Merek dan Harga Melamin Kayu: Cara Pengaplikasiannya

Melamin kayu merupakan salah satu material finishing yang populer. Biasanya melamin akan diaplikasikan pada pengecatan kayu di tahap terakhir. Untuk menggunakannya Anda perlu mencampurkan dengan pelarut yakni thinner. 

Selain thinner, pengganti material shellac gum ini juga digunakan bersama hardener. Untuk pengaplikasiannya, sebaiknya memakai spray gun. Hal ini akan menjadikan lapisan kayu kian cantik, halus dan merata. 

Spray gun untuk woodworking


Merek Melamin Kayu 

Ada begitu banyak merek melamin khusus kayu yang bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran. Dengan menggunakan melamin maka Anda akan mendapatkan finishing terbaik. Untuk itu, Anda perlu memilih melamin dengan merk terbaik.

1. Ultran Aqua Politur 



Melamin keluaran Propan ini merupakan produk yang selalu tidak pernah sepi pengguna. Selain kerap menawarkan inovasi terbaru, Ultran Aqua Politur juga tersedia dalam berbagai pilihan warna-warna yang natural. 

2. Impra



Selain Ultra Aqua Politur, Propan juga mengeluarkan produk Impra yang juga mempunyai kualitas terbaik. Produk ini mempunyai berbagai macam pilihan warna natural yang cukup transparan. Wajar rasanya jika melamin ini mampu mempertontonkan 

3. Ace Wood Stain 



Produk ini dikeluarkan oleh Ace Hardware Corporation dengan kualitas terbaik. Walaupun masih terbilang baru, produk keluaran Ace Hardware ini tidak diragukan lagi. Persoalan mutu bisa coba Anda bandingkan dengan melamin lainnya. Menariknya lagi, harga per kalengnya sangat terjangkau. 

4. Belazo 



PT. Indaco Warna Dunia dikenal sebagai produsen car terbaik di Indonesia. Banyak produk berkualitas yang dikeluarkan oleh perusahaan ini seperti Belazo. Melamin ini mengusung warna greed wood coating serta tidak memiliki kandungan berbagai macam bahan berbahaya. 

5. Mowilex



Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan produk-produk Mowilex, bukan? Seperti halnya produk melamin Mowilex. Melamin yang tergolong water based ini sangat konsisten untuk mengusung berbagai macam keunggulan produk seperti tahan air, tahan kondisi cuaca, tahan terhadap jamur hingga serangga.

6. Nippon Paint 



Melamin terbaik juga bisa Anda temukan dari produsen cat kenamaan Nippon Paint. Merek melamin Nippon Paint yang paling bagus ada dalam varian Nippe 2000. Melamin ini mudah kering. Bagusnya lagi, melamin ini juga bisa diaplikasikan ke permukaan besi dengan hasil akhir mengkilap sangat cantik. 

7. Orchid Enamel 



Produk melamin Orchid Enamel sangat mudah diaplikasikan dan termasuk ke dalam kategori melamin terbaik. Menariknya, saat menggunakan Orchid Enamel Anda sudah tidak perlu lagi mencampurkan sanding sealer. Hasilnya tetap bagus dan awet hingga bertahun-tahun. 

8. Biovarnish 



Melamin ini berbahan dasar air dengan standar tinggi yang sangat bagus diaplikasikan untuk kayu furniture Anda. Tingginya standar yang dimiliki Biovarnish tentu menjadikan melamin ini sangat aman dan begitu ramah terhadap lingkungan. 

9. Avian High Gloss Enamel 



Produk melamin Avian High Gloss Enamel sangat bagus diaplikasin untuk kayu maupun besi. Dengan menggunakan melamin ini, maka akan menjadikan interior dan eksterior hunian Anda kian menarik. Tentunya juga tahan terhadap rayap, karat hingga cuaca. 

Cara Melakukan Melamin Pada Kayu 

Melakukan melamin pada kayu tidaklah sulit. Proses pengaplikasiannya saja hanya membutuhkan dua bahan tambahan yakni thinner dan hardener. Kedua material ini akan menjadikan hasil akhir mengeras dengan sempurna ketika terkena sinar matahari secara langsung. 

