Macam-Macam Ukuran Koper: Tips Memilihnya untuk Perjalanan Dinas atau Liburan

Baik perjalanan bisnis maupun perjalanan liburan haruslah memperhatikan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan selama perjalanan tersebut. Banyaknya kegiatan dan macam-macam durasi perjalanan tersebut membuat seseorang harus pintar-pintar memilih ukuran koper yang akan digunakan untuk perjalanan tersebut. 


Apa itu Koper dan Fungsinya?

Koper adalah suatu perlengkapan yang dipergunakan sebagai tempat penyimpanan untuk memuat berbagai kebutuhan pemakainya saat berpergian jauh.

Koper telah menjadi kebutuhan pokok bagi orang-orang yang ingin berpergian jauh. Oleh karenanya, untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihak produsen koper telah menyediakan berbagai desain dan ukuran koper yang bermacam-macam, mulai dari yang berukuran besar yang hanya bisa ditaruh di bagian bagasi pesawat, hingga pada saat ini sudah ada ukuran yang bisa dibawa ke bagian kabin pesawat. 

Koper dapat memuat berbagai barang-barang seperti berupa pakaian, buku, berkas, laptop, makanan, perlengkapan mandi, dan barang lainnya yang harus dibawa. Sehingga memang akan merepotkan sekali bila seseorang yang berpergian jauh dalam waktu yang cukup lama tidak membawa koper.


Macam-macam Ukuran Koper


Koper memiliki berbagai macam variasi bentuk, ukuran, desain, dan merek yang beredar di pasaran.

Meskipun terdapat banyak merek koper yang beredar di pasaran, umumnya setiap koper memiliki ukuran mulai dari cabin, compact, medium, dan large. Setiap jenis ukuran koper tersebut memiliki beberapa ukuran yang menjadi patokan. Dan berikut ini adalah penjelasannya.




1. Koper Ukuran Cabin

Koper ukuran kabin ini biasanya memiliki ukuran yang cukup mini sekitar 16 inch. Ukuran panjang x lebar x tingginya adalah 32cm x 18cm x 48cm. Dengan ukuran yang yang mini ini akan mempermudah penggunanya untuk dapat dengan leluasa bergegas segera melakukan check in ticket, tanpa perlu pusing mengambil troli terlebih dulu.

2. Koper Ukuran Compact

Selanjutnya adalah koper ukuran compact dengan ukurannya yaitu, 38cm x 21cm x 63cm. Berat dari koper ini umumnya berkisar 2,9 kg. Koper compact ini cocok untuk travelling atau perjalanan selama 1-4 hari.

3. Koper Ukuran Medium

Koper ukuran medium ini tidaklah jauh berbeda dengan ukuran compact, yaitu 45cm x 29cm x 67cm. Namun perbedaannya daya tampung koper ukuran medium ini lebih besar. Semakin besar ukurannya maka akan lebih tinggi luas volume koper sehingga dapat muat lebih banyak barang. Koper ini cocok dibawa untuk perjalanan 7 harian.

4. Koper Ukuran Large

Yang terakhir adalah jenis koper ukuran large atau besar memiliki ukuran 48cm x 29cm x 78cm. Pada jenis ukuran koper besar ini memiliki berat koper berkisar 5,9 kg. Dan cocok untuk travelling atau perjalanan lebih dari 9 hari.


Tips Memilih Koper untuk Perjalanan Dinas ataupun Liburan

Setelah mengetahui berbagai macam ukuran koper, sebaiknya kamu perlu tahu bagimana memilih koper yang cocok untuk digunakan dalam kebutuhannya perjalanan dinas ataupun untuk liburan. Sehingga ketika sudah membelinya, kamu tidak akan kecewa. Berikut ini tips memilih koper:


1. Pilih Koper Softcase atau Hardcase

Terdapat dua jenis material koper yang diproduksi oleh produsen koper, yaitu jenis softcase dan hardcase. 

Perbedaan keduanya adalah jika softcase koper memiliki berat yang ringan namun ringkih sehingga tidak mampu melindungi isi koper dengan maksimal. Untuk itu, jenis koper softcase ini cocok untuk perjalanan tidak jauh. Jika menggunakan koper softcase, pilihlah bahan balistic nylon yang sudah teruji dipakai untuk keperluan outdoor.

Sedangkan koper jenis hardcase memiliki kelebihan yakni dapat memberikan rasa aman bagi pengguna, karena isi koper dapat terlindungi dengan baik. Namun kekurangannya adalah pengguna akan merasa cukup keberatan saat menenteng koper jenis ini. 

Untuk koper berbahan hardcase kamu sebaiknya memilih bahan polycarbonate. Karena bahan tersebut cukup ringan dan kuat, meskipun tertiban atau terlempar ketika bongkar muat di kargo bandara. Dengan begitu, kamu bisa tetap berpergian dengan nyaman tanpa perlu merasa khawatir isi koper.

2. Perhatikan Merek dan Garansi Koper

Sebelum membeli koper, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai merek apa yang akan kamu beli, melalui marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, dan Shopee. Setelah itu, kamu bisa membaca review dari para penggunanya. 

Merek koper sangat menentukan kualitasnya, karena umumnya koper-koper bermerek dengan standar internasional otomatis akan memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak mudah mengalami kerusakan. 

Selain itu, sebaiknya kamu juga memperhatikan apakah produk koper yang dijual memiliki garansi ataukah tidak. Dengan garansi yang ada, koper yang kamu beli tersebut akan lebih terjamin ketika mengalami kerusakan atau tidak bisa digunakan lagi. 

Itulah ulasan mengenai berbagai macam ukuran koper dan tips memilihnya saat membeli sebuah koper. Sebaiknya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu, umumnya orang-orang memilih koper dengan ukuran medium. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot membawa koper kecil dengan jumlah banyak. Hanya satu koper untuk segala keperluan. Kecuali, jika perjalanan yang akan kamu tempuh hanya selama beberapa jam dan tidak perlu menginap, maka pilihlah koper dengan ukuran kecil yang muat untuk diletakkan di dalam kabin atau biasa disebut koper kabin (cabin size).

0 Response to "Macam-Macam Ukuran Koper: Tips Memilihnya untuk Perjalanan Dinas atau Liburan"

Post a Comment