7 Daftar Hak Anak di Rumah yang Wajib Diketahui Orang Tua

Sejak lahir setiap individu memiliki hak yang harus dijunjung tinggi dan diperhatikan, termasuk hak di rumah. Seorang anak yang diasuh di rumah dengan menanamkan hak dan kewajibannya akan menjadi seorang anak yang bertanggung jawab.

Sehingga sebagai orang tua sebaiknya memperkenalkan sejak dini apa saja hak seorang anak di rumah termasuk juga kewajibannya. Oleh karenanya, orang tua perlu memahami apa saja daftar hak anak di rumah.

Ilustrasi Seorang Anak sedang Bermain Sepakbola



Daftar Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Seperti halnya orang dewasa, seorang anak yang baru saja dilahirkan mempunyai hak yang melekat pada diri mereka.Orang tua wajib memenuhi kebutuhan dan hak-hak mereka selama di rumah. Hal ini bertujuan agar anak dapat hidup dan tumbuh berkembang secara optimal.

Berikut ini adalah daftar hak dan kewajiban seorang anak di rumah berikut dengan penjelasannya:

1. Hak anak untuk mendapat kasih sayang dan perhatian dari semua anggota kelurga

Para orang tua memiliki kewajiban untuk mencintai anak-anaknya. Dalam praktiknyaa orang tua dapat memberikan kasih sayangnya berupa pelukan, ciuman dan ungkapan sayang.

Sesibuk apapun orang tuanya, sediakan waktu untuk memberikan perhatian yang cukup kepada anak.

Dan hal penting untuk diperhatikan bagi para orang tua yang memiliki anak lebih dari satu maka jangan pernah untuk membanding-bandingkan anak satu dengan yang lainnya. Sehingga si anak dapat tumbuh dengan rasa percaya diri terhadap dirinya.

2. Hak anak untuk diterima sebagai individu yang berbeda

Daftar hak di rumah seorang anak yang kedua adalah diterima sebagai individu yang berbeda. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda, bahkan anak kembar sekalipun.

Setiap anak memiliki keunikan dan oleh karenanya harus diterima dan dihargai. Peran orang tua hanya perlu meluruskan jika ada perilaku yang salah dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

3. Hak anak untuk mendapatkan makanan dan minuman

Agar seorang anak dapat tumbuh dengan optimal, maka orang tua memiliki kewajian untuk memberikan makanan dan minuman. Anak-anak berhak untuk menerima makanan yang bergizi yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

4. Hak anak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan

Daftar hak anak di rumah selanjutnya adalah seorang anak berhak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan. Selama dalam pengasuhan, setiap anak berhak untuk mendapat perlindungan.

Jangan sampai anak mendapatkan perlakuan diskriminasi, kekerasan, ketidakadilan, eksploitasi baik ekonomi maupun seksual, dan perlakuan salah lainnya.

Biasakan anak untuk bebas berbicara sehingga mereka berani menentukan hal-hal yang diinginkan.

5. Hak anak untuk mendapat pendidikan

Setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan bimbingan dalam rangka menumbahkan kemampuan baik soft skills maupun hard skills.

Orang tua diwajibkan untuk memberikan sarana dan prasarana pendidikan, bisa dengan membimbingnya secara langsung maupun melalui lembaga pendidikan yang sudah ada.

6. Hak anak untuk memperoleh kesehatan

Setiap anak dijamin untuk memperoleh pelayanan kesehatan demi tumbuh kembang anak yang baik. 

Semenjak lahir seorang anak mempunyai hak untuk diberi air susu ibu (ASI) dan juga imunisasi. Apabila sakit, sudah sepatutnya diobati atau dibawa ke fasilitas layanan kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. 

Selain itu, perkembangan psikis seorang anak juga perlu diperhatikan, seperti memberikan rasa aman dan nyaman. Jika diperlukan, bisa dikonsultasikan dengan psikolog anak.

7. Hak anak untuk mendapat kesejahteraan dan penghidupan yang layak

Setiap anak di rumah berhak untuk mendapatkan kesejahteraan dan penghidupan yang layak. Hal ini bisa berupa pakaian yang layak, makanan yang bergizi, dan tempat tinggal yang layak sehingga mereka leluas untuk bermain, berekreasi, dan belajar.


Sementara itu kewajiban anak di rumah adalah sebagai berikut:

1. Kewajiban anak Untuk berbakti kepada orang tua

Setiap anak wajib patuh dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Berbakti kepada orang tua pun kembalinya juga akan kepada dirinya sendiri, yaitu akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. 

Berbakti kepada orang tua dapat berupa membantu kesulitan mereka, merawatnya, dan juga dengan cara mematuhi segala perintah orang tua.

2. Kewajiban anak untuk membantu dan membahagiakan orang tua

Kewajiban anak di rumah selanjutnya adalah membantu orang tua. Seorang anak dapat membantu membersihkan rumah dan kamar tidurnya, menyirami tanaman, atau lainnya. Jangan lupa untuk memberikan pelajaran tentang keikhlasan dan rasa untuk suka tolong menolong pada anak. 

Dan kewajiban selanjutnya adalah seorang anak wajib membahagiakan kedua orang tua. Seperti dalam bentuk kepedulian seorang anak kepada kedua orang tuanya. Tentunya hal ini akan membuat orang tua merasa diperhatikan dan akan timbul rasa kebahagiaan.

3. Kewajiban untuk menjaga nama baik keluarga

Menjaga nama baik keluarga merupakan salah satu hal yang amat penting. Orang tua perlu  menanamkan untuk selalu bersikap baik, sopan, ramah dan juga tidak sombong kepada anaknya. 

Mendidik anak bisa dibilang sukses ketika si anak mampu membawa nama baik kedua orang tuanya.


Itulah ulasan mengenai hak anak di rumah, termasuk juga kewajibannya kepada orang tua. Apabila seorang anak sudah mengerti dan menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan usianya, maka hal ini akan menjadi bekal yang baik untuk pembentukan karakter dan masa depan sang anak.

0 Response to "7 Daftar Hak Anak di Rumah yang Wajib Diketahui Orang Tua"

Post a Comment