Jenis dan Keunggulan Mobile Crane Beserta Cara Kerjanya

Bagi para pekerja konstruksi tentu tidak merasa asing dengan yang namanya mobile crane. Jenis alat berat ini mempunyai peran yang begitu penting guna memudahkan segala pekerjaan manusia khususnya terkait konstruksi. 

Alat berat yang kerap disebut sebagai derek bergerak ini biasa dipakai untuk mengangkat maupun menurunkan material berat serta memindahkannya secara horizontal. Melihat betapa pentingnya fungsi mobile crane tersebut, maka wajar saja jika perusahaan konstruksi perlu memilikinya. 



Deskripsi tentang Mobile Crane

Mobile crane adalah alat pengangkat yang sudah dilengkapi dengan sejumlah komponen seperti drum tali dari baja serta rantai guna mengangkat maupun menurunkan material secara vertikal dan memindahkannya secara horizontal. 

Alat berat ini sudah dilengkapi dengan sejumlah peralatan guna mempermudah pekerjaan maupun pergerakkan dari crane. Crane umum sekali digunakan pada industri bidang transportasi guna memuat maupun membongkar muatan barang, peti kemas maupun yang lainnya.

Pada industri konstruksi bangunan, mobile crane ini dipakai untuk memindahkan material bangunan serta memasang peralatan lainnya di atas ketinggian tertentu. Alat berat ini tentunya bisa menjadi pilihan paling efektif bagi perusahaan konstruksi. 

Hal tersebut tentu saja karena mobile crane ini mempunyai prinsip dasar sebagai alat gerak guna mempermudah proses perpindahan material dengan jarak relatif pendek. Alat berat ini juga bisa dijadikan komponen pendukung dalam pembuatan derek jangkung maupun tower crone


Jenis-Jenis Mobile Crane 

Mobile crane mempunyai jenis-jenis yang beragam. Tentunya manfaat alat berat tersebut bisa optimal jika digunakan secara tepat. Setidaknya ada lima jenis derek bergerak yang sangat bermanfaat untuk keperluan konstruksi bangunan. Jenis-jenis mobile crane tersebut diantaranya:

1. Hydraulic Mobile Crane


Derek bergerak ini menggunakan sistem internal bersifat hidrolik serta sangat memungkinkan guna mengangkut beban yang jauh lebih berat. Secara umum, jenis derek ini dipakai guna memindahkan trailer traktor maupun peti kemas dengan beban berat. 

Derek bergerak ini bekerja baik dengan memanfaatkan kekuatan yang diberi cairan pada bagian bawah tekanan. Cairan ini umumnya berbentuk oli ringan atau air. Cairan tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

2. All Terrain Mobile Crane


All terrain mobile crane dirancang secara khusus untuk bisa beroperasi dalam berbagai macam situasi maupun kondisi tempat dan cuaca. Derek crane ini juga bisa bergerak secara mudah melalui permukaan pasir atau bebatuan seperti permukaan jalan raya beraspal. 

Alat berat ini bisa mengangkat variasi beban berkisar mulai dari 40 sampai 1000 ton. Kemudian ketinggian yang bisa dicapai sekitar 500 kaki. Jenis mobile crane ini sangat banyak dijumpai di berbagai proyek konstruksi skala berat. 

3. Rough Terrain Mobile Crane



Jenis derek rough terrain mobile crane digunakan untuk melakukan akses serta pemindahan ke area pengangkatan yang cukup terbatas. Crane ini mampu menjangkau wilayah tanah yang tidak rata maupun pada medan yang sulit. 

Bagian penopangnya bermanfaat sebagai stabilisator ketika melakukan pengangkatan material. Pada alat berat ini juga ditempatkan komponen penting lainnya seperti hoist dan hydraulic boom. Komponen ini akan membantu untuk mengangkat beban berat menuju ketinggian yang sangat luar biasa. 

4. Crawler Mobile Crane


Crawler merupakan jenis alat berat mobile crane yang sudah dilengkapi dengan roda rantai di bagian undercarriage. Jenis alat berat ini begitu bermanfaat untuk stabilisator serta mobilisato. Umumnya crawler dipakai untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Alat berat berupa mobile crane ini juga tersedia di dalam berbagai macam kapasitas pengangkatan. Bahkan termasuk jenis pengangkatan konstruksi khusus pondasi bangunan dengan skala kategori yang cukup berat. 

5. Carry Deck Crane


Carry deck merupakan jenis derek kecil yang mempunyai empat roda. Selain itu, carry deck juga sudah dilengkapi dengan rotating boom sehingga mampu melakukan perputaran mencapai sudut 360 derajat. Jadi, perputaran sudutnya satu kali lingkaran penuh.

Pada alat berat ini terdapat pelat geladak datar yang ada di bagian atas roda dengan ukuran ideal. Nantinya komponen ini berguna untuk memindahkan material. Hal ini membuat carry deck sangat cocok untuk berbagai macam pekerjaan. 


Keunggulan Mobile Crane

Mobile crane mempunyai segudang manfaat untuk pekerjaan yang erat kaitannya dengan konstruksi. Apalagi jenis-jenisnya juga begitu beragam. Jangan lupa untuk memilih crane sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memaksimalkan fungsinya. 

  1. Sebagai alat bantu operator maupun peralatan pada pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi. 
  2. Sebagai alat bantu operator guna pekerjaan windows cleaning. 
  3. Sebagai alat bantu untuk pekerjaan painting.
  4. Sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan instalasi penerangan. 
  5. Guna memudahkan operator dalam pekerjaan roof access.
  6. Untuk mempermudah pemindahan manusia maupun barang dari ketinggian. 


Cara Kerja Mobile Crane

 

Mobile crane mempunyai bagian yang dibagi menjadi dua yaitu bagian bawah dan atas. Bagian-bagian tersebut dihubungkan oleh lempeng putar atau yang akrab disebut sebagai turntable. Komponen tersebut berguna untuk membuat mobile crane berputar secara vertikal.

Kemudian, bagian tiang utamanya ditopang oleh semacam lempengan dasar dengan menggunakan spesifikasi kuat serta berat. Tentu saja bertujuan untuk membantu menyeimbangkan beban yang diangkat nantinya. 

Pada bagian atas tiang derek dilengkapi dengan roda gigi dan motor penggerak. Letaknya tepat ada di unit slewing yang sangat memungkinkan derek untuk melakukan perputaran. Unit slewing tersebut juga terdiri dari jib yang dilengkapi dengan troli guna membantu mengangkut beban. 

Motor penggerak derek ada di sekitar lengan mesin dengan ukuran yang lebih pendek. Sistem katrolnya memiliki prinsip dasar derek bergerak guna membantu melakukan pengangkatan beban berat menggunakan tekanan yang minimal. 

Untuk memudahkan pekerjaan di bidang konstruksi, pastinya membutuhkan alat bantu. Salah satunya adalah mobile crane. Alat berat ini nantinya bisa mempermudah pengangkatan maupun pemindahan barang dalam pekerjaan tersebut. 

0 Response to "Jenis dan Keunggulan Mobile Crane Beserta Cara Kerjanya"

Post a Comment