Mengenal Packaging, Fungsi, Jenis, dan Atribut di Dalamnya

Setiap kemasan produk (product packaging) apapun, berguna untuk memenuhi peranannya dalam proses pemasaran. Packaging yang ideal harus efektif melindungi isinya dan juga biaya yang dikeluarkan untuknya harus seminimal mungkin. 

Bagaimanapun, fungsi packaging yang paling penting adalah sebagai strategi pemasaran. Packaging yang ideal secara bersama-sama memiliki keunggulan dari segi fungsional, ekonomi, dan penjualan. Misalnya, kemasan tersebut harus mudah dipegang, mudah dibuka, dan kelihatan bagus.

Lalu, apa sih sebenarnya packaging itu? Dan atribut apa saja yang harus ada di dalamnya? Temukan jawabannya mengenai fungsi packaging, jenis, kelebihan, dan perannya dalam strategi marketing.



Apa itu Packaging?

Packaging adalah pembungkus yang digunakan untuk melindungi barang dagangan, hasil produksi, dan sebagainya. Namun, kini maknanya lebih luas lagi, karena packaging tidak hanya untuk melindungi barang/isinya, melainkan juga untuk menyampaikan kepada konsumen alasan yang paling menarik dan tak terbantahkan agar membeli sebuah produk.


Fungsi Packaging


Dulu, boleh jadi packaging dari sebuah produk menitikberatkan fungsinya sekedar sebagai sebuah pembungkus. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan perilaku konsumen, kemudian fungsi packaging pun kini menjadi lebih beragam, tidak hanya sekedar sebagai pembungkus. 

Adapun fungsi packaging adalah:

  1. Sebagai daya tarik sebuah produk. Sebagus apapun kualitas suatu produk,  jika dikemas secara seadanya maka tidak akan memiliki daya tarik bagi kosumen.
  2. Meningkatkan citra produk. Kemasan yang didesain secara menarik dapat memberi kesan bahwa citra produk tersebut sangatlah baik.
  3. Sebagai sarana promosi yang cukup efektif. Karena itu, dalam kemasn perlu dicantumkan alamat lengkap produsen atau toko yang menjual produk tersebut.
  4. Mempertahankan kualitas produk agar tidak cepat kadaluarsa. Beberapa produk seperti makanan dan minuman terkadang membutuhkan packaging khusus yang mampu memberikan nilai tambah berupa waktu kadaluarsa yang lebih lama sehingga memungkinkan untuk dipasarkan ke wilayah Indonesia, atau bahkan ke luar negeri. 
  5. Menciptakan prestige bagi konsumennya. Untuk produk tertentu, packaging yang catchy dan mewah dapat menciptakan prestige konsumen yang menentengnya. Sebagai contoh, menenteng roti dengan kemasan merek J.Co tentu saja akan berbeda dengan menenteng roti dalam kemasan plastic kresek.
  6. Dengan kemasan, konsumen dapat dengan mudah dan praktis membawa produk yang dibelinya.


Kelebihan Packaging


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa packaging memiliki perluasan fungsi, dimana perluasan fungsi ini membawanya memberikan keunggulan pada produk yang dikemas, yaitu antara lain:

  • Melindungi produk
  • Menjadikan daya tarik produk bagi konsumen
  • Meningkatkan citra produk di benak kosumen
  • Sebagai sarana promosi sehingga menghasilkan volume penjualan yang lebih besar
  • Meningkatkan daya tahan produk
  • Menciptakan prestige konsumen
  • Menciptakan kepraktisan
  • Packaging dapat memberikan fasilitas recycling sehingga mampu mengurangi kerusakan lingkungan
  • Mendeskripsikan kelebihan produk

Jenis Packaging

Terdapat tiga jenis packaging yang umum digunakan oleh perusahaan, yaitu:

1. Packaging primer

Yang dimaksud sebagai pacakging primer adalah kemasan dari sebuah produk itu sendiri. Atau juga dikenal dengan pacakging dari produk eceran atau produk yang dijual satuan. Sebagai contoh dari pacakging primer adalah snack, pensil, minuman kaleng, teh botol, dan produk lainnya yang dijual satuan.

2. Packaging sekunder

Packaging sekunder adalah kemasan dari kemasan primer. Packaging sekunder ini berisi lebih dari satu atau beberapa produk yang sudah memiliki kemasan. Sebagai contoh satu pak bolpoint, satu pak obat kapur ajaib pengusir serangga, dan sebagainya.

3. Packaging delivery

Pacakgaing delivery adalah kemasan yang digunakan untuk mengirim produk atau barang., jadi pacakging delivery ini berisi beberapa produk yang sudah dikemas baik secara primer maupun sekunder. Contohnya satu krat air botol kemasan, satu dus mie instan, dan sebagainya.


