Ukuran, Merek, dan Harga Genteng Keramik Terbaik

Sebagai pelindung sebuah rumah, memilih jenis genteng berkualitas merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih genteng keramik sebagai solusinya. Pada dasarnya, genteng ini lebih unggul dibanding genteng tradisional yang banyak digunakan saat ini. 

Genteng keramik dibuat dengan menggunakan bahan tanah liat dan juga kaolin berkualitas yang sudah disortir. Selain itu, metode pembuatannya juga dikenal menggunakan peralatan modern untuk kemudian dipress. Tak heran jika tingkat presisi dan kerapiannya lebih baik dibanding genteng biasa.



Rekomendasi Merek Genteng Keramik Terbaik

1. Genteng Keramik KIA



Merek genteng keramik ini dikenal dengan daya tahannya terhadap berbagai jenis kondisi. Tidak hanya itu, variasi warna yang disediakan juga cukup banyak. Jadi, Anda bisa menyesuaikanya dengan konsep rumah yang dimiliki. 

Salah satu varian genteng keramik KIA yang banyak disukai adalah variasi cocobrown. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih warna natural yang bisa diterapkan pada berbagai konsep rumah. 

2. Genteng Keramik Kanmuri



Rekomendasi merek genteng keramik berikutnya adalah Kanmuri. Merek yang satu ini memang dikenal menyediakan berbagai jenis genteng berkualitas dan tahan lama. Tidak hanya itu, bentuknya begitu presisi sehingga membuat tampilan rumah lebih elegan. 

Anda bisa menerapkan warna natural atau variasi lainnya untuk melindungi rumah. merek asal Jepang ini akan memberikan proteksi maksimal sebagai bagian dari atap. 

Baca juga: Bentuk dan Jenis Atap Rumah

3. Genteng Keramik M-Class






Genteng keramik ini termasuk berkualitas tinggi karena menggunakan bahan yang terbukti daya tahannya. Bahkan genteng ini bisa awet hingga bertahun-tahun. Warna yang disediakan juga termasuk eksklusif sehingga tampak mewah diterapkan di rumah Anda. 

Genteng keramik M-Class memiliki variasi warna maroon, natural, coklat, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki bentuk yang presisi sehingga tampak rapi ketika diterapkan.

4. Genteng Keramik Wave

Merek genteng keramik berikutnya merupakan made in Brazil. Desain genteng ini bernuansa klasik Eropa yang unik. Tak heran jika Anda bisa memilih berbagai jenis warna. Genteng ini bisa menambah kesan estetika di rumah sekaligus perlindungan maksimal.

Merek genteng Wave dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dengan daya serap air yang sangat rendah. Tak heran jika merek genteng keramik ini sangat laris di negara asalnya. Menariknya, genteng ini juga cukup ringan yaitu sekitar 2.1 kg per pcs. 

Jenis warna yang ditawarkan begitu beragam dengan finishing warna yang berkesan mewah. Tak heran jika genteng ini akan menambah pesona di rumah Anda. 

5. Genteng Keramik Jatiwangi



Nah, genteng keramik yang satu ini merupakan merek lokal yang bisa dipilih. Meskipun lokal, kualitasnya tidak perlu diragukan. Pada dasarnya, merek Jatiwangi menyediakan berbagai jenis genteng dengan kualitas bagus. 

Salah satunya genteng keramik yang memiliki daya tahan dan variasi warna yang banyak. Harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa dibeli oleh berbagai kalangan.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Keramik

Seperti bahan bangunan lainnya, genteng keramik juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahuinya sebelum memutuskan menerapkan jenis genteng ini. 

Kelebihan

  • Warna Tahan Lama

Genteng keramik dikenal dengan warnanya yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Hal ini karena proses pembuatan yang canggih menggunkan teknologi khusus. Proses pembakarannya sendiri menggunakan suhu 1.000 derajat celcius sehingga membuat warnanya lebih awet.

  • Tahan di Berbagai Kondisi Cuaca

Genteng keramik juga dikenal lebih tahan dari berbagai kondisi cuaca di tanah air. Tak heran jika genteng ini mampu menahan cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan korosi. Hal ini karena sistem interlock di dalamnya yang membuatnya lebih unggul dibanding genteng biasa.

  • Daya Tahan Luar Biasa

Daya tahan genteng keramik dikenal bisa menahan hingga 180 kilogram beban. Hal ini karena proses pembakaran sempurna di suhu tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir soal daya tahan jenis genteng ini. 

  • Tidak Mudah Susut
Selain tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, genteng keramik ini juga tidak mudah susut ukurannya lho. Hal ini dikarenakan ada tambahan pasir kuarsa sebagai bahan baku pembuatannya. Tak hanya itu saja, pasir kuarsa ini juga mampu meredam suara rintitkan air hujan.
  • Ramah Lingkungan

Material berkualitas pada genteng ini membuatnya lebih ramah lingkungan. Bahan utama genteng ini adalah berupa tanah liat berkualitas sehingga tidak merusak lingkungan. 

  • Tidak Memerlukan Perawatan Khusus

Meskipun dikenal dengan keawetannya, nyatanya Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus lho. Tak heran jika genteng ini semakin banyak disukai karena mudah dalam perawatan. 

  • Tidak Menghantarkan Panas

Ketika kondisi udara sedang panas, penggunaan genteng ini akan membuatnya tetap sejuk. Hal ini karena sifat isolasinya yang memungkinkan kondisi iklim mikro. Saat musim hujan tiba, kehangatan di dalam ruangan akan lebih terasa. 

Kekurangan

  • Tidak Disarankan untuk Konsep Rumah Minimalis

Pada dasarnya, genteng ini memang tidak direkomendasikan untuk rumah dengan konsep minimalis. Hal ini karena kesannya yang masih tradisional. Seperti yang telah diketahui, desain rumah minimalis saat ini lebih sering bertema modern dengan genteng beton atau taso. 

  • Rangka Atap Mahal

Sayangnya, rangka atap untuk genteng keramik ternyata dibanderol cukup mahal. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan dengan matang keputusan untuk menggunakan genteng ini. 

  • Butuh Ketelitian Ekstra dalam Pemasangan

Bobot genteng keramik yang cukup berat ternyata harus membuatnya dipasang lebih teliti. Jika dilakukan sembarangan, atap rumah bisa berpotensi bocor. 

Ukuran Genteng Keramik

Pada dasarnya, ukuran genteng keramik tidak jauh berbeda dengan genteng lainnya. Adapun spesifikasi ideal ukuran genteng keramik yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

  • Panjang: 32 cm
  • Lebar: 31 cm
  • Pemakaian per meter: 13.5-14.5 pcs/m2

Harga Genteng Keramik

Harga genteng keramik cukup bervariasi. Hal ini tergantung merek dan warna yang dipilih. Namun sebagai referensi, Anda bisa melihatnya melalui tabel berikut ini.


Nama

Harga/pcs

Genteng keramik KIA

Rp9.000

Genteng keramik Kanmuri

Rp10.000

Genteng keramik M-Class

Rp15.000

Genteng keramik Wave

Rp14.000


Genteng keramik memang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Namun, pemasangan genteng ini juga perlu diperhitungkan dengan baik. Terutama harus disesuaikan dengan budget dan konsep rumah Anda.

0 Response to "Ukuran, Merek, dan Harga Genteng Keramik Terbaik"

Post a Comment