Harga dan Merek Dempul Kayu Terbaik: Cara Mendempul Kayu

Pemakaian dempul pada pengecatan memang begitu penting. Tanpa terkecuali pengecatan kayu. Dempul untuk pengecatan komponen kayu seringkali disebut sebagai dempul kayu. Jenis dempul ini sangat berguna untuk memberikan finishing close pore yang sangat baik bagi komponen kayu. 

Saat ini ada begitu banyak variasi dan merek dempul khusus kayu dengan harga yang beragam. Anda bisa dengan mudahnya menemukan dempul ini di pasaran. Jangan lupa pilih sesuai dengan kebutuhan dan harga terbaik. 

Mendempul Kayu


Cara Dempul Kayu yang Baik 

Untuk memberikan finishing dengan warna alami, maka dempul menjadi pilihan yang tidak boleh sampai dilewatkan. Demi mewujudkan finishing terbaik, Anda juga perlu memperhatikan tahapan teknis cara dempul yang benarm, yaitu sebagai berikut:

  1. Persiapan media atau kayu yang akan didempul : pastikan atau lakukan pengeringan pada permukaan media kayu hingga kadar moisture content (MC) < 15%, serta bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak.
  2. Persiapan bahan atau merek dempul terbaik : Jika bahan sudah siap, tambahkan bahan dempul dengan air atau resin sesuai dengan panduan petunjuknya. Lalu, aduk secara perlahan sampai mendapatkan kekentalan ideal.
  3. Aplikasikan dengan cara skrap atau kape. Jika perlu gunakan pisau palet atau kuas, atau bisa disemprotkan untuk menjangkau sudut atau tempat-tempat yang tersembunyi.
  4. Tunggu sampai benar-benar kering merata, kurang lebih membutuhkan waktu 20 menit. Lalu lakukan pengamplasan dengan amplas no 240 searah serat sampai halus dan rata.
  5. Jika diperlukan, ulangi lagi prosedur di atas sehingga dihasilkan pori-pori kayu dan teksture permukaan yang benar-benar tertutup sempurna dengan dempul.

Berikut ini adalah fungsi dempul kayu yang bisa dijadikan media finishing:

1. Finishing Kerusakan Karena Goresan  

Dempul pada kayu yang baik bisa diawali dengan melakukan finishing kerusakan karena goresan. Biasanya penyebab kecacatan ini akan muncul sebagai akibat dari penggunaan furniture yang bergesekan ke permukaan lain sehingga menyebabkan goresan. 

Anda dapat langsung menggunakan dempul dan aplikasikan dengan merata ke bagian yang mengalami kecacatan. Berikutnya Anda dapat langsung menunggunya sampai mengering dan  akhiri dengan pengaplikasian amplas. 

2. Finishing Kerusakan Kayu Karena Lubang Paku 

Ketika Anda ingin melakukan perbaikan terhadap furniture atau kayu lama, maka perlu melakukan penutupan lubang paku dengan baik. Anda dapat menutup lubang paku dengan memakai dempul khusus kayu.

Anda dapat menggunakan campuran dempul dengan serbuk kayu untuk memaksimalkan finishing kecacatan terhadap lubang paku. Jangan lupa untuk memastikan bahwa pemberian campuran bahan tersebut telah cukup sampai ke bagian dalam lubang. 

Lanjutkan dengan meratakan bagian permukaan lubang dengan menggunakan semacam pisau tipis. Tunggulah sampai benar-benar mengering. Akhiri dengan memberikan amplas pada lubang kayu yang sudah tertutup tersebut. 

3. Finishing Kecacatan Rayap 

Anda tentu tahu bahwa rayap bisa merusak kayu dan furniture rumah lainnya. Bahkan tidak jarang ditemukan rayap yang bisa membentuk rongga besar pada kayu. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan dempul.

Ada baiknya Anda mencampurkan dempul dengan serbuk kayu untuk memaksimalkan finishing terhadap kecacatan kayu karena rayap. Lakukan pendempulan pada permukaan kayu agar semakin halus. Tunggu sampai permukaan kayu betul-betul mengering.  


Merek Dempul Terbaik

Terdapat banyak merek dempul terbaik yang bisa Anda pilih untuk mempercantikl tampilan kayu dan furniture Anda. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah dan pastinya tidak akan membuat Anda kerepotan. 

1. RJ London Wall Puty 



Dempul ini begitu bagus untuk mendempul kayu. Bagusnya lagi, dempul buatan RJ London ini juga dapat digunakan untuk mendempul bagian atap serta dinding rumah. Dempul ini diyakini sangat kokoh dan awet. Hal ini karena dempul terbaik ini mempunyai kandungan acrylic copolymer emulsion.

Segala keropos pada kayu bisa diatasi dengan mudah menggunakan RJ London Wall Puty. Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kayu memakai pisau palet. Dengan begini maka akan bisa mengurangi risiko pendempulan yang berlebihan. 

