu Gerbang Citra Raya City

Gapura Citraland Surabaya


5. Gapura Minimalis untuk Perbatasan Teritori Antar Kampung

Untuk memudahkan pengguna jalan agar dapat membedakan ia memasuki sebuah wilayah administrasi baru, maka dibangunlah sebuah gapura. 

Selain digunakan sebagai pembatas anta kampung, gapura kampung ini juga dibangun oleh masyarakat sebagai bentuk tradisi, sebuah wujud ungkapan selamat datang, semanak, yang merupakan perwakilan keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada tamu yang datang.

Gapura Perbatasan Desa

Gapura Bergaya Kerajaan


6. Gapura Minimalis untuk Perbatasan Teritori Antar Kota

Mutu beton yang dikenal sebagai primadona bahan bangunan umumnya yang dipakai untuk pembangunan gapura perbatasan teritori anta kota. Kemudian, pada bagian atap dari gapura tersebut bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang punya estetika tinggi.

Umumnya gapura minimalis untuk perbatasan antar kota tidak didesain biasa-biasa saja, struktur cantik ini dirancang dengan material beton berbentuk ikon atau ciri khas yang menandakan kota tersebut sebagai penampang atap yang siap menyambut setiap orang yang datang.

Gapura Yogyakarta

Gapura Kota Depok


7. Gapura Minimalis dengan Dua Jalur (Double Way)

Untuk memudahkan akses para pengguna jalan, model gapura minimalis double way atau dua jalur seperti ini bisa jadi pilihan terbaik.

Model gapura dua jalur dapat membantu mengurai lalu lintas kendaraan di jam padat seperti pagi atau sore hari ketika orang pergi dan pulang dari tempat kerjanya.

Untuk melengkapi keamanannya, biasanya dipasang portal yang ditempatkan di tengah.

Gapura Double Way Antar Kota


Gapura Minimalis Vintage


8. Gapura Minimalis untuk Kantor Pemerintahan

Kombinasi sempurna dari susunan batu bata membuat tembok gapura dengan tampilan minimalis ini bakal membuat komplek perkontoran akan tampak semakin berkelas. 

Selain desain minimalis modern, gapura kompleks kantor sebuah pemerintahan dapat didesain seperti gapura tradisional dengan gaya kerajaan. 

Gapura Minimalis Kantor Desa

Gapura Samping Minimalis Kantor Pemkab Banyuwangi


9. Gapura Minimalis untuk Taman Pemakaman Umum (TPU)


Gapura Kawasan Makam Gus Dur


Desain gapura tempat pemakaman dapat disesuaikan dengan konsep awal kawasan pemakaman tersebut. Misalkan untuk kawasan pemakaman muslim maka dapat dikombinasikan dengan ornamen gaya timur tengah. 

Sementara itu untuk kawasan tempat pemakaman pahlawan dapat didesain gapura dengan arsitektur menyerupai bambu runcing. Desain tersebut akan menghasilkan visual era zaman peperangan.


Itulah ulasan mengenai ide gapura minimalis yang dapat dijadikan inspirasi. Sebagai sebuah simbol ucapan welcome dengan gapura selamat datang, desain gapura harus mampu menonjolkan sebuah kemewahan. Yang jelas dalam membangun sebuah gapura, desain konstruksinya sangatlah memegang peranan paling penting. Salah dalam memilih inspirasi desain gapura tentu akan sangat berakibat fatal karena simbol ikon dari kawasan tersebut bisa-bisa tidak tersampaikan.

Khusus untuk Anda yang ingin membangun gapura minimalis untuk masjid, sekolah, dan kluster perumahan sebaiknya perhatikan pula pintu gerbang yang hendak digunakan. Karena biasanya selain sebagai ikon, gapura jenis ini juga digunakan untuk mengamankan kawasan tersebut.

0 Response to "Puluhan Ide Gapura Minimalis Berdasarkan Territorial Identity"

Post a Comment