6 Model Skirting Board untuk Inspirasi Papan Lis Rumah Kamu

Skirting board merupakan papan lis yang dipasang membentang sepanjang pertemuan antara tepi dinding interior dan lantai ataupun plafon. Jadi, papan lis ini terdiri dari lis keramik dan lis plafon, di mana berfungsi untuk menutupi tepi yang tidak rata, menghindari goresan dari furnitur dan juga sekaligus memberikan kesan pada ruangan agar terlihat bagus dan rapi.

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah membuat desain interior semakin beragam. Hal ini pun juga berlaku pada model papan skirting. Berikut di bawah ini merupakan ulasan mengeni fungsi, tujuan dan model jenis skirting yang ada di pasaran.



Apa itu Skirting?


Skirting board adalah salah satu material konstruksi yang berbentuk papan dan digunakan pada dinding atau plafon sebagai pelengkap interior.

Dinding pada bagian bawah termasuk area yang sangat rentan terkena benturan atau goresan dan juga rentan mengalami kelembapan. Misalnya saat memindahkan furniture mendekat ke arah dinding ataupun ketika mengepel lantai, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, dibuatlah skirting board ini sehingga berguna untuk mencegah terjadinya dinding rusak akibat benturan yang terjadi juga menghindari pertumbuhan jamur karena kelembaban pada dinding.

Berikut ini adalah fungsi dari papan skirting atau lis:

  • Sebagai pelindung dinding dari kerusakan ataupun goresan;
  • Sebagai dekorasi rumah dan biasanya dipasang pada bagian bawah dinding dan juga pada pertemuan dinding dengan plafon.


Tujuan Pembuatan Papan Skirting

Pembuatan papan skirting untuk lantai dan plafon merupakan upaya untuk menampilkan aspek keindahan pada ruangan sebuah bangunan.

Adapun tujuan pembuatan papan lis atau skirting adalah:

  • Menyembunyikan atau menutupi jalur kabel listrik terbuka dan sambungan yang tidak dapat dilepas. Sebaiknya kabel-kabel tersebut ditempatkan pada skirting lantai, karena lebih ekonomis dan praktis dibandingkan di atas plafon.
  • Menutupi adanya celah antara dinding dan lantai di mana biasanya antara dinding dan lantai terjadi kesenjangan hasil pekerjaan konstruksinya.
  • Menghindari terjadinya goresan dari furniture. Ketika penghuni ingin menempatkan furniture pastinya akan memberikan jarak antara dinding dengan furniturenya karena ada skirting board ini.
  • Menambah kualitas interior rumah atau bangunan. Skirting board yang senada ataupun kontras dengan warna dinding akan memberikan tampilan ruangan yang terlihat lebih profesional dan bersih.

Model Papan Skirting atau Lis


Kamu yang berencana membangun rumah atau merenovasi suatu ruangan, coba perhatikan berbagai model jenis papan skirting baik dari segi bahannya maupun desain atau kombinasi warnanya. 

  • Wooden Skirting Board



Model skirting board yang pertama adalah yang terbuat dari kayu (wood). Skirting ini akan menampilkan nuansa natural nan menarik. Penggunaan lis dari bahan kayu ini merupakan pilihan terbaik untuk ruangan yang berlantai marmer dan ubin. 

Wooden skirting board ini cocok digunakan baik untuk rumah dengan konsep modern maupun tradisional.

Skirting kayu ini tersedia di pasaran dengan range harga yang bervariasi dan juga dalam berbagai dimensi atau ukuran. Kamu dapat mengecatnya dengan warna pilihanmu.

  • Stainless steel Skirting Board



Skirting board yang terbaut dari stainless steel akan memberikan kesan tampilan modern ke ruang rumah atau bangunan yang dipasangi stainless steel skirting. Model ini akan memantulkan cahaya pada interior sehingga ruangan akan nampak berkelas dan bersih.

  • Skirting Board dengan Warna Putih



Warna putih pada skirting merupakan warna yang paling umum digunakan. Karena pilihan warna ini yang sifatnya netral sehingga akan selalu matching apabila disandingkan dengan dinding warna apapun.


  • Skirting Board dengan Warna Kontras dengan Dinding

Warna skirting board tidalah harus senada dengan warna dinding. Contohnya adalah seperti pada gambar di atas, di mana warna papan lisnya berwarna putih sedangkan dindingnya berwarna ungu yang sangat kontras dan ternyata memberikan tampilan yang menarik perhatian.

  • Skirting Board dengan Dua Warna Dinding



Bagi kamu yang menyukai dinding dengan dua warna, tidak perlu merasa khawatir. Karena kamu pun tetap bisa mengaplikasikan skirting board ini. Caranya pilihlah warna skirting board dengan mengikuti salah satu warna dinding, baik warna dinding bagian atas maupun yang bawah.


  • Skirting Board Senadakan dengan Warna Pintu

Untuk tampilan ruangan yang estitik, kamu bisa menerapkan warna pada skirting board yang senada dengan warna pintu. Contohnya jika warna pintu adalah putih, maka papan lis diberi warna putih juga. Atau skirting board dan pintu yang senadanya, seperti hitam berikut ini:




Itulah ulasan mengenai apa itu skirting board dan model jenis-jenisnya. Skirting atau papan lis sendiri ada yang terbuat dari stainless steel (logam), plafon gypsum, plafon PVC, dan kayu. Untuk mempercantik tampilan, skirting ini bisa diukir ke dalam bentuk yang indah. Bagi kamu yang berencana untuk membangun rumah atau merenovasi suatu ruangan, pilihlah salah satu model jenis skirting board di atas!

1 Response to "6 Model Skirting Board untuk Inspirasi Papan Lis Rumah Kamu"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete