Mudah Memahami Cara Membuat dan Memasang Bowplank

Sebelum dilakukan pekerjaan penggalian tanah untuk pondasi, tukang bangunan perlu membuat dan memasang papan bowplank. Papan bowplank ini nantinya akan menjadi pembatas yang dapat digunakan untuk menentukan wilayah kerja dalam sebuah pekerjaan bangunan. Oleh karenanya, berikut ini kami jelaskan pengertian bowplank, fungsi bowplank, dan langkah-langkah pemasangan bowplank yang mudah dipahami oleh pemula dalam dunia konstruksi.




Pengertian Bowplank



Seperti yang diketahui bersama bahwa dalam dunia konstruksi terdapat banyak sekali istilah-istilah yang memiliki fungsinya masing-masing. Sebagai seseorang yang bekerja di bidang konstruksi tentu saja kamu harus mengetahui istilah-istilah di yang berkaitan dengan bangunan dan material bangunan, salah satunya adalah bowplank.

Istilah bowplank dapat didefinisikan sebagai patok kayu sementara yang dibuat untuk menentukan atau menjadi lokasi titik-titik As bangunan yang biasa dibuat dengan papan dan dipaku yang dibuat sesuai dengan gambar denah yang telah direncanakan.



Fungsi dan Tujuan Bowplank



  1. Sebagai tempat penentuan titik-titik As bangunan yang nantinya digunakan untuk penentuan jalur/arah pondasi yang membantu bagi proses pembuatan pondasi. 
  2. Sebagai dasar untuk membuat ukuran tinggi, level, peil penentuan ketinggian lantai bangunan dari permukaan jalan.
  3. Sebagai pedoman untuk pekerjaan pondasi, kolom, dan pemasangan dinding bata.
Sementara itu, tujuan pembuatan bowplank adalah untuk menentukan wilayah pekerjaan dan untuk memastikan agar perletakanbangunandan ukuran-ukuran bangunan, terutama pondasi serasi, sejajar, dan tepat dengan apa yang direncanakan.


Syarat-syarat Sebelum Memasang Bowplank



Sebelum memasang bowplank, harus dipastikan terlebih dahulu pembuatan bowplank memenuhi syarat-syaratnya. Salah satunya harus menggunakan jarak tertentu dari titik atau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat untuk membuat lubang galian pondasi, rekomendasi jarak yang paling bagus adalah sekitar satu meter. Agar bisa terpancang dengan baik pemasangan bowplank harus bisa memenuhi beberapa syarat.

Syarat-syarat memasang bowplank adalah sebagai berikut :

  1. Kedudukan patoknya harus berjarak cukup dari rencana pekerjaan galian, hal ini untuk menghindari adanya bowplank goyah akibat pelaksanaan pekerjaan galian pondasi.
  2. Pilih papan kayu sebagai bowplank yang bisa dipakai untuk posisi pemasangan paku pengikat benang.
  3. Harus dibuat sisi atas bowplank harus terletak satu bidang rata (horizontal) dengan sambungan papan bowplank lainnya,
  4. Letak pemasangan papan bowplank harus seragam (menghadap ke dalam bangunan semua)
  5. Garis benang yang dipasang pada bowplank merupakan As (garis tengah) dari rencana pemasangan Pondasi dan Dinding batu bata, jadi harus benar-benar sejajar dan siku.


Alat dan Bahan Pembuatan Bowplank



Bowplank dapat dibuat dari bahan yang sangat sederhana sekali yaitu papan kayu kualitas rendah atau kelas C karena hanya digunakan untuk sementara dan tidak butuh daya kekuatan yang begitu besar. Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan bowplank.

Alat :
  • Patok Kayu atau Patok besi
  • Palu kecil, Palu besar, Palu Karet, Palu Konde, dan Palu Kepala Kambing Masing-masing 1 buah
  • Meteran
  • Tang Potong 1 buah
  • Golok/Parang 1 buah
  • Mistar Siku 1 buah
  • Unting-unting

Bahan :
  • Benang Nilon
  • Selang Waterpass
  • Paku Kaso sedang dan besar
  • Pensil Tukang
  • Papan


Langkah-langkah Cara Pembuatan dan Pemasangan Bowplank



Pekerjaan pembuatan dan pemasangan bowplank akan menyesuaikan luas bangunan yang akan dibangun. Untuk bangunan yang besar dan memiliki banyak ruang, bowplank dipasang dengan mengelilingi seluruh area calon bangunan. Namun pada bangunan yang kecil, bowplank cukup ditempatkan di lokasi sudut (siku-siku) atau pertemuan bangunan. Dengan demikian sudut pertemuan bowplank harus benar-benar membentuk segi tiga siku-siku karena ini sebagai acuan kesikuan dari pertemuan antar dinding. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat bowplank:


1. Membuat Garis Siku-siku

Langkah pertama untuk membuat bowplank adalah membuat garis siku pada lahan yang akan dibangun sebuah bangunan. Untuk membuat garis dengan sudutnya siku-siku dapat digunakan dalil pythagoras. Perhatikan gambar di bawah, perbandingan sisi datar (AC) dan sisi tegak (AB) dengan sisi miring (BC) berturut-turut adalah AC : AB : BC = 3 : 4 : 5.





Untuk mengontrol hasil pekerjaan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:




  • Buatlah garis BD dengan cara menarik garis dari titik B sejajar dengan AC,
  • Tariklah garis dari titik C sejajar dengan AB sehingga terbentuk CD, dan akan membentuk bidang segi empat ABCD
  • Pastikan jarak diagonal BC sama panjang dengan AD, apabila ditemukan jarak diagonal antara BC dengan AD tidak sama panjang, maka sudut <CAB belum membentuk siku-siku, dan pekerjaan pengukuran harus diulangi sampai ditemukan jarak diagonal BC dengan AD sama panjang.

2. Pemasangan bowplank pada sudut siku-siku pertemuan dinding

Via Jagobangunan.com

Patokan sudut siku-siku ini akan menentukan ketepatan berbagai pekerjaan konstruksi yang meliputi pembuatan pondasi dan dinding, pemasangan ubin dan plafon, dan bahkan suatu saat nanti juga memengaruhi ukuran pembuatan atau perletakan furnitur.

Titik-titik As bangunan pada papan bowplank ditandai dengan paku yang berfungsi untuk menarik benang agar tercipta garis yang lurus dan selanjutnya bisa membuat sudut siku 90 derajat dengan tepat sebagai sumbu tembok. Benang ini nantinya akan menjadi pedoman untuk pekerjaan pondasi, kolom, dan pemasangan dinding bata. Untuk menghindarkan kesalahan yang disebabkan letaknya paku, pada peletakan paku diberi tanda panah dengan cat/meni.

Bidang atas bowplank harus diketam rata agar bidang atas papan dapat membentuk bidang datar (bidang waterpas). Bidang atas papan bowplank ini biasanya dipasang pada kedudukan ± 0,00 sebagai titik duga lantai. Sudut pertemuan papan bowplank harus benar-benar siku, karena hal tersebut sebagai acuan untuk kesikuan pertemuan dinding.

Proses pengerjaan pemasangan bowplank harus dilakukan dengan penuh hati-hati dan teliti, serta memperhitungkan sudut siku-siku dengan benar, karena pemasangan bowplank adalah langkah awal dalam proses pembangunan. Jika pemasangan bowplank miring, maka akan menghasilkan bangunan miring pula. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mudah Memahami Cara Membuat dan Memasang Bowplank"

Post a Comment