1. Persiapkan Kayu 

Untuk melakukan melamin pada kayu, sebaiknya persiapkan kayu terlebih dahulu. Pastikan kayu tersebut harus kering dan bersih. Selain itu, pilihlah kayu dengan permukaan halus sekaligus rata. Anda tentu tidak diperbolehkan melakukan melamin pada sembarang kayu. 

Dengan memperhatikan permukaan kayu yang bersih, kering dan halus tentu akan menciptakan hasil akhir kian glossy. Tampilan kayu akan jauh lebih menarik. 

2. Haluskan permukaan kayu

Tahapan selanjutnya adalah menghaluskan dengan cara mengamplasnya pada seluruh bagian kayu atau furniture yang hendak dilakukan proses melamin. Pada langkah ini sebaiknya Anda menggunakan amplas kertas dengan nomor 150. Jika proses penghalusan dengan amplas selesai, lap sisa-sisa kotoran atau debu pengamplasan dengan menggunakan kain.

3. Gunakan dempul atau Wood Filler 

Setelah menghaluskan kayu atau furniture, Anda bisa melanjutkannya dengan tahapan pengaplikasian wood filler atau pendempulan. Anda juga dapat mencampurkan wood filler dengan thinner bertakaran sedikir. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan wood filler?

Gunakan kape untuk mendempul seluruh permukaan kayu atau furniture. Setelah proses pendempulan selesai dan kering, maka Anda dapat melanjutkan pada proses pengamplasan yang kedua. Pada tahap ini gunakanlah amplas dengan nomor 130.

4. Aplikasikan Wood Stain 

Berikutnya lakukan pengaplikasian wood stain pada kayu. Untuk hasil yang baik, campurkan wood stain dengan thinner. Aduk rata dan semprotkan ke permukaan kayu. Tunggu hingga benar-benar mengering. Setelah mengering, amplas secara merata dan lap dengan kain untuk menghilangkan debu sisa-sisa pengamplasan. 

5. Aplikasikan Sanding Sealer 

Agar cat melamin dapat menempel lebih kuat, maka gunakan sanding sealer kayu atau cat dasar. Selain itu, sanding sealer ini juga digunakan untuk melindungi bagian kayu atau furniture. 

Pengaplikasian sanding sealer perlu dilakukan dengan menggunakan hardener atau thinner. Setelah sanding sealer dan hardener/thinner tercampur dengan konsentrasi yang tepat, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu atau furniture secara merata. 

Tunggu sampai lapisan tersebut benar-benar mengering sempurna, setelah itu lakukan pengamplasan yang ketiga dengan menggunakan amplas kertas dengan nomor 40. 

5. Aplikasikan Melamin

Campurkan melamin dengan hardener dan thinner. Berikutnya Anda dapat langsung menyemprotkan campuran tersebut ke seluruh permukaan kayu menggunakan media tabung semprot. Tunggu sampai benar-benar mengering. Diamkan sekitar 1 jam atau sampai betul-betul mengering. 


Harga Melamin Kayu 

Untuk mendapatkan merek melamin khusus kayu terbaik tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tidak sedikit melamin yang menawarkan harga terjangkau. Berikut adalah daftar harga melamin yang tidak akan membuat dompet Anda kering. 


No.

Nama Merek Melamin

Harga Melamin

1.

Ultran Aqua Politur

Rp.67.000,00

2.

Impra

Rp.61.000,00

3.

Ace Wood Stain

Rp.47.000,00

4.

Belazo

Rp.67.000,00

5.

Mowilex

Rp.67.000,00

6.

Nippon Paint

Rp.58.000,00

7.

Orchid Enamel

Rp.84.000,00

8.

Biovarnish

Rp.81.000,00

9.

Avian High Gloss Enamel

Rp.60.000,00


Memberikan sentuhan melamin pada permukaan kayu furniture adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil akhir glossy dan super cantik. Jangan lupa untuk memilih melamin dengan kualitas bagus dan mempunyai harga terjangkau. 

0 Response to "Merek dan Harga Melamin Kayu: Cara Pengaplikasiannya"

Post a Comment