Cantiknya Dekorasi Polaroid untuk Kamar atau Rumahmu

Bagi Anda yang menginginkan kamar yang unik, menerapkan tema dekorasi polaroid bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu khawatir, konsep rumah kekinian ini tergolong mudah diterapkan dan tidak menguras dompet lho. 

Mungkin sebelumnya Anda belum pernah terpikir untuk mendekorasi kamar dengan tema polaroid. Padahal dengan persiapan dan kreativitas,  rumah akan lebih berkarakter dan aesthetic lho.



Apa Itu Polaroid?

Sebelum mengenal apa itu dekorasi polaroid, sebaiknya kita kenalan terlebih dahulu dengan kamera polaroid yang tetap hits hingga kini. Kamera polaroid adalah solusi bagi yang ingin mencetak gambar secara instan. Jadi, model kameranya meliputi proses di dalam badan kamera setelah menjepret objek. 

Dibutuhkan film khusus yang harus diterapkan pada jenis kamera ini. Biasanya output yang dihasilkan berupa warna hitam dan putih. Meski demikian, terdapat pula hasil warna yang lain yang dikenal sebagai polacolor. 

Jika ditelusuri dalam sejarah, kamera ini pertama kali ditemukan oleh Edwin Land dan mulai dipasarkan sejak 1947. Adapun nama Polaroid sendiri pada dasarnya merupakan nama brand atau perusahaan.

Seiring berjalannya waktu, istilah polaroid digunakan untuk setiap produk kamera yang mencetak foto secara instan. Meskipun kamera tersebut berasal dari merek yang berbeda. 

Kegunaan Dekorasi Polaroid

Menyimpan hasil foto polaroid di album atau dompet merupakan hal yang biasa. Nah, Anda bisa menjadikannya sebagai dekorasi rumah sehingga tampak berbeda. 

Tidak hanya pemandangan unik yang akan terlihat, Anda juga akan merasakan nilai sentimental tersendiri di dalam rumah. Misalnya ketika memajang foto-foto polaroid dari kegiatan wisata tahun lalu. Maka tak heran jika sewaktu-waktu Anda akan merasa rindu dengan momen tersebut. 

Kelebihan Dekorasi Polaroid

Salah satu kelebihan utama dekorasi polaroid adalah tidak selalu menguras kantong. Seperti yang telah diketahui, kamera polaroid sendiri harganya lebih murah dibanding kamera lainnya. 

Tidak hanya itu, membuat dekorasi seperti ini juga akan mengasah kreativitas Anda. Setiap foto-foto yang dipajang akan mengingatkan pada momen berharga sehingga kita ingin selalu menjaganya. 

Inspirasi Desain Polaroid

1. Display Foto Menggantung




Meletakkan foto polaroid dengan display menggantung sebenarnya sudah banyak dilakukan. Terutama bagi mereka yang menggilai desain polaroid untuk kamar. Tidak perlu ribet, Anda hanya perlu menyiapkan tali tambang kecil., jepitan kecil, dan selotip.

Tentukan tempat yang tepat untuk menggantung display foto ini. Sedangkan untuk panjang tali bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah tali berhasil terpasang, selanjutnya pasang foto polaroid dan gantung menggunakan jepitan kecil. 

Agar lebih menarik, sebaiknya gantung foto-foto sejenis atau satu tema. Misalnya satu tali untuk memasang foto-foto bersama teman sekolah. Pastikan ketika memasang display foto menggantung seperti ini tidak terlalu jauh. 

Sebaiknya jangan terlalu tinggi sehingga sulit dijangkau. Hal ini dilakukan agar hewan peliharaan tidak menjangkau foto-foto berisi momen berharga tersebut. Begitu pula ketika di rumah tersebut ada anak balita atau anak-anak. 

2. Memori Travelling




Bagi sebagian orang, momen travelling memiliki nilai sentimental tersendiri. Anda mungkin pernah mengabadikannya menggunakan foto polaroid. Daripada hanya menyimpan hasilnya, akan lebih berkesan jika dijadikan dekorasi. 

