Apa itu Installer Furniture? Ini Syarat,Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Pemasangan furniture merupakan langkah penting dalam menciptakan ruang yang nyaman dan estetis. Seorang installer furniture bekerja sama dengan produsen dan toko furniture untuk membantu pelanggan dalam memasang furniture komersial maupun residensial. 

Tugas mereka biasanya dilakukan setelah furniture telah dikirim ke pelanggan. Selain itu, mereka juga dapat bertanggung jawab dalam pengantaran furniture yang belum dirakit dari toko atau gudang ke lokasi pelanggan. Mereka juga harus memuat dan membongkar truk serta melaporkan masalah seperti kerusakan pada furniture.





Syarat Menjadi Installer Furniture


Untuk menjadi seorang installer furnitur, Anda perlu memiliki ijazah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), diutamakan dari jurusan Teknik Furniture dan sejenisnya. 


Beberapa perusahaan preferensial mencari kandidat yang memiliki sertifikasi teknisi pemasangan untuk industri furniturekomersial. Selain kualifikasi pendidikan dan pelatihan kerja, Anda juga perlu memiliki beberapa keterampilan untuk berhasil dalam pekerjaan ini, seperti keterampilan layanan pelanggan yang baik dan pemahaman tentang prinsip desain interior. 


Kekuatan fisik dan daya tahan diperlukan untuk mengangkat dan merakit furnitur. Installer furniturebiasanya harus mengemudi ke berbagai lokasi, sehingga memiliki SIM yang valid dan rekam jejak mengemudi yang baik sangat penting. Kemampuan mekanik dan kefamiliaran dengan alat tangan dan listrik juga diperlukan.


Dalam profesi ini, Anda tidak hanya menjadi seorang pemasang furnitur, tetapi juga menjadi bagian dari penciptaan ruang yang memancarkan kebahagiaan dan kenyamanan bagi pelanggan. Membantu mereka memilih furnitureyang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka, serta memastikan pemasangan yang tepat dan aman, adalah kontribusi berharga dalam industri desain interior.


Jobdesc Installer Furniture





Dalam dunia desain interior, penataan ruang yang harmonis dan fungsional sangat penting. Salah satu peran yang tidak boleh dilupakan adalah seorang installer furnitur. Installer furniture adalah ahli dalam memasang dan merakit furnitureuntuk menciptakan ruang yang indah dan nyaman, dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:




1. Memuat dan membongkar truk


Salah satu tugas utama seorang installer furniture adalah memuat furnitureke dalam truk dan membongkarnya di lokasi yang ditentukan. Mereka harus memiliki kemampuan fisik yang baik untuk mengangkat dan memindahkan furnituredengan aman. Proses ini memerlukan kehati-hatian agar furnituretidak rusak atau tergores selama pengangkutan.




2. Memasang furnituresesuai dengan rancangan atau instruksi pekerjaan


Installer furniture bekerja dengan gambar rancangan atau instruksi pekerjaan yang diberikan. Mereka bertanggung jawab untuk memasang furniture dengan akurasi dan ketepatan. Proses ini melibatkan penggunaan alat-alat tangan dan keterampilan teknis untuk memastikan setiap bagian furniturediposisikan dengan benar dan aman.




3. Memasang lemari, rak buku, dan lemari gantung


Selain memasang furnitureutama seperti meja dan kursi, installer furniturejuga bertanggung jawab memasang berbagai jenis lemari, rak buku, dan lemari gantung. Mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang struktur dan perakitan furnitureuntuk memastikan bahwa setiap bagian terpasang dengan kuat dan stabil.




4. Persiapan dan membersihkan area kerja


Sebelum memulai pemasangan, seorang installer furnitureharus mempersiapkan area kerja dengan baik. Mereka harus membersihkan ruang yang akan ditempati oleh furniturebaru dan memastikan bahwa area tersebut siap untuk instalasi. Setelah selesai, installer furniturejuga bertanggung jawab membersihkan area kerja agar tetap rapi dan bersih.




5. Merakit furnituresesuai kebutuhan


Terkadang, installer furniturejuga harus merakit furnituredari beberapa bagian yang terpisah. Mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang petunjuk perakitan dan kemampuan teknis untuk merakit furnituredengan presisi. Kemampuan ini sangat penting agar furnituredapat berfungsi sebagaimana mestinya.

0 Response to "Apa itu Installer Furniture? Ini Syarat,Tugas Dan Tanggung Jawabnya"

Post a Comment