7 Rekomendasi Pilihan Model Pagar Tempa

Pagar selain menjadi media pintu gerbang juga membuat bangunan rumah menjadi aman dan indah dilihat. Ada beragam jenis pagar yang dapat disesuaikan dengan konsep sebuah bangunan mulai pagar yang terbuat dari kayu sampai jenis pagar yang terbuat dari besi tempa.

Jenis pagar yang cukup banyak diminati saat ini adalah pagar besi tempa. Selain memberikan kesan yang gagah, pagar dengan bahan dari besi tempa juga dapat memberikan kesan klasik.

Pagar tempa biasanya ditempatkan untuk pintu gerbang dan bagian depan dari sebuah bangunan, bukan berdiri di sekeliling bangunan. Tujuannya selain untuk menambah nilai estetika rumah, pagar besi tempa juga untuk perlindungan tambahan karena memiliki kekuatan yang bagus sehingga tidak mudah dibobol pencuri. 
 

7 Rekomendasi Pilihan Model Pagar Tempa


Ada banyak sekali model pagar besi tempa yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan kamu tidak salah pilih agar serasi dengan facade bangunan. Berikut adalah tujuh pilihan model pagar tempa yang recommended untuk dijadikan daftar pilihan:

Pagar Tempa Minimalis Semi Tertutup



Pagar besi tempa ini cukup populer dan banyak dipakai pada rumah-rumah minimalis modern. Terdapat dua pilihan warna yang biasanya diaplikasikan pada pagar tempa semi tertutup ini, yaitu warna hitam atau putih. 

Dengan desain yang setengah tertutup membuat orang yang berlalu lalang di depannya bisa melihat bagian eksterior atau facade bangunan. Karena bagian yang tertutup adalah sisi bawah dari pagar dan bagian atasnya dibuat berongga. 

Pagar Tempa Minimalis Full Tertutup



Berbeda dengan jenis pagar tempa sebelumnya yang semi tertutup, pagar tempa ini didesain khusus agar seluruh permukaan pagar tertutup dengan sempurna. Meski demikian, desain dari pagar besi tempa full tertutup ini tidak kalah menarik dan modern dengan tambahan ornamen-ornamennya.

Pagar tempa full tertutup ini sangat cocok untuk kamu yang suka privasi karena bagian dari depan bangunan rumah atau gedung tidak akan mudah terlihat dari luar.


Pagar Besi Tempa Minimalis Motif Daun



Rekomendasi model pagar tempa selanjutnya adalah pagar besi tempa dengan motif dedaunan. Biasanya, motif dedaunan ini diletakkan pada bagian tengah pagar. Ada juga yang dibuat berselang seling, satu bagian berupa garis-garis dan sampingnya motif dedaunan. Atau bahkan ada yang diletakkan di sisi atas atau  menyeluruh di semua sisi pagar. 

Motif pada pagar besi tempa ini memberikan efek semakin menarik pada sisi bangunan rumah. Kesan yang diberikan adalah elegan dan memiliki nilai seni yang tinggi. 

Model Pagar Tempa Khas Victorian



Pagar dari besi tempa dapat memberikan kesan klasik dengan gaya khas victorian. Pagar ini memiliki ciri khas, yaitu dilengkapi dengan menggunakan ukiran yang rumit. 

Pagar besi tempa yang menggunakan gaya khas victorian ini umumnya memiliki ukuran yang besar. Karena memang rumah yang berpagar khas victorian adalah bangunan rumah besar dan mewah yang juga dilengkapi dengan ukiran dengan gaya victorian.


Pagar Besi Tempa Gaya Gothic



Bangunan, termasuk pagar, dengan gaya gothic ini jika dilihat sekilas memiliki kemiripan dengan gaya khas victorian. Karena bangunan dengan gaya khas victorian merupakan hasil dari adaptasi bangunan bergayagothic. Perbedaannya, bangunan bergaya gothic lebih terkesan gagah, klasik, dan mempunyai atap lancip pada ujung bangunannya.