Atribut Packaging


Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa packaging telah mengalami perluasan fungsi. Perluasan fungsi tersebut kemudian menuntut kemasan untuk memiliki atribut yang dapat membuat sebuah produk dapat memenuhi keinginan konsumennya dan dapat memudahkan konsumen untuk mengingat produk tersebut.

Atribut dari packaging sebuah produk yang sering kita jumpai dan umum digunakan dalam sebuah kemasan, diantaranya adalah:

1. Merek pada kemasan

Atribut pertama dari packaging adalahh merek. Merek merupakan salah satu atribut yang paling penting untuk disertakan ke dalam sebuah kemasan. Tanpa adanya merek dalam sebuah kemasan makan akan membuat sulit dikenali oleh konsumennya.

2. Gambar pada packaging

Atribut selanjutnya dari sebuah packaging adalah gambar. Gambar merupakan atribut yang juga sering dijumpai pada kemasan sebuah produk. Gambar pada packaging dapat dijadikan daya tarik visual, karena dengan adanya gambar yang menarik tersebut dapat membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

3. Bentuk packaging

Bentuk sebuah packaging adalah salah satu pendorong utama yang membantu menciptakan seluruh daya tarik visual. Bentuk packaging ini tentu saja berpengaruh terhadap penjualan.

Beberapa kriteria bentuk kemasan yang memikat konsumen untuk membeli adalah bahwa packaging produk tersebut praktis atau mudah untuk dibawa.

Selain itu, bentuk kemasan yang unik dan menunjukan identitas dari sebuah brand, akan memudahkan konsumen untuk menemukan produk tersebut di antara ribuan produk di toko.

Sementara itu untuk produk yang dipasarkan di pasar swalayan atau toko, ukurannya harus diperhatikan karena perusahaan hanya memiliki kapasitas jatah beberapa persen saja dari keseluruhan barang yang dijual di tempat tersebut. 

4. Warna Kemasan

Atribut lain dari kemasan adalah warna, sebagian besar produk mengandalkan permainan warna dalam kemasannya. Hal ini berguna untuk menarik konsumen dan juga memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Pemilihan warna adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung, karena warna adalah hal yang pertama dilihat oleh pengunjung. 

5. Label kemasan

Atribut terakhir dari packaging adalah label. Label pada kemasan terdiri atas informasi mengenai manfaat produk, mengenai cara penyajian, mengenai komposisi produk, berat, tanda yang jelas mengenai bahaya, instruksi penyimpanan, harga, kode barang, dan isi kemasan.

Konsumen melakukan pembelian karena mereka mencari manfaat yang disediakan produk tersebut. Sehingga, tempat terbaik unttk menyampaikan manfaat-manfaat dari sebuah produk adalah pada bagian depan kemasan. Disinilah perusahaan dapat mengatakan pada konsumen bahwa mereknya memberikan manfaat yang diinginkan secara lebih baik dibandingkan produk-produk pesaing.


Peran Penting Packaging dalam Strategi Marketing

Salah satu kondisi di mana sebuah produk bisa "berbicara" kepada konsumennya, selain lewat iklan, adalah pada saat konsumen membeli produk tersebut di toko/minimarket. Pada saat itulah produsen  memiliki kesempatan untuk mendorong agar konsumen mau membeli produknya lewat sebuah kemasan yang eye catching atau enak dilihat.

Sejatinya packaging adalah gambaran singkat dari citra produk yang ingin disampaikan oleh produsen. Karena memasukan identitas produk ke dalam pikiran konsumen merupakan bagian penting dari strategi marketing yang baik.

Packaging memainkan peranan penting dalam identitas produk karena packaging merupakan penghubung yang penting antara produsen, supplier, toko ritel, dan pelanggan. Packaging merupakan bagian terpadu dari rencana pemasaran dan harus mencerminkan tema promosi yang ingin disampaikan.

  • Membuat daya tarik pada kemasan dan produk isinya.
  • Menjadi bagian dari media promosi untuk periklanan.
  • Menciptakan dorongan bagi konsumen untuk membeli produk.
  • Menciptakan citra merek.

Disinilah mengapa strategi kemasan perlu dikembangkan oleh sebuah perusahaan karena packaging adalah jalan terbaik untuk mengkomunikasikan alasan-alasan paling kuat dan meyakinkan mengapa konsumen harus membeli produk Anda. Packaging yang baik menyampaikan pesan-pesan kepada konsumen sampai pada saat mereka mengambil produk itu di rak toko/minimarket.

0 Response to "Mengenal Packaging, Fungsi, Jenis, dan Atribut di Dalamnya"

Post a Comment