Apa itu Silica Gel Dan Kegunaannya

Ada beberapa barang yang memang sebenarnya kita sering lihat, tapi nggak tahu namanya dan fungsinya untuk apa. Salah satu contohnya adalah silica gel. Jika aku berikan gambarnya, pasti kamu tahu bahwa silica gel tersebut sering kamu temukan di beberapa kemasan atau kardus. 

Ini lho silica gel tersebut seperti yang ada pada gambar di bawah ini.


Silica gel biasanya dibungkus kecil-kecil pada kertas semi-permeable berwarna putih dengan tulisan besar 'Do not eat' dan diletakkan di beberapa produk kemasan makanan ringan, botol obat-obatan, kardus sepatu, dan barang-barang elektronik yang harus terlindungi dari kelembaban yang tinggi.

Apa Itu Silica Gel?


Silica gel adalah penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2) yang terdehidrasi sehingga berbentuk butiran atau padatan mirip kaca dengan bentuk yang sangat berpori. Meskipun disebut “gel”, akan tapi tetap tergolong dalam silica padat. Karena sifat inilah yang menjadikan silica gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap kelembaban, pengering dan penopang katalis.


Fungsi dan Manfaat Silica Gel


Fungsi utama dari silica gel adalah untuk mencegah terbentuknya kelembaban yang berlebihan sehingga bisa membantu menghindari penyebaran jamur pada sebuah barang yang diberi silica gel. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sekantung kecil silica gel yang bisa kamu aplikasikan:

1. Mencegah Pertumbuhan Karat pada Logam

Butiran bening ini merupakan senyawa yang disebut sebagai silikon dioksida. Senyawa ini mempunyai daya yang kuat untuk menyerap kelembapan sehingga bisa mencegah munculnya karat pada logam.

2. Memelihara foto dokumentasi atau arsip agar tetap awet

Beberapa foto dokumentasi atau arsip lama bisa lembab dan akhirnya rusak jika tak disimpan dengan benar. Untuk merawat foto tua atau dokumen arsip agar tetap awet selama bertahun-tahun, kamu bisa menyimpannya dengan menambahkan silica gel.

3. Melindungi kosmetik

Kosmetik yang rata-rata berbahan dasar bubuk dikhawatirkan bisa menggumpal karena tingkat kelembaban di sekitarnya yang tinggi. Untuk menghindari tersebut, kamu bisa menaruh silica gel di dalam box make up sehingga bisa melindungi kosmetik agar awet dan dalam kondisi baik saat ingin digunakan.

4. Menghilangkan bau yang menyengat

Silica gel akan menyerap kelebihan kelembapan dari sebuah barang. Dengan kondisi yang kering, bakteri tidak akan mudah berkembang biak. Inilah yang menyebabkan silica gel mampu menghilangkan bau yang tidak enak.

5. Meningkatkan kilau perhiasan

Lingkungan yang lembab dapat menyebabkan perhiasan yang terbuat dari perak dan emas menjadi mudah kusam. Letakkan beberapa kantung silica gel dalam kotak perhiasan sehingga kilau perhiasan tetap terjaga atau bahkan tambah meningkat.

Jenis-Jenis Silica Gel

Terdapat tiga jenis silica gel yang ada di pasaran, yaitu silica gel biru, putih dan natural. Ketiga jenis silica gel tersebut memiliki daya serap yang berbeda sehingga penggunaannya pun disesuaikan dengan aturan pemakaiannya. Berikut ini adalah penjelasan ketiga jenis silica gel tersebut.


1. Silica Gel Biru

Silica gel biru memiliki daya serap paling tinggi. Namun, karena bahan pembuatannya cukup berbahaya bagi manusia dan sekitarnya maka penggunannya dibatasi.

Silica gel biru mengandung cobalt chloride yang berfungsi sebagai zat aditif sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker, karena zat ini bersifat karsinogenik. Oleh karenanya, penggunaan silica gel biru haram hukumnya pada produk kemasan yang mengharuskan seringkali manusia menyentuhnya, seperti produk obat-obatan, makanan, tas, dan sebagainya.

Silica gel biru ini hanya dapat digunakan untuk barang-barang industrial dan kelistrikan, seperti kompresor, trafo, blower, dan mesin AC. 

Warna biru pada silica gel biru akan berubah menjadi merah muda atau merah ketika sudah kadaluarsa atau sudah tidak mempunyai kemampuan menyerap kelembaban dengan baik.

Kamu dapat menghangatkannya menggunakan mesin oven, sehingga silica gel biru yang sudah berubah menjadi pink atau merah tersebut akan berubah warna menjadi biru lagi dan bisa digunakan kembali.

2. Silica Gel Putih

Silica gel putih merupakan silica gel yang biasa ditemukan di industri atau pabrik kertas, alat-alat elektronik dan mainan anak. 

Silica gel putih ini diolah dari sodium silikat yang memiliki berjuta-juta nanoporous berukuran 24 nanometer. Jenis silica gel ini memiliki sifat hydrophilic yang aktif menyerap molekul di udara. 

Dengan bahannya yang dibuat dari mineral alami, silica gel putih tidak berbahaya apabila seringkali disentuh karena memang tidak beracun.


3. Silica Gel Natural

Silica gel natural ini banyak ditemukan pada kemasan produk-produk farmasi. Karena silica gel jenis ini diolah dari bahan mineral alami dan dikemas dalam kertas semi-permeable sehingga bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada kemasan obat, makanan kering, dan produk barang lainnya yang biasa tersentuh manusia.


Cara Memakai Silica Gel

Kamu bisa membeli silica gel ini secara online di beberapa marketplace seperti Shopee, BukaLapak, dan Tokopedia. Sebaiknya pilihlah silica gel putih dalam ukuran sachet sesuai dengan ukuran kemasan.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu cukup meletakkannya di dalam kemasan bersama barang yang akan dikemas dan ditutup rapat-rapat sehingga tidak udara luar yang masuk ke dalam kemasan. 

Kamu bisa menambahkan silica gel jika dirasa tingkat kelembaban udara masih terlalu tinggi dan ganti silica gel dengan yang baru jika sudah tidak bisa menyerap.

Demikianlah uraian penjelasan mengenai apa itu silica gel dan kegunaannya. Jadi, jangan lupa buat kamu yang ingin menyimpan barang supaya tidak berjamur, gunakan silica gel untuk menghindari kerusakan barang-barang kamu akibat pertumbuhan jamur. 

0 Response to "Apa itu Silica Gel Dan Kegunaannya"

Post a Comment