Agar serasi, pagar tempa pada bangunan gaya gothic ini harus didesain dengan tampilan yang memberikan kesan gagah, yaitu di bagian ujung dari pagar dibentuk lancip. Untuk memberikan kesan klasik, pagar tempa pada bangunan rumah bergaya gothic dicat dengan warna hitam.


Pintu Besi Tempa dengan Kombinasi Kayu



Jika kamu tidak ingin memiliki tampilan pagar yang berkesan aneh-aneh, seperti adanya ukiran karena juga akan berpengaruh pada besarnya budget yang dikeluarkan. Solusinya adalah kamu bisa mengkombinasikan besi tempa dengan kayu. 

Pagar jenis ini juga dikenal dengan sebutan pagar woodplank. Kamu bisa menggunakan kerangka dari besi dan di bagian dalamnya dilengkapi dengan kayu solid yang kuat agar tidak mudah rusak.

Untuk mendapatkan kesan klasik yang semakin kental, kamu bisa mengecat pagar besi tempa kombinasi kayu ini dengan warna hitam. Sedangkan untuk kayunya, sebaiknya diplitur atau dimelamin sehingga warna dasar atau alami dari kayu tersebut lebih menonjol.

Agar lebih aman, pada bagian pagar besi tempa ini sebaiknya diberi ujung yang runcing.


Pagar besi tempa dengan Kombinasi Garis dan Bentuk



Pagar yang terbuat dari besi tempa namun memiliki kesan klasik yang paling sederhana adalah dengan menggunakan desain kombinasi garis dan bentuk. Misalnya kombinasi vertikal ataupun horizontal. Agar pagar besi tempa tersebut memiliki bentuk yang tidak monoton, sehingga tidak sama dengan pagar pintu gerbang yang lainnya, maka kamu dapat mengkombinasikannya dengan bentuk.

Kombinasi yang bisa dipilih seperti untuk sebelah kanan dan kiri pagar tempa didesain garis vertikal kemudian di bagian tengah menggunakan bentuk kotak, belah ketupat, trapesium atau bulat. 


Aneka Pilihan Warna Pagar Tempa


Selain perlu selektif dalam menentukan model pagar tempa yang cukup beragam, kamu juga harus pintar dalam memilih warna pada pagar tempa tersebut. Kamu harus memastikan warnanya sesuai dengan konsep dan warna pada bangunan rumah agar nampak lebih serasi.



Pilihan warna pagar tempa mungkin bisa dikatakan terbatas, umumnya warna dasar seperti hitam dan putih. Meskipun begitu, warna dasar ini paling banyak dicari karena sifatnya netral dan dapat dikombinasikan dengan gaya bangunan apapun.

Warna dasar hitam pada pagar tempa biasanya sering dikombinasikan dengan warna keemasan sehingga memberikan kesan mewah pada tampilan pagar. 

Kelebihan dari pemilihan warna hitam atau putih ini membuat pemilik tidak kesulitan dalam melakukan perawatan pada pagar tempa.

Selain warna dasar hitam dan putih, ada juga warna tanah seperti coklat muda atau coklat tua yang biasa digunakan pada pagar tempa. Namun, warna tersebut sangat terbatas. Alasannya karena kurang cocok untuk gaya bangunan rumah di Indonesia.

Itulah ulasan mengenai pagar yang terbuat dari besi tempa. Banyak model yang bisa kamu pilih. Sesuaikanlah dengan konsep bangunan yang dimiliki, minimalis atau modern. Dan tentunya jangan lupa sesuaikan dengan budget yang ada.

1 Response to "7 Rekomendasi Pilihan Model Pagar Tempa"

  1. gambar tempa motif daun kaya di atas sulit.. harga bisa mendingan pagar tempa sendiri
    numpang promosi untuk pemesanan pagar bisa kunjungi kami https://www.mitraabadi.net/2021/08/harga-pintu-pagar-besi-dorong-murah.html

    BalasHapus