6 Penyebab Listrik Tiba-Tiba Mati Tapi Tidak Jeglek

Pernahkah kamu mengalami listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek? Listrik padam merupakan suatu keadaan ketika aliran arus listrik tidak sampai pada meteran yang dimiliki pengguna listrik. Dan listrik mati (bukan karena pemadaman) biasanya disebabkan pemakaian alat listrik yang berlebihan.

Dalam beberapa kondisi tidak jarang kita menemukan listrik tiba-tiba mati tapi meteran tidak jeglek. Mungkin dari kita pun sering bertanya-tanya tentang hal ini. Oleh karena itu, berikut akan kami jelaskan beberapa penyebab kenapa listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek agar kamu nantinya bisa mencari solusi yang tepat.





Penyebab Listrik Tiba-Tiba Mati Tapi Tidak Jeglek


Tiap rumah pastinya memiliki Miniature Circuit Breaker (MCB) yang berguna untuk menyambungkan atau memutus arus listrik secara otomatis dengan aman. Oleh karenanya, MCB inilah yang biasanya diperiksa pertama kali ketika listrik tiba-tiba mati.

Nah, kadang MCB tidak jeglek (meteran masih menyela), namun listrik padam. Pernah mengalami? Jika kamu sedang mengalami dan ingin tahu penyebabnya, maka inilah beberapa hal yang mungkin saja menjadi penyebab kenapa listrik di rumahmu tiba-tiba mati tapi tidak jeglek:

Baca juga: Penyebab Kenapa Listrik Sering Jeglek Dan Cara Mengatasinya

1. Kabel Twist yang Mengalami Kendur

Kabel twist adalah kabel listrik dari tiang PLN ke rumah-rumah pengguna/konsumen. Disaat kabel ini berada pada posisi longgar, ini bisa menyebabkan aliran listrik tidak dapat mencapai rumahmu dengan baik. Sementara itu, kWh meter pascabayar mungkin masih menunjukkan pulsa listrik yang tersisa, tetapi layar pada kWh meter akan mati karena tidak ada pasokan listrik yang mencukupi.

Solusi untuk masalah ini adalah segera menghubungi pihak PLN. Mereka akan mengirim teknisi untuk memeriksa dan memperbaiki kabel twist yang kendur. Teknisi PLN akan memperketat kabel twist agar kembali kencang dan mengembalikan pasokan listrik ke rumahmu.


2. kWh Meter Tercabut/Tidak Terhubung dengan MCB

Putus atau tercabutnya kabel kWh meter ke MCB juga bisa menjadi penyebab listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek. Selain itu, biasanya pemasangan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kabel kWh meter ke MCB terbakar yang pada akhirnya menjadikan saluran MCB ini terputus.

Jika mengalami kejadian ini, sebaiknya segera hubungi petugas PLN melalui PLN Mobile agar cepat segera ditangani.

3. Kerusakan pada Jalur Instalasi MCB

Penyebab lain listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek (kWh meter masih menyala) adalah adanya kerusakan pada jalur instalasi listrik yang menghubungkan MCB ke rumah. 

Jika terjadi demikian, segera hubungi pihak PLN.


4.  Erorr pada layar kWh Meter PLN

Penyebab listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek berikutnya adalah adanya kerusakan pada kWh meter yang menunjukkan pesan error. Segera hubungi PLN untuk menangani masalah ini.


5. Fuse Box Terputus

Biasanya pada instalasi kWh meter model lama, terdapat sekring atau kotak sekring atau biasa disebut fuse box. Jika penggunaan alat listrik di rumah berlebih, hal ini biasanya berpotensi merusak kotak sekring sehingga listrik tiba-tiba mati tapi tidak jeglek (kondisi meteran masih menyala).

Jika mengalami demikian, segera hubungi PLN untuk mengganti fuse box dan kabelnya. 


6. Kualitas MCB

MCB posisi on atau tidak jeglek tapi listrik mati bisa juga disebabkan karena kualitas MCB yang sudah mulai jelek. Biasanya karena sudah berumur lama. Jika masalahnya demikian, maka mengganti MCB dengan MCB baru adalah solusinya.

Itulah ulasan penyebab listrik mati tapi meteran masih menyala. Semoga bisa membantu jika tiba-tiba listrik di rumahmu mati.

0 Response to "6 Penyebab Listrik Tiba-Tiba Mati Tapi Tidak Jeglek"

Posting Komentar