Apa itu Tagline? Ini Cara Membuat Tagline yang Efektif dan Contohnya

Dalam menjalankan promosi sebuah produk baik melalui media cetak maupun media elektronik perusahaan akan bersaing dalam membuat tagline yang efektif dan menarik. Karena kesuksesan tagline adalah kunci untuk meningkatkan brand awareness atau pengetahuan konsumen mengenai suatu brand produk dari perusahaan tersebut. 

Jika pesan dari tagline sebuah brand sudah melekat di hati para konsumennya, maka akan dengan mudah perusahaan mempengaruhi perilaku konsumennya dalam melakukan keputusan pembelian sehingga dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan tersebut. 

Tagline yang efektif adalah tagline yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengomunikasikan titik pembeda dari pesaingnya. Contohnya, jika kamu mendengar, "Semakin di Depan", menunjukan brand apakah tagline tersebut? Ya benar, produk sepeda motor Yamaha, bukan produk yang lain.

Lalu, bagaimana cara membuat tagline yang efektif sehingga suatu tagline mudah diingat dan memiliki keunikan tersendiri? Simak ulasannya di bawah ini.


Contoh Tagline Milik Yamaha


Apa itu Tagline?


Tagline adalah salah satu komponen dari iklan produk yang bertujuan agar produk tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline juga biasa disebut sebagai slogan.

Sebagaiamana kita ketahui bersama bahwa baik iklan di media non-elektronik maupun elektronik seperti pertelevisian memiliki space atau durasi waktu yang sangat terbatas, maka disinilah peran tagline menjadi begitu penting. 

Adanya tagline adalah untuk memperkuat kemampuan suatu produk yang ditayangkan dalam media iklan sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut.


Tujuan Tagline

Tujuan utama dari tagline adalah untuk merangsang minat pembeli terhadap suatu produk. Selain itu, sebuah tagline memberikan memiliki tujuan khusus lainnya, yaitu:

  1. Membangun atau memperkuat merek.
  2. Menyediakan kontinuitas untuk media periklanan, karena sifat dari tagline yang dinamis. 
  3. Membuat iklan yang berbeda dengan pesaingnya. Karena tagline salah satu komponen umum dari suatu periklanan multimedia.
  4. Mendapatkan attention dari konsumen dengan menyiratkan suatu pesan produk. 

Fungsi Tagline


Selain brand ambassador yang berfungsi sebagai duta merek penyampai informasi produk dalam program-program pemasarannya, tagline juga digunakan oleh perusahaan untuk memberikan kesan dalam benak konsumen akan produknya. Adapun fungsi tagline yang lainnya adalah sebagai berikut::

1. Sebagai Familiarity (Keakraban)

Fungsi pertama tagline adalah sebagai keakraban antara produk dengan konsumennya sehingga produk tersebut mudah diingat dan mudah dikenali ketika ditayangkan di telivisi dan media periklanan lainnya.

2. Sebagai Differentiation (Perbedaan)

Tagline memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga akan mampu membedakan antara produk yang satu dengan produk pesaing lainnya. 

3. Sebagai Message of Value (Pesan dan Nilai)

Produk yang ditayangkan pada suatu iklan tentu memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan iklan itu sendiri. Nah, tagline di sini berfungsi untuk memberikan efek pesan iklan sehingga dapat menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan. 


Tips Membuat Tagline yang Efektif


Program above the line (ATL) merupakan salah satu program yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengenalkan tagline barunya melalui penayangan iklan di berbagai media massa cetak dan elektronik. Namun, sebelum itu perusahaan harus sudah membuat beberapa pilihan tagline yang dinilai efektif. 

Tagline yang efektif adalah yang mampu meningkatkan brand awareness konsumen, sesuai dengan tujuan iklan untuk mengenalkan produk. Berikut ini adalah tips cara membuat tagline yang efektif:

  1. Gunakan kata yang ringkas, diletakkan atau diselipkan mendampingi logo, dan cukup pendek untuk dimasukkan dalam komunikasi singkat (biasanya tidak lebih dari tujuh kata).
  2. Gunakan kata-kata yang tepat dan pantas, secara proporsional, yang mudah dipahami oleh publik, dan tidak ambigu, sehingga terhindari dari interpretasi yang bermacam-macam.
  3. Sesuaikan dengan perkembangan pasar dan gaya, karena usia tagline pada suatu brand itu bersifat dinamis atau tidak selamanya. Sebagai contoh, Gojek pernah menggunakan tagline "Karya Anak Bangsa", kemudian berubah menjadi "Pasti Ada Jalan".
  4. Mudah diingat. Artinya, ketika mendengarnya, mengingatnya, dan mengulangnya dengan mudah. 
  5. Harus unik, yaitu tagline yang efektif begitu unik sehingga hanya melekat pada produk tertentu, tidak bekerja ketika dikaitkan dengan produk kompetitornya. 
  6. Susunlah dengan kalimat yang deskriptif yang mampu menghidupkan pesan dan menambahkan makna yang lebih dalam, namun tetap hindari penggunaan kata yang terlalu imajinatif


Contoh-contoh Tagline Pada Brand yang Sukses



Tagline yang sukses adalah tagline yang memiliki kualitas tertentu yang membuatnya dapat bekerja secara efektif bagi sebuah merek produk. Kualitas tersebut membuat tagline mudah dikenali dan diingat konsumen dan menjadikannya abadi. Untuk mendapatkan inspirasi dalam membuatnya, berikut ini contoh-contoh tagline adalah:

  1. Aqua ~ Terlindungi untuk Melindungimu
  2. JD.ID ~ Dijamin Ori!
  3. Narasi ~ Setiap Suara Punya Cerita
  4. Sunlight ~ Bersih Bersinar Sunlight
  5. Yamaha ~ Semakin di Depan
  6. Apple ~ Think Different
  7. Kapal Api ~ Jelas Lebih Enak
  8. Rinso ~ Berani Kotor itu Baik
  9. Tokopedia ~ Mulai Aja Dulu
  10. Gojek ~ Pasti Ada Jalan
  11. Indomie ~ Indomie Seleraku
  12. Wardah ~ Inspiring Beauty
  13. NET. ~ Nonton TV Asiknya di NET.
  14. Dove ~ Rambut Aku, Kata Aku
  15. Bango ~ Benar-benar Kecap
  16. Kopi Janji Jiwa ~ Yang Berasal dari Hati akan Sampai ke Hati
  17. Dancow ~ Aku dan Kau Suka Dancow
  18. Air Asia ~ Now Everyone Can Fly
  19. Bank Mandiri ~ Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda
  20. Universitas Airlangga ~ Excellence with Morality.


Itulah ulasan mengenai tagline, fungsi, manfaat, dan tips membuat tagline yang efektif. Suatu perusahaan membuat tagline dengan tujuan agar kampanye iklan dan pesan yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kesan yang mendalam sehingga mudah diingat oleh konsumen. Kesan yang timbul dari para konsumen ini diharapkan mampu meningkatkan sikap keputusan membeli dalam diri konsumen.

0 Response to "Apa itu Tagline? Ini Cara Membuat Tagline yang Efektif dan Contohnya"

Post a Comment