SBR010 Terbit 23 Juni 2020

Berbagai instrumen investasi saat ini mulai banyak dilirik tidak hanya bagi mereka yang sudah berumur, akan tetapi generasi muda milenial pun sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang cukup menarik adalah Saving Bond Ritel (SBR). Dan dalam waktu dekat ini, SBR terbaru yang bisa menjadi pilihan adalah SBR010. Instrumen investasi dengan risiko yang kecil ini akan diliris pada 23 Juni 2020 dengan imbal hasil yang cukup besar jika dibandingkan dengan SBR009 yang terbit pada bulan januari lalu.

Via Pixabay.com

Saving Bond Ritel SBR010 adalah instrumen/portofolio investasi SBR ke-10 yang dikeluarkan pemerintah melalui unsur pelaksana Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yaitu Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). Dengan membeli atau memiliki SBR010 artinya kamu sudah membantu pembangunan infrastruktur nasional dan menambah basis investor di dalam negeri.

Masyarakat bisa memesan seri SBR terbaru ini secara online melalui mitra distribusi (MiDis) yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan mulai 23 Juni 2020. Modal untuk membeli SBR010 sangat terjangkau, mulai Rp1 juta saja.


Keunggulan investasi SBR010

Berinvestasi pada instrumen portofoilio SBR artinya kamu telah membantu pembangunan nasional baik untuk infrastruktur atau peningkatan kualitas SDM Indonesia. Selain itu, kamu juga telah menambah basis investor di dalam negeri. Lalu imbal hasilnya apa sih jika kamu sudah ikut berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional melalui SBR ini? Berikut beberapa keunggulan dan keuntungan apabila kamu berinvestasi pada SBR0100:

  1. Pembayaran untuk kupon SBR010 dan nominal pokoknya akan ditanggung oleh undang-undang SUN yang dananya disediakan oleh APBN setiap tahunnya.
  2. Pemerintah juga menyediakan fasilitas early redemption pada SBR010 tanpa dikenakan redemption cost sampai pada saat jatuh tempo.
  3. Bunga SBR010 yang diberikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga yang diberikan oleh deposito pada umumnya.
  4. Untuk risiko gagal bayar dalam SBR010 sangat rendah, karena pembiayaan dijamin dan dikelola langsung oleh pemerintah.

Portofolio investasi SBR010 ini sangat cocok untuk kaum milenial yang menginginkan investasi dengan jangka waktu menengah. Sedangkan bagi yang sudah pensiun, SBR010 ini bisa digunakan untuk alternatif dari deposito mengingat keuntungannya lebih baik dibandingkan deposito. Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR010 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi salah satu dari 24 MiDis yang tersedia. MiDis tersebut yaitu:

  1. OCBC NISP
  2. DBS
  3. Bahana Sekuritas
  4. Modalku
  5. Maybank
  6. PaninBank
  7. Invisee
  8. Trimegah securities
  9. UOB
  10. Investree
  11. Bareksa
  12. Commonwealth Bank
  13. BNI
  14. Mandiri
  15. Tanamduit
  16. Bank BTN
  17. CIMB Niaga
  18. Permata Bank
  19. HSBC
  20. Mandiri Sekuritas
  21. Danamon
  22. Bank BRI
  23. Danareksa Sekuritas
  24. BCA

Ingat, jika kamu memiliki banyak jenis aset untuk investasi atau istilahnya adalah diversifikasi, tentu akan membantu kamu untuk mengurangi risiko dalam berinvestasi. Sejalan potensinya, bahwa saham akan bergerak sejalan dengan prospek perusahaan, obligasi dan properti yang juga dipengaruhi oleh suku bunga. Untuk itu sangat disarankan berinvestasi tidak dengan satu jenis instrumen investasi saja.

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk berinvestasi terutama kamu yang ingin memiliki jenis investasi jangka pendek atau menengah, SBR010 bisa menjadi pilihan kamu. Tetapi, untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih optimal, jangan lupa untuk diversifikasi untuk mengurangi risiko yang ada.

0 Response to "SBR010 Terbit 23 Juni 2020"

Post a Comment