Jadi, setiap lembar foto yang dicetak akan membangkitkan kenangan bagi Anda. Membuat dekorasi polaroid berupa memori travelling bisa dilakuka dengan memasang sebuah poster peta dunia terlebih dahulu. Tempelkan poster tersebut pada dinding, lalu tempelkan foto-foto polaroid pilihan. 

Nantinya, akan terlihat berbagai tempat liburan yang sudah dikunjungi dan diabadikan melalui foto. Untuk menempelkannya, silahkan gunakan lem maupun double tip. Pastikan proses penempelan dilakukan dengan benar agar rapi ya. 

Tidak hanya itu, penggunaan washitape pun akan memberikan tampilan yang tak kalah menarik untuk foto travelling. Jika nantinya poster tersebut sudah penuh, Anda bisa menambahkan poster baru.

Adapun dekorasi memori travelling seperti ini akan memicu Anda untuk bersemangat bertualang ke berbagai tempat wisata lainnya.

3. Foto Polaroid Berjerubai





Nah, inspirasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang merasa bosan dengan diplay polaroid yang monoton. Sebuah aksen mungil bisa ditambahkan di permukaan foto agar terlihat lebih unik. Misalnya dengan menempelkan renda kecil pada bagian bawah foto.

Dengan memodifikasi hasil cetak foto tersebut, tentunya akan lebih memberikan kesan unik pada dekorasi. Anda bisa memulainya dengan menyiapkan pita, gunting, dan rekatkan dengan lem.

4. Memajang Polaroid Berdiri dengan Kombinasi Kayu




Menata koleksi foto polaroid memang memancing kreativitas. Salah satu teknik pemasangan yang bisa dicoba adalah dengan menerapkannya sebagai dekorasi rumah. Mungkin jika hanya menempelkan atau menggantungkannya saja terlalu mainstream. 

Nah, Anda bisa memajang hasil foto polaroid berdiri. Beberapa benda yang harus disiapkan misalnya balok kayu untuk frame, washitape, benang, jepitan kayu, dan cat warna-warni. 

Tips Dekorasi Polaroid Low Budget

1. Menggunakan Tambahan Lampu Gantung 




Penggunaan lampu gantung bisa menjadi pilihan yang tepat agar hiasan foto polaroid lebih hidup. Dekorasi akan terlihat lebih menarik ketika di malam hari. Adapun harga lampu gantung sendiri bervariasi dan cukup mudah didapatkan secara online.

Bentuk lampu gantung sendiri sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

2. Menggunakan Tangkai Batang Bunga




Mendekorasi foto polaroid tidak hanya ditempel biasa begitu saja. Agar lebih unik, Anda bisa menggunakan material alami seperti batang bunga. Cara ini sangat cocok bagi yang menyukai sentuhan floral sebagai hiasan.

3. Menggunakan Cermin Bulan Sabit




Nah, penambahan cermin berbentuk bulan sabit ini merupakan ide yang bagus. Terutama ketika Anda menempelkan dinding kamar full dengan berbagai foto momen di polaroid. Dengan demikian, hiasan foto pun tidak akan kelihatan mainstream. 

4. Lukisan World Map Polaroid




Terkadang kita tidak ingin memberikan kesan berantakan pada dekorasi polaroid. Nah, cara ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin main aman. Terlebih jika foto polaroid yang dicetak jumlahnya cukup banyak. 

Anda bisa menerapkan sebuah bingkai dinding dengan mendesainnya berupa world map atau peta dunia. Setelah itu, berbagai foto momen travelling bisa dipasang sesuai keinginan. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik melakukan dekorasi polaroid di rumah? Bagi yang senang mengabadikan momen lewat foto, menerapkan konsep dekorasi seperti ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan demikian, banyaknya hasil foto tidak disimpan begitu saja.

0 Response to "Cantiknya Dekorasi Polaroid untuk Kamar atau Rumahmu"

Post a Comment