Pintu Henderson, Pintu dengan Desain Elegan Nan Aman

Pintu Henderson merupakan salah satu model pintu besi terbaik yang menjamin keamanan pada bangunan dari berbagai bahaya yang mungkin timbul. 

Dengan perkembangan dunia arsitektur, pintu henderson tidak hanya menawarkan keamaanan, akan tetapi juga desain yang elegan membuat tampilan pintu jenis ini semakin unik dan berbeda dari jenis pintu lainnya.

Semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat akan keamanan, membuat pintu Henderson ini menjadi pilihan sebagai panel pintu, khususnya di kota-kota besar. 


Keunggulan Pintu Henderson

Untuk semakin meyakinkan Anda memilih dan menggunakan pintu henderson pada rumah atau perkantoran maka berikut ini akan dijelaskan kelebihan pintu henderson yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk segera memilikinya.

1. Mutu dan Kualitas

Pintu henderson memiliki kualitas yang tak diragukan lagi. Memang bisa dibilang, harga membawa rupa. Jika dibandinglkan dengan pintu besi jenis lainnya, pintu henderson ini memiliki mutu yang sangat bagus. 

2. Memiliki 3 Jenis Pengaman

Pintu henderson dilengkapi dengan 3 jenis pengaman, yaitu pengaman rel bagian atas, pengaman rel bagian bawah, dan juga pengaman rel bagian samping. Ketiga jenis pengaman tersebut jarang ada pada pintu besi biasa sehingga jenis pintu henderson ini semakin banyak diminati oleh konsumen karena terbukti lebih aman dan tahan lama.

3. Jaminan Garansi

Pintu henderson yang diproduksi dengan standar pabrikasi membuat pihak pabrik memberikan jaminan garansi dengan teknisi pemasangan standar internasional.

Pintu lipat henderson umumnya terbuat dari bahan material full baja dengan ketebalan 1,2mm sampai 2mm. Dengan spesifikasi seperti itu, pintu jenis ini pastinya memiliki tingkat keamanan dan keawetan yang terjamin lama. 

4. Keawetan dan Ketahanan

Dengan pengaman rel bagian atas, pintu henderson ini mampu menopang beban sehingga pintu akan lebih awet. Pintu besi jenis lain, tidak dilengkapi dengan pengaman rel atas, sehingga cepat dan mudah rusak atau tidak tahan lama.

Saat pintu dibuka maka engsel pada pintu henderson akan menopang beban dari daun pintu. Jika pintu harus dibuka-tutup setiap hari maka penghuni tak perlu khawatir pintu cepat rusak, karena engsel pintu ini akan tetap kuat menopang beban panel pintu dengan baik karena adanya rel bagian atas tersebut.


Cara Memasang Pintu Henderson


Komponen atau material penyusun pintu henderson sangatlah banyak. Komponen material tersebut  diantaranya roda bawah, roda atas, rel bawah, rel tengah, rel atas, engsel bawah, engsel atas, engsel tengah, slot bawah dan atas, serta masih banyak lagi. Masing-masing komponen material tersebut harus lengkap dan tak boleh terlewatkan satu pun saat pemasangan, karena memiliki fungsi yang penting.



    Untuk pemasangannya kamu memerlukan peralatan, diantaranya gergaji, palu besar dan kecil, tatah lebar dan kecil, mesin serut, siku meteran, profel, obeng, dan mesin bor.

    Ketika peralatan dan komponen material penyusun pintu henderson sudah siap, saatnya proses tahap pemasangan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

    1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pemasangan roda yang ada di atas pintu. Pemasangannya yaitu dengan cara penyekrupan baik secara manual maupun dengan cara dibor. Untuk mendapatkan kekuatan yang lebih baik, usahakan pemasangan roda berada di tengah, jangan terlalu ketepi
    2. Langkah selanjutannya adalah pemasangan rel. Sama halnya dengan pemasangan roda, pemasangan rel juga dilakukan dengan cara penyekrupan pada dinding dengan ukuran yang telah disesuaikan. 
    3. Setelah rel selesai dipasang, kemudian masukan pintu henderson tersebut pada rel. Agar tidak lepas saat digeser, jangan lupa untuk memasang penguncinya.
    4. Selanjutnya bagian bawah pintu, pasang penahan dengan menggunakan mesin bor dengan mata bor khusus beton yang disesuikan dengan ukuran penahan.
    5. Setelah semua selesai dipasang, lakukan pengecekan dengan cara geser ke arah kiri dan kanan  secara berulang-ulang.


    Tips dalam Merawat Pintu Henderson


    Pintu Henderson baik yang model lipat maupun dorong memiliki komponen rel dan roda. Rel dan roda pada pintu henderson ini sangat penting fungsinya, sehingga harus mendapatkan perawatan ekstra. 

    Pintu yang dibuka-tutup tiap harinya membuat roda dan rel akan mengalami gesekan secara terus-menerus karena adanya daya dorong.

    Untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat adanya gesekan secara terus-menerus tersebut, baiknya dilakukan perawatan minimal 3 bulan sekali. Perawatannya cukup simple, yaitu dengan cara memberikan pelumas, gemuk atau grease pada roda di dalam rel. Pelumas ini berfungsi untuk  memperlicin dan memperlancar jalannya roda.

    Pilih pelumas atau gemuk yang ringan dan cair. Apabila salah menggunakan pelumas, misalnya pelumasnya bertekstur berat, maka dikhawatirkan justru akan menghambat jalannya roda rel sehingga ketika pintu dibuka-tutup terasa berat. 

    Jangan lupa untuk juga melumasi pada bagian-bagian bagian engsel tengah dan bawahnya. 

    Lakukan perawatan ini secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga roda rel pintu agar tidak kering yang pada akhirnya menyebabkan roda rel tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja, roda rel akan mengalami kerusakan sehingga membutuhkan jasa service untuk memperbaikinya.

    Demikianlah penjelasan mengenai keunggulan pintu henderson, cara memasang dan merawatnya agar awet. Pemasangan pintu henderson yang dilakukan dengan baik dan benar, serta rutinnya dilakukan perawatan membuat pintu Henderson lebih awet dan berumur panjang.

    0 Response to "Pintu Henderson, Pintu dengan Desain Elegan Nan Aman"

    Post a Comment