2. Propan Aqua 



Produk dempul dari Propan ini terkenal sangat ramah pada lingkungan. Tentunya juga tidak akan mengeluarkan aroma kurang sedap. Bahkan kemasan dempul ini saja terlihat sangat cantik dan memiliki kombinasi warna menyegarkan mata. 

Anda dapat mengaplikasikan Propan Aqua dengan mengaduknya terlebih dahulu sampai merata. Lanjutkan dengan mengisi bagian yang berlubang atau keropos pada kayu memakai pisau palet. Lakukan secara hati-hati dan tunggu sampai mengering hanya 1 jam saja. 

3. Milan Wood Filler 



Salah satu varian dempul terbaik buatan Milan ini memiliki bahan dasar yang cukup unik yaitu alkyd resin. Bahan ini menjadikan Milan Wood Filler tidak hanya kuat dan tahan begitu lama saja, melainkan juga menawarkan banyak pilihan warna bagus. 

Dempul ini tersedia dalam warna jati, kayu kamper, kayu sungkai dan ramin. Warna-warna cantik dari dempul khusus kayu ini tentu akan sangat bagus jika diaplikasikan sesuai kebutuhan. Jangan lupa pastikan penggunaan dempul harus betul-betul mengering. 

4. Propan Impra 



Dempul keluaran dari Propan ini dibuat menggunakan material pilihan yakni nitrocellulose. Maka dari itu, saat Anda hendak menggunakan Propan Impra perlu melarutkannya terlebih dahulu bersama thinner. Dengan begini, maka dempul khusus kayu ini bisa langsung encer. 

Propan Impra sangat bagus dalam menyerap sejumlah warna dari cat kayu secara benar-benar merata. Hal ini menjadikan tampilan kayu atau furniture yang baru diberikan dempul akan semakin nampak begitu bersih. 

5. Mowilex Wood Filler 



Dempul khusus kayu yang dibuat dari material acrylic emulsion ini sangat bagus untuk memperindah tampilan kayu dan furniture Anda. Menariknya lagi, dempul ini juga hadir dengan banyak pilihan warna terbaik. Dua warna favorit dari Mowilex Wood Filler ialah jati dan kamper. 

Pengaplikasian dempul ini juga sangat gampang dilakukan. Anda bisa langsung mencampurkannya saja dengan air untuk menjadikan dempul encer. Lalu, lanjutkan dengan mengaplikasikannya di atas kayu atau furniture yang dibutuhkan. 

6. BioDuco Wood Putty



BioDuco Wood Putty merupakan dempul kayu atau plamir kayu berbahan dasar air. Cara aplikasinya sama dengan Biovarnish Wood Filler. BioDuco menyediakan dua pilihan warna, yaitu putih dan abu-abu.

Sebagai lapisan dasar finishing kayu, dempul ini berfungsi menutup pori-pori dan warna dasar kayu sehingga menciptakan hasil finishing  dengan tekstur permukaan halus dan close pore.

Selain kayu solid, BioDuco Wood Putty ini juga berfungsi secara efektif untuk menutup atau menyembunyikan warna dasar pada plywood, triplek, MDF (Medium Density Fiberboard), hardboard, bambu, kayu, rotan, dll.

7. SanPolac Polyester Putty



Dempul SanPolac merupakan jenis wood putty yang pengaplikasiannya harus dicampur dengan hardener (resin). SanPolac wood putty berguna untuk menutupi atau menambal permukaan baja, metal,(mobil, motor), mesin, kayu, dan tembok yang berlubang sehingga permukaannya menjadi lebih rata dan rapih

Kelebihan dari dempul SanPolac adalah memiliki karakteristik mampu menahan karat, daya lekat yang baik, dan tahan panas hingga 120 derajat celcius.


Harga Dempul Kayu 

Harga dempul khusus kayu sangat bervariasi. Tentunya harga tidak jauh berbeda dengan penawaran kualitas produk yang diberikan. Berikut ini merupakan tabel daftar harga dempul berdasarkan merek dempul terbaik 2021. pil


No.

Nama Merek Dempul

Harga Dempul

1.

RJ London Wall Putty

Rp.18.000,00.

2.

Propan Aqua

Rp.25.000,00.

3.

Milan Wood Filler

Rp.26.000,00.

4.

Propan Impra

Rp.26.000,00.

5.

Mowilex Wood Filler

Rp.32.500,00.

6.

SanPolac Polyester Putty

Rp.35.000,00.

7.

Belazo Wood Filler

Rp.40.000,00.

8.

Biovarnish Wood Filler

Rp.46.000,00.

9.

BioDuco Wood Putty

Rp.46.000,00.

10.

Isamu Wood Filler

Rp.50.000,00.


Demi menciptakan finishing terbaik, Anda bisa menggunakan dempul. Jangan lupa pilih dempul dengan kualitas bagus. Tentunya hal ini akan memberikan sentuhan hasil akhir yang bersifat close pore atau mampu memberikan kesan halus sekaligus sempurna pada permukaan kayu.

0 Response to "Harga dan Merek Dempul Kayu Terbaik: Cara Mendempul Kayu"

Post a Comment