Tata Cara Penyusunan RKBMD Pengadaan Barang Milik Daerah (Permendagri No 19 Tahun 2016)

Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) adalah dokumen perencanaan kebutuhan barang milik daerah untuk periode 1 (satu) tahun. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwasannya Barang Milik Daerah (BMD) yang dibeli atau diperoleh dari beban APBD harus dilengkapi dengan Dokumen Pengadaan. Perencanaan pengadaan barang milik daerah dituangkan dalam dokumen RKBMD Pengadaan. Beirkut ini akan kami jelaskan mengenai Tata Cara Penyusunan RKBMD Pengadaan Barang Milik Daerah sesuai dengan Permendagri No 19 Tahun 2016.

1. Kuasa Pengguna Barang menyusun usulan RKBMD Pengadaan barang milik daerah di lingkungan Kuasa Pengguna Barang yang dipimpinnya. 
2. Kuasa Pengguna Barang menyampaikan usulan RKBMD Pengadaan kepada Pengguna Barang selambat-lambatnya minggu kedua bulan Mei.
3. Pengguna Barang melakukan penelaahan atas usulan RKBMD Pengadaan yang disampaikan oleh Kuasa Pengguna Barang pada minggu ketiga bulan Mei.
4. Dalam penelaahan usulan RKBMD pengadaan yang disampaikan oleh Kuasa Pengguna Barang, Pengguna Barang
5. mengikutsertakan Pejabat Penatausahaan Pengguna Barang dan Pengurus Barang Pengguna untuk melakukan review terhadap kebenaran dan kelengkapan usulan RKBMD Pengadaan.
6. Penelaahan atas usulan RKBMD Pengadaan yang disampaikan oleh Kuasa Pengguna Barang diutamakan untuk memastikan kebenaran data masukan (input) penyusunan usulan RKBMD Pengadaan yang sekurang-kurangnya mempertimbangkan:

a. kesesuaian program perencanaan dan standar; dan
b. ketersediaan barang milik daerah di lingkungan Pengguna Barang.

7. Hasil penelaahan atas usulan RKBMD Pengadaan yang disampaikan oleh Kuasa Pengguna Barang sebagaimana dimaksud di atas digunakan oleh Pengguna Barang dalam penyusunan RKBMD Pengadaan barang milik daerah pada tingkat Pengguna Barang yang sekurang-kurangnya memuat informasi sebagai berikut:
a. nama Kuasa Pengguna Barang;
b. nama Pengguna Barang;
c. program;
d. kegiatan;
e. data daftar barang pada Pengguna Barang dan/atau daftar barang pada Kuasa Pengguna Barang; dan
f. rencana kebutuhan pengadaan barang yang disetujui.

8. Hasil penelaahan Pengguna Barang atas usulan RKBMD Pengadaan yang disampaikan oleh Kuasa Pengguna Barang ditandatangani oleh Pengguna Barang.

9. Kuasa Pengguna Barang menyusun RKBMD Pengadaan barang milik daerah berdasarkan hasil penelaahan untuk disampaikan kepada Pengguna Barang paling lambat minggu keempat bulan Mei.

Dalam penyusunan RKBMD, Pengguna Barang dan/atau Kuasa Pengguna Barang harus memperhatikan standar barang dan standar kebutuhan.

0 Response to "Tata Cara Penyusunan RKBMD Pengadaan Barang Milik Daerah (Permendagri No 19 Tahun 2016)"

Post a Comment